jenis buku bacaan untuk anak

Salah satu hal paling bahagia saat melihat anak-anak adalah ketika mereka sudah bisa ucapkan sejumlah kata serta menyebut nama orang tua. Saat anak sudah bisa ucapkan dan sebut kata dan juga nama, maka saat itu mereka akan lebih menirukan apa yang didengar serta apa yang dilihat. Di saat itu pula anak sudah dapat diajari ataupun diberikan buku untuk proses tumbuh kembang otak. Namun, sebelum Anda berikan buku, perlu diperhatikan buku apa yang akan diberikan ke anak, isi, dan bentuknya. Apakah buku islami, buku bergambar, atau buku-buku lainnya? Jangan sampai buku yang Moms berikan ke anak dapat membahayakan mereka.

Memilih buku bacaan tepat untuk anak tak perlu menunggu anak masuk sekolah karena dari kecil atau saat masih bayi, anak sudah bisa diperkenalkan dengan buku karena cara satu ini dapat membantu perkembangan otak anak serta buku tepat untuk anak adalah buku sesuai tumbuh kembang. Nah, berikut ini ada sejumlah cara memilih buku bacaan anak yang tepat.

 

Cara Memilih Buku Bacaan Tepat untuk AnakĀ 

  • Pilihlah buku disertai dengan gambar supaya anak lebih mudah untuk memahami serta mengerti.
  • Pilihlah buku yang mempunyai ejaan kalimat pendek ataupun singkat supaya anak lebih mudah untuk memahami dan juga mengerti.
  • Pilihlah buku bacaan di dalam bentuk cerita seperti buku dongeng.
  • Pilihlah buku dengan sampul menarik serta sesuai usia dan juga tumbuh kembang.
  • Pilihlah buku dengan warna menarik serta tak membosankan.
  • Pilih buku baik serta berkualitas untuk anak.
  • Pilihlah buku sesuai minat anak.
  • Pilihlah buku dengan ajak anak ke toko buku supaya bisa memilih sendiri buku kesukaannya.
  • Jangan pilih buku dengan kriteria komik karena akan membuat anak tak suka dengan buku kriteria pendidikan.
  • Pilihlah buku mengandung unsur pendidikan untuk bantu perkembangan otak serta kecerdasan anak.

 

Jenis-Jenis Buku Anak Wajib Diberikan ke Si Kecil

Mengenalkan buku anak ke si kecil dari usia dini memang penting. Anak-anak bisa mulai bentuk kemampuan berbahasa dan juga mengenal tentang bahasa tersebut dengan rajin membaca. Namun, maraknya konten pornografi dan kekerasan yang kerap dijumpai pada buku anak-anak, membuat Hay Moms harus lebih waspada.

Memilih buku bacaan berkualitas untuk si kecil adalah hal wajib. Perhatikan pula jika buku yang Hay Moms pilih sesuai usia si kecil sehingga mereka bisa benar-benar nikmati waktu membacanya. Maka dari itu, di pembahasan kali ini Kak Muffin akan berikan beberapa rekomendasi jenis buku untuk anak. Mari langsung cari tahu saja!

  • Board Book

Buku balita ini terbuat dari karton tebal dengan tampilan yang glossy, membuatnya menjadi tahan banting serta awet. Buku ini anti robek dan didesain dengan sedemikian rupa sehingga bisa dipegang oleh anak-anak usia 0-3 tahun secara mudah.

Umumnya, buku ini hanya tampilkan satu ataupun sejumlah kata saja pada tiap halamannya. Namun, bisa juga berisi kalimat yang sederhana serta biasanya tampilkan angka 1-10, warna-warna dasar, serta huruf-huruf untuk mengedukasi anak. Hay Moms bisa dengan mudah cari buku jenis ini baik offline ataupun online.

  • Bilingual Book

Untuk melatih kemampuan anak di dalam mengenal bahasa, akan lebih baik dikenalkan semenjak dini. Penelitian mengatakan jika usia emas ada pada rentang umur 1 hingga 3 tahun. Di usia itu, anak akan lebih cepat untuk menangkap apa yang dilihat serta didengar. Oleh sebab itu, pentingnya buku anak mempunyai dua bahasa supaya anak dapat sekaligus kenal kosa kata bahasa asing.

  • Pop-Up Book

Pop-up jadi buku untuk anak yang banyak orang tua minati. Dirancang secara khusus, anak pastinya akan suka dan tentu akan semakin atraktif di dalam belajar membaca. Pada tiap halamannya, anak akan disuguhkan gambar yang muncul tiba-tiba seakan-akan keluar dari halaman. Menarik sekali, bukan?

  • Sound Book

Jika buku satu ini, dijamin anak akan suka. Terlebih jika Hay Moms ingin kenalkan anak pada suara-suara di sekitarnya seperti suara kendaraan, hewan, maupun benda-benda lain, Sound book jadi pilihan tepat. Biasanya di dalam satu buku terdapat lebih dari 10 suara yang dapat dipakai. Caranya pun mudah, anak hanya tinggal tekan gambar, serta suara akan terdengar.

  • Cerita Bergambar

Jenis buku yang direkomendasikan untuk anak selanjutnya adalah buku cerita bergambar. Buku ini sesuai untuk anak umur antara 3-8 gambar. Biasanya mempunyai gambar-gambar yang menarik dengan warna yang terang sehingga membuat anak betah untuk berlama-lama membacanya. Alur ceritanya dibuat dengan sesederhana mungkin supaya anak bisa pahami dengan mudah. Umumnya dengan sisipkan nilai-nilai kehidupan bisa dipelajari, seperti kejujuran, kerja sama, setia kawan, saling menghargai, serta lain sebagainya. Hay Moms bisa cari dan unduh buku cerita bergambar online gratis. Pastikan jika isi bacaan yang Hay Moms untuk baik dan berkualitas.

  • Buku Fabel dan Cerita Rakyat

Buku satu ini berupa cerita rakyat yang telah diceritakan turun-temurun dari para orang tua, termasuk di dalam cerita mengenai binatang atau fabel. Ada kalanya buku ini pun mengandung mitos untuk ajarkan ke anak tentang aspek kehidupan berbeda.

Pada dasarnya, buku ini penuh akan pesan moral yang ingin untuk disampaikan oleh generasi yang sebelumnya ke generasi selanjutnya. Tujuannya untuk melengkapi generasi muda supaya bisa hadapi dunia dengan cara lebih baik.

Ada banyak buku untuk anak murah yang bisa Hay Moms cari serta unduh online untuk penuhi kebutuhan bacaan anak.

  • Buku Dongeng

Buku yang umumnya berisi tokoh khayalan dengan cerita penuh akan keajaiban ini biasanya jadi buku favorit anak-anak. Hay Moms akan temukan tokoh-tokoh seperti putri dan pangeran kerajaan, raksasa, kurcaci, peri, penyihir, dan lain sebagainya.

Cerita dihadirkan berikan penjelasan detail tentang suatu hal terjadi pada kehidupan nyata supaya bisa dipelajari oleh anak. Jika Anda ingin dapatkan banyak referensi buku dongeng, Hay Moms bia mencarinya di internet. Bahkan ada sejumlah buku dongeng anak yang dapat diunduh secara gratis. Anda bisa pilih buku anak-anak lokal maupun yang dari luar negeri.

  • Activity Book

Jenis buku satu ini pun akan jadi buku favorit anak. Buku ini isinya berbagai jenis kegiatan seru seperti menyambung titik jadi gambar, mencari perbedaan, puzzles, dan lain sebagainya. Kegiatan itu tak hanya rangsang motorik anak, tapi juga tingkatkan daya imajinasi serta daya pikir anak.

 

Nah, apakah koleksi buku untuk anak Anda di rumah sudah lengkap? Mari lengkapi koleksi buku untuk bacaan si kecil untuk dukung proses tumbuh kembangnya! Ada banyak buku bagus yang bisa Moms berikan pada si kecil, misalnya saja buku kisah Nabi Muhammad dan lain-lainnya. Selamat melakukan perburuan buku untuk anak, ya Moms!

error: Isi artikel ini dilindungi !!