Film Kartun Anak yang Mewarnai Dunia Televisi Anak Indonesia Dulu dan Sekarang

Siapa sih yang tidak suka kartun? Tontonan ini menampilkan cerita dan karakter unik yang tidak membosankan. Kemasannya berbentuk animasi bergambar yang biasanya melibatkan tokoh-tokoh berupa manusia, hewan, tumbuhan sampai makhluk fantasi. Tontonan kartun anak ini sudah ada sejak awal tahun 1900-an. Tapi seiring dengan berkembangnya zaman, kartun tersebut mengalami evolusi yang cukup signifikan dari segi grafis maupun tema yang diangkat.

Umumnya kartun memang disasar sebagai tontonan anak-anak. Tapi ternyata tak sedikit pula orang dewasa yang menyukainya. Inilah mengapa begitu banyak jenis dan judul kartun yang telah diciptakan dan ditayangkan di Indonesia. Bagi Anda generasi 80-an sampai 90-an pasti tahu betul apa saja kartun yang pernah mewarnai dunia televisi anak Indonesia. Sebenarnya sampai sekarang beberapa film kartun ini masih ada, hanya saja jumlahnya berkurang.

10 Kartun Anak yang Populer di Zaman Dulu dan Sekarang

Sebagian besar generasi 90-an menghabiskan masa kecilnya untuk menonton kartun di televisi. Kartun pun ditayangkan dari pagi sampai siang hari, terutama di hari Minggu. Berikut ini ada 10 contoh film kartun yang populer di zaman dulu dan sekarang :

1. Mickey Mouse

mickey mouse

Anda pasti tahu karakter kartun tikus si Mickey Mouse, kan? Kartun ini sudah diciptakan sejak tahun 1920-an oleh Walt Disney. Produksinya sendiri berasal dari Amerika Serikat. Kartun ini menjadi sangat laris dan mendunia. Diantara tokoh-tokoh kartun Mickey Mouse yang terkenal adalah Mickey Mouse, Minnie Mouse, Donald Duck, Gufi, Pluto, dan sebagainya.

2. Popeye Si Pelaut

popeye

Oleh : indiatoday.in

Kemudian ada kartun Popeye yang merupakan tokoh pelaut dengan kekuatan supernya yang muncul setelah memakan bayam. Popeye digambarkan mempunyai seorang kekasih bernama Olive Oyl. Musuh Popeye adalah seorang pelaut juga bernama Bluto/Brutus, lelaki kekar yang juga tertarik pada kekasihnya dan selalu mencoba menculik Olive. Dengan kekuatan dari bayam yang dimakannya, Popeye selalu berhasil mengalahkan Bluto/Brutus. Kartun ini awalnya tercipta dari komik pada tahun 1929 yang lama-kelamaan diangkat ke televisi.

3. Scooby-Doo

scooby doo

Scooby-Doo digambarkan sebagai karakter anjing yang bisa berbicara. Pada intinya, Scooby-Doo mempunyai tim bersama 4 manusia bernama Freddie Jones, Daphne Blake, Velma Dinkley, dan Shaggy Rogers. Mereka berlima ini menjelajahi dunia untuk memecahkan misteri yang berhubungan dengan kekuatan gaib. Tapi ternyata semua kekuatan gaib tersebut hanyalah akal-akalan para kriminal untuk menutupi perbuatan mereka. Pada akhirnya, tim Scooby-Doo berhasil meringkus pelaku kriminal tersebut.

Scooby-Doo sempat ditayangkan di beberapa televisi Indonesia. Tapi, lama-kelamaan kartun ini seperti menghilang dan digantikan acara lainnya. Lebih baik download video kartun anak ini saja melalui beberapa portal website yang ada di internet untuk ditonton lagi. Atau bisa juga melalui Youtube.

4. Doraemon

doraemon

Tahun 90-an dapat dikatakan sebagai masa kejayaan dari kartun yang berasal dari Jepang. Salah satu yang paling populer dari semua kartun tersebut adalah Doraemon. Bahkan Doraemon sudah ada sejak tahun 1980-an dan masih tayang sampai sekarang. Doraemon adalah karakter robot kucing yang datang dari abad 22. Ia tinggal bersama keluarga Nobita dan menjalin persahabatan erat dengan anak kelas 4 SD tersebut.

Meskipun genre kartunnya termasuk komedi – ilmiah, tapi tayangan ini dapat dianggap sebagai film kartun anak yang mendidik. Sebab di dalamnya selalu terdapat pesan moral yang diambil dengan semua karakter yang terlibat. Anda bisa mendampingi anak untuk menonton kartun ini bersama-sama dan menjelaskan pesan tersiratnya.

5. Ninja Hattori

ninja hattori

Oleh : style.tribunnews.com

Kartun ini diciptakan oleh pencipta yang sama dengan Doraemon. Ceritanya adalah tentang seorang  Kenichi Mitsuba, anak SD yang berteman dengan ninja kecil bernama Hattori Kenzo. Ninja Hattori kemudian tinggal bersama keluarga Kenichi dan selalu membantunya setiap mengalami masalah atau musibah. Alur ceritanya sendiri memang mirip dengan Doraemon, hanya saja tema dan tokoh-tokohnya cukup berbeda.

Bila Anda dulu sering melihat kartun ini, pasti terngiang-ngiang dengan soundtracknya yang lucu. Sebagian liriknya memang sangat ikonik sehingga membuat banyak penonton ingin mengunduh lagu tersebut. Anda pun bisa melakukannya dengan cara memasukkan kata kunci download mp3 video kartun anak Ninja Hattori di mesin pencarian. Versi video ini juga bisa Anda pertontonkan pada anak sebagai media penghibur.

6. Spongebob Squarepants

spongebob

Selain kartun Jepang yang mendominasi di tahun 90-an dan 2000-an, ada lagi kartun yang paling populer dari Nickelodeon, yaitu Spongebob Squarepants. Kartun Spongebob ini menceritakan kehidupan bawah laut di kota Bikini Bottom. Tokoh-tokoh pada kartun ini bermacam-macam. Dimana ada tokoh utama, Spongebob si hewan sponge berwarna kuning yang selalu ceria dan positif. Ia bersahabat baik dengan Patrick si bintang laut berwarna pink.

Ada lagi Squidward, cumi-cumi yang menjadi tetangga sebelah Spongebob. Ia sangat menyukai kesenian dan memiliki clarinet andalannya. Spongebob bekerja di restoran Krusty Krab milik Mr. Krab, sang kepiting merah yang menyukai uang. Selain itu, Spongebob juga bersahabat dengan seekor tupai perempuan yang memakai kostum khusus agar dapat bertahan hidup di laut, bernama Sandy. Spongebob dan Sandy diceritakan sama-sama menyukai karate.

7. Dora the Explorer

dora the explorer

Oleh : variety.com

Dora the Explorer menceritakan petualangan dari tokoh kartun anak perempuan bernama Dora. Ia selalu ditemani sahabatnya yang berupa seekor kera bernama Boots. Kartun ini mempunyai konsep yang selalu mengajak interaksi kepada setiap penontonnya. Sehingga akan sangat cocok sebagai tontonan anak-anak. Hampir di setiap perjalanannya, Dora dan Boots diganggu oleh rubah pencuri bernama Swiper. Dora dan Boots harus mengatakan ‘Swiper, jangan mencuri’ sebanyak 3 kali, agar rubah tersebut pergi.

8. Upin dan Ipin

upin ipin

Oleh : ruangmuslimah.co

Sekarang masuk ke area kartun anak-anak yang populer di Indonesia mulai tahun 2005 ke atas. Anda pasti tahu Upin dan Ipin, kan? Kartun ini berasal dari negara tetangga, yaitu Malaysia. Kartun ini mulai rilis di Malaysia pada tahun 2007 dan ditayangkan di channel MNC TV Indonesia sampai sekarang. Upin dan Ipin menceritakan kehidupan sehari-hari dari anak kembar Upin dan Ipin yang masih duduk di taman kanak-kanak.

Upin dan Ipin adalah anak yatim piatu yang tinggal bersama nenek dan kakak perempuannya. Mereka mempunyai teman-teman yang kocak dan memiliki karakter berbeda-beda. Kehidupan mereka mengangkat kisah sehari-hari yang penuh dengan pesan moral, namun dapat dikemas dengan menarik. Tak heran bila Upin dan Ipin menjadi kartun anak lucu mendidik yang bisa Anda perlihatkan kepada anak.

9. Shaun the Sheep

shaun the sheep

Berikutnya ada lagi kartun yang disukai oleh anak-anak di zaman sekarang, yaitu Shaun the Sheep. Kartun ini bercerita tentang kehidupan kawanan domba di sebuah peternakan. Domba-domba tersebut dijaga oleh seekor anjing bernama Bitzer yang merupakan kepercayaan sang peternak. Kehidupan domba-domba tersebut selalu mempunyai kisah-kisah seru setiap harinya, yang sering melibatkan anjing penjaganya tersebut.

Tokoh utama adalah Shaun, yang dapat dikatakan sebagai pemimpin kawanan domba. Dia selalu menjadi pelopor dalam setiap petualangan kawanan domba dan berusaha menghindar apabila sang peternak mulai curiga. Yang menarik dari kartun asal Inggris ini adalah tidak adanya dialog. Kartun ini hanya mengandalkan tindakan dan ekspresi yang lucu.

Uniknya lagi, kemasan gambar kartun anak Shaun the Sheep ini berbeda dari kartun lainnya. Sebab proses pembuatannya tidak menfilmgandalkan desain karakter secara grafis, melainkan menggunakan bahan-bahan khusus yang dibentuk dalam berbagai karakter. Kemudian dilakukan proses syuting berdasarkan pergerakan karakter yang sudah ditentukan.

10. Tayo

tayo

Oleh : brilio.net

Yang terakhir adalah kartun zaman sekarang yang terkenal karena soundtrack earcatching-nya. Tayo merupakan kartun dari Korea Selatan yang karakternya bukanlah makhluk hidup. Melainkan alat transportasi yang bisa berbicara dan bertindak layaknya manusia. Tokoh utamanya adalah Tayo, bus berwarna biru yang mempunyai sifat ceria. Lalu ada lagi Rogi, berupa bus hijau sahabat dari Tayo. Kemudian ada Lani bus berwarna kuning dan Gani bus berwarna merah. Mereka selalu menghadapi petualangan dan tantangan baru yang mengasyikkan.

Itulah beberapa kartun anak-anak yang telah mewarnai televisi anak Indonesia. Kartun zaman dulu lebih banyak ditayangkan dan menjadi hiburan bagi anak-anak. Namun, jumlahnya sekarang sudah berkurang drastis. Sehingga anak-anak justru lebih memilih bermain gadget. Hal ini patut disayangkan karena sebenarnya kartun mempunyai sisi positif untuk membangun karakter anak Indonesia.

Leave a Reply