gunung tertinggi di indonesia

Yuk, Jalan-Jalan ke 10 Gunung Tertinggi di Indonesia!

Jalan-jalan ke gunung menjadi salah satu pengalaman yang tidak terlupakan seumur hidup. Anda bisa merencanakan liburan kali ini untuk mengarungi gunung-gunung yang tinggi dan Indah di Indonesia. Terdapat jajaran gunung tinggi di Indonesia dari Sabang hingga Merauke yang selalu menarik untuk didaki. Banyak yang berusaha untuk mendaki gunung tersebut hingga puncaknya. Di sana, Anda bisa menemukan lautan awan yang indah tiada tara dan pasti akan takjub dengan kuasa dari Tuhan Pencipta Alam.

Jajaran gunung tertinggi di Indonesia bisa masuk dalam daftar jalan-jalan Anda bersama dengan sahabat tercinta kali ini. Mount Everest adalah gunung tertinggi di dunia dengan puncak ketinggian 8.850 mdpl. Istimewanya, gunung ini berada di negara Indonesia tercinta. Maka, kenalan yuk dengan jajaran gunung-gunung yang ada di Indonesia.

10 Deretan Gunung Tertinggi di Indonesia

Tidak semua orang memiliki nyali untuk jalan-jalan ke 10 gunung tertinggi di Indonesia berikut. Pasalnya, belum tentu gunung yang tinggi memiliki pemandangan yang menakjubkan. Banyak pendaki yang memilih gunung-gunung dengan pemandangan yang memukau agar mendapatkan kenikmatan tersendiri ketika sudah sampai puncaknya. Namun, 10 gunung tertinggi di Indonesia berikut bisa menjadi pengetahuan menarik untuk Anda.

1. Cartenz Pyramid

cartentz pyramid

Oleh : adventurealternative.com

Gunung ini memiliki ketinggian 4.884 mdpl. Gunung yang berada di Puncak Jaya Papua ini merupakan gunung yang berada di barisan pegunungan Sudirman yang membentang di Provinsi Papua. Gunung ini merupakan gunung tertinggi di Indonesia sekaligus masuk dalam kategori seven summit di dunia.

Banyak keunikan yang bisa dilihat dari gunung ini. Contohnya saja, Anda akan menemukan gletser atau padang salju. Tidak ada satupun gunung-gunung di Indonesia yang memiliki puncak salju seperti Cartenz Pyramid. Jika Anda memiliki nyali, Anda bisa berjalan-jalan menuju gunung ini.

2. Gunung Puncak Trikora

gunung puncak trikora

Oleh : dananwahyu.com

Masih berlokasi di Papua, terdapat Gunung Puncak Trikora dengan ketinggian 4.750 mdpl. Gunung tertinggi di Indonesia ini memiliki nama lain yang keren yaitu Gunung Wilhelmina. Gunung Wilhelmina tepatnya berlokasi di Papua Barat.

Keunikan dari gunung ini adalah memiliki beberapa kawasan hutan yang unik seperti Hutan Montane, Hutan Dipterokarp Atas, Hutan Ericaceous, dan beberapa kawasan hutan lainnya. Belum pernah ada yang mencapai puncak dari gunung ini. Pendakian yang pernah dilakukan adalah pada tahun 2010 oleh seorang pendaki super bernama Ricky Munday.

3. Gunung Rinjani

gunung rinjani

Masyarakat Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan Gunung Rinjani. Gunung dengan ketinggian 3.726 kaki ini tepatnya terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung Rinjani merupakan salah satu gunung tertinggi di Indonesia. Letusan terakhir terjadi pada tahun 2009 – 2010. Meskipun demikian, hal tersebut tidak menyurutkan semangat para pendaki untuk menuju puncak Rinjani.

Baca Juga  10 Nama-Nama Malaikat yang Wajib Diketahui Beserta Tugasnya

Memang benar, Gunung Rinjani memiliki kawah yang sangat indah. Kawahnya berwarna biru. Kawah dari Gunung Rinjani ini diberi nama Segara Anakan dan terletak pada ketinggian 2000 mdpl. Banyak orang yang tertarik untuk mendaki Gunung Rinjani karena penasaran dengan keindahan Segara Anakan. Untuk Anda yang ingin berjalan-jalan di Gunung Rinjani, Anda bisa melalui akses Senaru yang merupakan akses yang paling mudah.

Tidak perlu khawatir ketika Anda berencana untuk jalan-jalan di Gunung Rinjani. Terdapat banyak pos untuk istirahat yang disediakan di sepanjang jalur perjalanan. Anda akan mencapai puncak Rinjani dalam waktu 10 hingga 12 jam.

4. Gunung Sumbing

gunung sumbing

Menuju Provinsi Jawa Tengah, terdapat Gunung Sumbing yang memiliki ketinggian 3.371 mdpl. Salah satu gunung tertinggi di Indonesia ini berlokasi di Wonosobo, Temanggung, dan Magelang Jawa Tengah. Gunung ini memang berlokasi di 3 kabupaten besar di Jawa Tengah tersebut.

Meskipun belum diketahui secara pasti kapan terakhir kali Gunung Sumbing meletus, namun diketahui terdapat kawah yang masih aktif di Gunung Sumbing hingga saat ini. Terdapat hutan Dipterokarp Bukit dan hutan Dipterokarp Atas di gunung ini.

Penduduk yang tinggal di sekitar Gunung Sumbing pun memanfaatkan tempat tersebut sebagai sumber mata pencaharian mereka. Penduduk di sekitar Gunung Sumbing memiliki mata pencaharian bercocok tanam dan bertani. Anda bisa memasukkan nama Gunung Sumbing ke dalam daftar jalan-jalan Anda. Jika Anda ingin mendaki Gunung Sumbing, Anda bisa melalui bagian utara gunung yaitu melalui Desa Garung.

5. Gunung Merbabu

gunung merbabu

Masih berada di Provinsi Jawa Tengah, Anda bisa merencanakan pendakian ke Gunung Merbabu yang memiliki ketinggian 3.145 mdpl. Gunung tertinggi di Indonesia ini mencakup beberapa kabupaten di Jawa Tengah yaitu Magelang, Boyolali, Semarang, dan Salatiga.

Gunung Merbabu sendiri memiliki pemandangan yang sangat indah. Pantas jika gunung tertinggi di Indonesia ini menjadi salah satu tujuan jalan-jalan atau pendakian bagi banyak orang.

Gunung yang pertama kali meletus pada tahun 1560 ini kemudian meletus lagi pada tahun 1797. Medan yang harus dilalui oleh pendaki yang ingin jalan-jalan di gunung ini memang tidak terlalu sulit. Namun, hambatan yang akan ditemukan adalah sumber air yang tidak ada, kabut yang tebal, udara yang dingin, dan harus menempuh hutan yang lebat untuk mencapai puncaknya.

6. Gunung Kerinci

gunung kerinci

Oleh : suara.com

Beralih ke Provinsi Sumatera, terdapat Gunung Kerinci yang memiliki ketinggian 3.805 mdpl sehingga menjadi salah satu gunung tertinggi di Indonesia. Gunung ini berlokasi di Jambi dan masuk dalam Taman Nasional Kerinci. Gunung Kerinci masuk dalam jajaran Bukit Barisan dan merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif di Provinsi Jambi.

Baca Juga  Komik Anak Indonesia Meningkatkan Imajinasi dan Kreativitas

Pendakian pertama pada Gunung Kerinci dilakukan oleh Von Hasselt dan Veth pada tahun 1877. Kemudian, disusul lagi dengan pendaki-pendaki berikutnya yang ingin menikmati keindahan Gunung Kerinci. Untuk melakukan pendakian di Gunung Kerinci, rute yang paling mudah adalah melalui Desa Kersik Tuo.

7. Gunung Semeru

gunung semeru

Yang suka mendaki gunung pasti sudah tidak asing lagi dengan gunung Semeru. Gunung ini berlokasi di Lumajang, Malang, Jawa Timur. Gunung Semeru  merupakan gunung tertinggi di Indonesia yang masih aktif nomor 3 setelah Gunung Kerinci dan Gunung Rinjani.

Gunung Semeru sendiri masuk dalam wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang memiliki puncak yang sangat terkenal dengan nama Mahameru. Banyak pendaki yang sangat takjub ketika mencapai puncak Mahameru. Terdapat pula kawah yang bernama Jongring Saloko yang tidak kalah indahnya.

Gunung tertinggi di Jawa ini sudah mulai ramai dikunjungi oleh para wisatawan sejak lama. Letusan terakhir yang terjadi pada tahun 2008 tidak pernah menyurutkan niat para pendaki untuk melihat keelokan gunung ini dari tempat yang lebih tinggi.

Untuk melakukan pendakian di Gunung Semeru, Anda bisa melalui rute yang paling mudah di Tumpang Kabupaten Malang. Anda akan disuguhi oleh pemandangan hutan Cemara, Hutan Pinus, Danau Ranu Kumbolo yang luar biasa indah, serta padang rumput Oro-oro Ombo. Menariknya lagi, Anda akan melewati perbukitan yang ditumbuhi oleh bunga edelweis yang abadi.

8. Gunung Merapi

gunung merapi

Gunung yang pernah mengalami erupsi yang sangat dahsyat ini sudah pasti sangat familiar di kalangan masyarakat Indonesia. Tidak hanya masyarakat yang senang mendaki, hampir semua masyarakat di seluruh penjuru tanah air pasti kenal dengan gunung yang pernah menewaskan banyak korban jiwa pada erupsi dahsyatnya beberapa tahun yang lalu.

Meskipun demikian, gunung dengan ketinggian 2930 mdpl ini memiliki pemandangan yang begitu menakjubkan. Gunung ini masuk dalam daftar gunung tertinggi di Indonesia. Gunung Merapi terletak di kawasan Kabupaten Sleman Yogyakarta, Kabupaten Klaten Bagian Tenggara, Kabupaten Boyolali bagian Timur, serta Kabupaten Magelang batas barat.

Anda bisa mendaki Gunung Merapi dari jalur Selo dengan ketinggian 1600 mdpl. Perjalanan akan dimulai dari Selokopi Ngisor dengan jalur yang masih landai. Anda diharuskan menyiapkan tenaga ketika berada di ketinggian 2600 mdpl untuk menuju puncak Merapi. Puncak Merapi memiliki aroma belerang yang menyengat. Di sana, Anda bisa melihat Kawah Mati.

Baca Juga  7 Penulis Cerita Anak yang Karyanya Menjadi Fenomenal

Kawah Mati adalah dataran yang luas sebelum Anda mencapai Puncak Garuda. Di titik ini, Anda akan merasa sangat puas melihat pemandangan deretan gunung yang menakjubkan seperti Gunung Sindoro, Gunung Dieng, Gunung Sumbing, serta Gunung Slamet. Bahkan, Anda bisa menyaksikan Gunung Merbabu juga dari puncak Garuda.

9. Gunung Lawu

gunung lawu

Oleh : netralnews.com

Nama Gunung Lawu mungkin terdengar masih asing. Namun, gunung ini masuk dalam jajaran gunung tertinggi di Indonesia dengan pemandangan yang sangat memukau. Gunung Lawu memiliki ketinggian 3265 mdpl dan terletak di Magatan, Jawa Timur serta Karanganyar Jawa Tengah.

Terdapat setidaknya 3 puncak yang ada di Gunung Lawu yaitu Hargo Dalem, Hargo Dumiling, dan puncak tertingginya bernama Hargo Dumilah. Puncak Gunung Lawu yang berjumlah tiga ini menjadi tempat yang sakral bagi masyarakat gunung Lawu.

Gunung Lawu menjadi salah satu gunung yang menjadi favorit bagi para pendaki. Untuk melakukan pendakian ke gunung ini, Anda bisa memulainya dari Cemorokandang, Tawangmangu, Jawa Tengah. Perjalanan yang akan ditempuh pun tidak terlalu menyulitkan. Anda justru akan mendapatkan pemandangan yang sangat memukau ketika telah mencapai puncak gunung Lawu.

10. Gunung Papandayan

gunung papandayan

Oleh : janganlupabahagia.com

Jika Anda ingin jalan-jalan di gunung tertinggi di Indonesia yang indah, Anda bisa merencanakan pendakian menuju Gunung Papandayan. Gunung dengan pemandangan yang indah ini terletak di Kecamatan Cisurupan, Garut, Jawa Barat. Gunung ini seringkali menjadi objek pendakian bagi para pendaki dari dalam kota maupun dari luar kota.

Gunung yang memiliki ketinggian 2665 mdpl ini paling banyak dikunjungi oleh masyarakat Bandung dan sekitarnya. Padahal, pendakian menuju gunung ini cukup menyulitkan. Anda akan dihadapkan pada jalanan yang sangat landai, curam, dan terjal. Oleh karena itu, Anda harus memiliki nyali dan keberanian yang luar biasa untuk mendaki Gunung Papandayan.

Setelah menempuh jalur yang amat sangat sulit, nantinya Anda akan dibayar dengan pemandangan yang sangat memukau. Di puncak Gunung Papandayan, Anda bisa melihat Kawah Mas, Kawah Nangklak, Kawah Manuk, dan Kawah Baru. Semua kawah tersebut memiliki pemandangan yang begitu mempesona.

Belum lagi, Anda akan dihadapkan pada hamparan bunga edelweis yang sangat luas dan akan membuat hati Anda akan semakin takjub dengan kebesaran sang Maha Pencipta. Namun ingat, bunga edelweis merupakan salah satu harta karun di pegunungan yang harus dilestarikan dan tidak boleh dirusak ataupun diambil secara sembarangan.

Indonesia memiliki deretan gunung yang tinggi dan sangat indah untuk diarungi. Oleh karena itu, sudah sepatutnya Anda bangga menjadi salah satu warga dari bumi pertiwi ini. Pemandangan alam gunung di Indonesia pun bahkan menarik para pendaki dari luar negeri. Jadi, mari kita lestarikan alam pegunungan Indonesia dan jauhi semua larangan ketika naik gunung.

Leave a Reply