Kenalan dengan Seni Pantomim yang Sangat Unik, Yuk!

Pantomim

pantomim

Gambar Oleh: Gambar oleh Tuna Ölger dari Pixabay

Pantomim adalah suatu kesenian teater dimana pemeran nya hanya menggunakan gerakan untuk menghasilkan perwatakannya, serta sebagai sarana komunikasi bagi penonton mengenai apa yang disampaikan si pemeran dalam kesenian tersebut. Pemain akan mencoba mengekspresikan apa yang akan disampaikannya kepada penonton dan juga emosinya melalui pola gerakan serta mimik wajah si pemeran. Maka pesan yang akan disampaikan oleh pemeran akan dipahami oleh penonton. Walaupun begitu, aktivitas tersebut mengandung arti dalam mengajarkan Teman-Teman untuk selalu ceria dalam beraktifitas.

4 Unsur Penting dalam Pantomim 

4 unsur penting dalam seni teater pantomim yang bisa Teman-Teman ketahui adalah sebagai berikut :

  • Tema, alur, dan dialog pantomim
  • Gerakan akan yang dipakai
  • Panggung yang akan dipergunakan dalam pementasan pantomim
  • Kostum, hiasan, serta atribut pantomim

Teknik Dasar Gerakan Pantomim bagi Pemula

pantomim

Gambar Oleh: Gambar oleh Saleh Perdomo dari Pixabay

Berikut teknik dasar dari gerakan pantomim yang bisa Teman-Teman coba jika tertarik untuk melakukannya :

  • Berdandan Seperti Seniman Pantomim

Bagi Teman-Teman yang ingin mencoba menjadi seorang pantomim, yang pertama harus dilakukan adalah mengikuti penampilannya terlebih dahulu. Kalau Teman-Teman tidak berpenampilan seperti seorang pantomim, pastinya kesan dan nilai artistic pantomim tidak akan terpancar.

Mewarnai wajah dengan cat berwarna putih dan menggunakan lipstik hitam atau cat hitam bisa Teman-Teman coba. Setelah itu pakaiannya. Kostum untuk pantomim memiliki khas yang unik yakni dengan memakai kaos berwarna putih dengan corak garis samping (horizontal) celana hitam dan memakai topi seperti karakter the Chaplin.

  • Gunakan Tubuh untuk Berbicara
Baca Juga  Cara Membuat Komik untuk Pemula

Berikutnya Teman-Teman mencoba menyampaikan pesan melalui gerakan tangan terlebih dahulu. Tidak lupa gunakan ekspresi wajah untuk membantu menyampaikan pesan kepada penonton. Kalian bisa mencoba sambil melihat kaca di rumah Teman-Teman.

  • Mulailah dengan Teknik Dasar Pantomim

Gunakanlah daya imajinasi Teman-Teman untuk menghasilkan gerakan-gerakan pantomim untuk melatih cara kita berkomunikasi tanpa lisan. Bisa juga ditambah dengan latihan menjaga keseimbangan tubuh ketika melakukan gerakan-gerakan yang akan Teman-Teman lakukan. Kemudian Teman-Teman bisa meminta bantuan orang lain untuk menilai apakah gerakan tersebut sudah bagus atau belum.

  • Manipulasi Ruang dan Benda

Teknik ini yang paling sulit untuk seorang pemula, karena Teman-Teman harus bisa membuat sebuah benda atau objek menyatu dengan gerakan kalian. Misalnya saja, Teman-Teman memperagakan sedang menendang bola. Kalian harus memperagakan seolah-olah sedang melakukannya, tapi sebenarnya di depan kalian tidak ada bola untuk ditendang. Teknik ini bisa dikatakan mirip dengan sulap, namun yang terpenting adalah cara bagaimana Teman-Teman bisa menyatu dengan benda yang digunakan untuk pertunjukkan. 

  • Mendeskripsikan Suatu Tragedi

Hal ini berhubungan dengan daya khayal atau imajinasi Teman-Teman yang akan menjelaskan mengenai sebuah tragedi sederhana yang terjadi di kehidupan kita. Contohnya, Teman-Teman berpura-pura terpeleset saat berjalan atau menggunakan objek lain seperti tertimpa buah di kepalanya.

Sejarah Pantomim Di Dunia

pantomim

Gambar Oleh: Gambar oleh Carlos Barengo dari Pixabay

Dibawah ini adalah penjelasan ringkas sejarah mengenai pantomim yang ada di dunia hingga dapat berkembang sampai saat ini. Buku Aristoteles dalam poetics menyebutkan seni dari pantomim sudah berusia tua. Sebelum pantomim terkenal yunani, ternyata kesenian ini sudah dikenal terlebih dahulu di Mesir dan India Teman. Rumusan Aristoteles yang mengemukakan bahwa mengenai pantomim bisa diungkapkan melalui ciri-ciri dasarnya.

Ketika itu, orang Yunani kuno mengenal gerakan imitasi (gerak tiruan) dimana gerakan itu sendiri tidak berdasarkan ritme secara seluruhnya, bisa dibilang gerakan acak. Seni gerakan tersebut disebut sebagai suatu gerakan isyarat. Oleh karena itu, gerakan tersebut diberi nama oleh para ahli dengan nama pantomime, Teman-Teman!

Kemudian buku yang berjudul The art of Pantomime (1970) menjelaskan pantomim merupakan seni pertunjukkan yang disampaikan melalui ciri-ciri dasarnya. Ciri-ciri tersebut adalah ketika seseorang melakukan gerakan isyarat atau bahasa isyarat (bahasa bisu). Bahasa dari gerakan pantomim itu bersifat universal. Maksudnya, luas makna dan bebas sesuai ekspresi yang Teman-Teman kehendaki untuk menyampaikan kesan tersebut. Pantomim diartikan juga sebagai pertunjukkan theatrical dalam sebuah permainan dengan bahasa gerak.

Dalam Ensiklopedia Britannica, menjelaskan bahwa sesungguhnya pantomim adalah seni yang menonjolkan olah tubuh dan tanpa mulut (kebisuan) dan sudah ada sejak tahun 600 SM di Yunani.

 

Leave a Reply

error: Isi artikel ini dilindungi !!