Inilah Kisah Nabi Muhammad SAW yang Patut Kita Contoh

Semua orang di dunia ini memiliki idola dan tak jarang menjadikannya seorang panutan bagi kehidupannya. Bagi seorang muslim, salah satu tokoh panutan yang pantas kita teladani kehidupannya adalah Nabi Muhammad SAW.

Beliau merupakan pribadi yang sangat baik dan banyak sekali pelajaran yang dapat diambil dari perjalanan kehidupannya, mulai dari sifat, perilaku, tata cara, dan adab dalam kehidupan yang dapat kita jadikan contoh dalam menghadapi kehidupan. Yuk, kita simak bersama kisah Nabi Muhammad di bawah ini!

Sifat Nabi Muhammad SAW Yang Harus Diteladani

1. Sidiq

kisah nabi muhammad

Gambar oleh Isa KARAKUS dari Pixabay

Sidiq atau jujur merupakan salah satu sifat dari Nabi Muhammad SAW yang sangat menonjol dalam kehidupannya. Bahkan kejujuran dari Nabi Muhammad tidak hanya diakui oleh para sahabatnya, tetapi oleh para musuhnya.

Kejujuran harus dimiliki oleh setiap umat muslim baik itu dalam hati, perkataan, dan perbuatan. Salah satu contoh kejujuran yang dilakukan Rasulullah adalah saat beliau berdagang, beliau tidak membohongi para pembeli dengan keadaan barang yang dijualnya.

Apakah yang akan kita peroleh dari perilaku jujur? Perilaku jujur akan membawa kita kepada beribu kebaikan dalam kehidupan serta membuat hati tenang dan tenteram menjalaninya. Berbohong sekecil apa pun, akan membawa kita kepada kebohongan semakin besar untuk menutupi ketidakjujuran yang sudah dilakukan. Ketidakjujuran akan membawa kita ke dalam dosa besar dan ketidaktenangan dalam hidup.

 

2. Amanah

nabi muhammad

Gambar oleh Adam Radosavljevic dari Pixabay

Dalam hidup, kita harus menjadi pribadi yang amanah atau dapat dipercaya. Seperti Rasulullah yang selalu menjaga dan melaksanakan kepercayaan yang diberikan kepadanya sebaik mungkin.

Contohnya saat Rasulullah menjual dagangan Siti Khadijah, beliau tidak pernah mengambil keuntungan sedikit pun dan semua keuntungan diserahkan pada Siti Khadijah. Hal itu merupakan salah satu cara Rasulullah menjaga amanah dan Siti Khadijah terkesan pada pribadi Rasulullah.

Mari memiliki pribadi yang dapat menjaga kepercayaan dan jangan sampai mengecewakan orang yang sudah memberikan amanah karena apabila hal tersebut terjadi, orang tersebut akan sulit mengembalikan kepercayaan kepada kalian. Kepercayaan sangat mahal harganya dan tidak bisa ditukar dengan apa pun. Bagaikan selembar kertas yang telah diremas, kertas tersebut tidak dapat kembali seperti semula. Seperti itulah kepercayaan, dibangun dengan susah payah, tetapi dapat hancur dengan satu sentuhan saja apabila kita tidak menjaga dengan baik.

 

3. Tabligh

nabi muhammad saw

Gambar oleh StartupStockPhotos dari Pixabay

Tabligh adalah menyampaikan yang juga menjadi salah satu sifat Rasulullah sebagai contohnya adalah ketika Nabi Muhammad SAW mendapatkan wahyu dari Allah SWT dan menyampaikan isinya kepada umatnya. Wahyu yang diterimanya sekecil apa pun akan selalu disampaikan ke umatnya agar dapat dijadikan pedoman hidup bagi umat manusia dan tidak tersesat ke dalam pilihan hidup yang dibenci oleh Allah SWT.

Berkaca dari kisah Rasulullah, diharapkan kita dapat menyampaikan ilmu yang bermanfaat dan berguna bagi orang banyak. Dengan menyampaikan ilmu tersebut secara tulus, hidup kita akan dilimpahi kebaikan yang melimpah dan tak terduga.

 

4. Fathonah

kisah nabi muhammad

Gambar oleh Gerd Altmann dari Pixabay

Nabi Muhammad SAW merupakan salah satu sosok yang dikenal memiliki sifat fathonah atau cerdas. Dapat dilihat dari cara kepemimpinannya, beliau selalu bijaksana dalam memutuskan segala hal sebelum memutuskan sesuatu. Memikirkan dan mempertimbangkan baik buruknya dengan menggunakan kecerdasan yang beliau miliki.

Begitupula dengan kita sebagai manusia, harus mempertimbangkan agar tidak merugikan banyak pihak yang dapat terpengaruh dengan keputusan yang diambil oleh kita. Berpikir cerdaslah untuk dapat menghasilkan hal baik bagi diri sendiri maupun orang lain.

 

5. Takut pada Allah

kisah kejujuran nabi muhammad

Gambar oleh Gerd Altmann dari Pixabay

Keimanan seorang hamba dapat diukur dengan rasa takut kepada Allah. Hal yang dimaksud adalah rasa takut ketika seorang manusia hendak melakukan sesuatu yang dilarang oleh Allah SWT seperti tidak sholat lima waktu, berbohong, mencuri, dan sebagainya.

Ingatlah, dalam setiap hal yang kita lakukan di dunia ini, Allah akan mengetahui semuanya bahkan hal yang ada di dalam hati kita. Semua amalan baik dan buruk akan dicatat oleh malaikat yang harus dipertanggungjawabkan oleh kita di akhirat kelak. Oleh karena itu, jauhilah larangan-Nya, segera memohon ampunan, dan mematuhi perintah-Nya dengan lebih baik lagi.

 

6. Tidak Sombong

kerendahan hati nabi muhammad saw

Gambar oleh Zsanett Herczegh dari Pixabay

Salah satu sifat yang harus dijauhi oleh seorang muslim adalah sifat sombong karena sifat tersebut dapat membuat kita lupa pada Allah dan kurang bersyukur. Banyak manusia yang terkadang menyombongkan kekayaan, kepintaran, kelebihan yang dimikilinya hingga tidak menyadari semua itu adalah titipan Allah  yang dapat diambil kapan saja dalam sekejap mata. Oleh karena itu, kita jangan sampai terlena dengan kenikmatan dunia yang sesaat. Bersyukur atas apa yang diberikan oleh Allah dan lengkapi dengan sikap rendah hati agar selalu ditambahkan nikmat berlimpah dari-Nya.

 

7. Ikhlas dengan Ketetapan Allah

kisah nabi muhammad

Gambar oleh Bessi dari Pixabay

Memiliki rasa ikhlas dalam kehidupan merupakan hal yang paling indah. Mengapa? Karena ikhlas dengan segala ketetapan Allah adalah salah satu hal yang sangat sulit dilakukan, tetapi harus terus-menerus dipelajari dan diasah seumur hidup. Contohnya, ketika kita menghadapi hal yang terkadang berada di luar harapan lalu merasa kecewa, biasanya kita mengeluh, menyalahkan diri sendiri, dan bahkan menyalahkan Allah.

Percayalah, seharusnya bukan itu yang kita lakukan.  Apabila mengeluh dengan hal yang terjadi, kita akan jauh merasa lelah berkali-kali lipat dibandingkan dengan yang seharusnya kita rasakan. Ambilah pelajaran hidup dari ketetapan Allah yang membuat kalian sedih dan balutlah ketetapan dari Allah dengan rasa ikhlas, hati akan terasa lebih damai dan kita dapat menapaki jalan kehidupan lainnya dengan rasa tenang serta bahagia.

 

8. Jangan Berorientasi pada Dunia

kisah nabi muhammad

Gambar oleh Lorraine Cormier dari Pixabay

Banyak sekali manusia yang lupa akan tujuan hidup sebenarnya di dunia ini karena terlalu sibuk memikirkan dan mengejar dunia terutama masalah materi dan kedudukan. Seakan lupa dunia hanya tempat singgah sementara bagi setiap makhluk hidup di dalamnya dan akhiratlah tempat bagi kehidupan kekal. Berbangga diri dengan harta berlimpah dan kekuasaan di dunia hanyalah bayangan semu. Kenikmatan dunia tersebut dapat hilang dalam sekejap jika Allah menginginkannya.

Oleh karena itu, seimbangkanlah kehidupan dunia dan akhirat kita agar kita selamat di dunia dan akhirat. Jangan sia-siakan waktu hidup kita di dunia ini dengan hal yang tidak berguna dan carilah amal kebaikan sebanyak mungkin supaya kita memiliki perbekalan yang melimpah menuju akhirat kelak.

 

9. Memiliki Akhlak yang Baik

akhlak yang baik nabi muhammad

Gambar oleh Free-Photos dari Pixabay

Memiliki akhlak yang baik adalah hal penting dalam kehidupan.  Satu hal yang dapat kita ketahui baik buruknya seseorang berasal dari akhlaknya, bagaimana dia berperilaku dengan Allah dan sesama makhluknya.

Seperti yang kita semua tahu, Nabi Muhammad SAW dikirimkan ke dunia sebagai penyempurna akhlak manusia. Oleh karena itu, beliau selalu memberikan ilmu teladan yang dapat diikuti oleh setiap umatnya untuk menjalani kehidupan dengan baik dan benar sesuai perintah Allah dan Rasul-Nya.

Dengan memiliki akhlak yang baik, kita akan didatangi orang-orang yang memiliki akhlak baik juga, mendekatkan kita pada perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya. Selain itu, kita akan menerima kasih sayang tulus dari sesama manusia yang akan membantu kita kapan pun tanpa pamrih.

 

Kebiasaan Nabi Muhammad SAW yang Baik untuk Tubuh

Beberapa kebiasaan Nabi Muhammad SAW dapat kita teladani agar memiliki tubuh yang sehat dan bugar. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Makan Secukupnya

nabi muhammad makan secukupnya

Gambar oleh piviso dari Pixabay

Nabi Muhammad selalu berpesan untuk berhenti makan sebelum kita merasa kenyang. Isilah perut dengan 1/3  makanan, 1/3 minuman, dan 1/3 udara agar pernapasan kita dapat berjalan dengan baik dan tidak menganggu pencernaan. Jadi, lebih baik kita makan dengan porsi yang cukup dan tidak berlebihan.

 

2. Makan Bersama

kebiasaan nabi muhammad saw makan bersama

Gambar oleh Free-Photos dari Pixabay

Makan bersama keluarga dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW karena hal tersebut dapat mempererat hubungan keluarga, mengurangi stres, dan meningkatkan empati untuk berbagi bersama seluruh anggota keluarga.

 

3. Makan dengan Perlahan

kisah nabi muhammad makan perlahan

Gambar oleh Jill Wellington dari Pixabay

Tubuh kita membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit untuk mengirim sinyal ke otak dan mengetahui perut kita sudah kenyang. Selain itu, menurut penelitian mengunyah lebih dari 30 kali akan membuat makanan yang kita makan lebih mudah dicerna oleh tubuh. Jadi, makanlah dengan perlahan dan tidak berlebihan agar pencernaan juga dapat berfungsi dengan baik dan tubuh kita akan lebih sehat.

 

4. Bangun Pagi

kebiasaan nabi muhammad bangun pagi

Gambar oleh Avi Chomotovski dari Pixabay

Bagun pagi erat kaitannya dalam menjalankan shalat Subuh agar tidak terlambat melaksanakannya. Bahkan, jika ingin mendapatkan ketenangan hati yang lebih dari biasanya, kita dapat melaksanakan shalat tahajud dan fajar terlebih dahulu. Selain itu, dengan bangun pagi, kalian akan jauh lebih produktif dan kesehatan mental dapat terjaga dengan baik. Jika kalian selama ini masih merasa kesulitan bangun pagi, cobalah untuk berdoa kepada Allah agar dibangunkan lebih awal sebelum tidur.

 

5. Minum Sebanyak Dua atau Tiga Teguk

kebiasaan nabi muhammad minum dalam 2-3 tegukan

Gambar oleh stokpic dari Pixabay

Jika kalian hendak minum sebuah minuman apa pun itu, cobalah untuk minum dalam dua atau tiga teguk saja dan jangan meminumnya sekaligus dalam satu tegukan. Begitulah cara Nabi Muhammad dalam meminum air.

Tahukah kalian efek buruk jika meminum hanya dalam satu tegukan? Efek buruknya adalah kadar elektrolit dalam darah dapat menjadi tidak seimbang yang akan menyebabkan sakit kepala, pusing, dan sebagainya. Selain itu, ketika minum kita harus duduk dan menggunakan tangan kanan, ya!

 

6. Berpuasa

kebiasaan nabi muhammad berpuasa

Gambar oleh Mohamad Trilaksono dari Pixabay

Salah satu kebiasaan Nabi Muhammad SAW yang harus kita teladani adalah berpuasa. Puasa yang dimaksud bukanlah hanya puasa wajib di bulan Ramadan saja, tetapi puasa sunah lainnya, seperti puasa senin kamis atau puasa daud.

Baca juga Jumlah Nabi  dan Rasul

Puasa terbukti memiliki dampak baik bagi kondisi kesehatan seseorang. Dengan berpuasa, kita dapat memberi waktu pada organ pencernaan untuk beristirahat dan tidak terus-menerus bekerja setiap harinya. Apabila kita berpuasa secara teratur, kita akan merasakan berbagai manfaat setelahnya, seperti organ pencernaan kita akan bekerja lebih optimal dibandingkan sebelumnya, memiliki hormon yang seimbang, mengurangi peradangan dalam tubuh, dan dapat mencegah stres berlebih.

 

7. Selalu Aktif

kisah nabi muhammad ynag selalu aktif

Gambar oleh David Mark dari Pixabay

Apabila kita ingin memiliki tubuh yang sehat, jangan lupa untuk terus aktif bergerak. Salah satu caranya dengan  melakukan olahraga yang menjadi kegemaran kalian secara rutin. Dengan aktif berolahraga, kalian akan terhindar dari rasa stres, badan terasa bugar, dan kesehatan pun dapat terjaga dengan baik.

 

Banyak sekali sifat, karakter, dan kebiasaan hidup dari Nabi Muhammad SAW yang patut kita teladani untuk mendapatkan beribu kebaikan dalam kehidupan bersosial. Tidak hanya itu, Nabi Muhammad juga memberikan contoh kebiasaan hidup agar para umatnya dapat memiliki tubuh yang sehat.Yuk, mulai menerapkan dengan baik semua perilaku Nabi Muhammad dalam kehidupan kita sehingga hati akan semakin tenang dan badan pun menjadi sehat!

Leave a Reply