Dari Mana Warna Kupu-Kupu Cantik Itu Berasal, ya?

Apakah kalian pernah memperhatikan detail corak dan warna kupu-kupu? Ragam corak dan warnanya sangat indah, bukan? Hewan satu ini memang selalu diidentikkan dengan keindahan dan kecantikannya. Keindahan dan kecantikan tersebut tercipta karena warna sayapnya yang beraneka ragam.

Bahkan tidak jarang, saat kita melihatnya rasa bahagia akan muncul karena keindahannya. Di Indonesia sendiri, terdapat sekitar 1.900 jenis kupu-kupu dengan warna dan corak berbeda yang memiliki keunikan serta ciri khas tersendiri. Kira-kira dari mana, ya warna kupu-kupu cantik itu berasal? Untuk mengetahui jawabannya, kita simak penjelasan di bawah ini bersama-sama, yuk!

Asal Mula Warna Kupu-Kupu

Tahukah kalian? Sebenarnya warna pada sayap kupu-kupu adalah transparan. Wah, kalau begitu bagaimana kita dapat melihat warna dan corak dari kupu-kupu tersebut, ya? Ternyata, warna dan corak yang ada pada sayap kupu-kupu terbentuk dari sistem kimia dan struktural yang rumit. Sistem-sistem tersebut membantu pembentukan warna kupu-kupu yang sering kalian temukan di area yang dipenuhi bunga. Sementara, sumber utama dari pembentukan corak dan warna yang ada pada sayap kupu-kupu berasal dari pigmen dan struktur. Untuk lebih jelasnya kita simak penjelasannya di bawah ini, yuk!

1. Pigmen

warna kupu-kupu

Gambar oleh Marc Pascual dari Pixabay

Salah satu faktor utama pembentuk warna kupu-kupu adalah pigmen. Pigmen sendiri merupakan zat kimia yang dapat menyerap panjang gelombang cahaya. Serapan cahaya tersebut akan direfleksikan/dipantulkan ke arah lain dan ditangkap oleh retina mata kita. Hal tersebut menyebabkan warna pada sayap kupu-kupu muncul dengan begitu indahnya.

Pantulan cahaya yang terserap menghasilkan warna berbeda tergantung dari warna yang diserap. Sifat dari sayap kupu-kupu tersebut sama seperti melanin dalam kulit manusia. Apabila cahaya matahari yang terserap semakin banyak, semakin gelap warna yang dihasilkan. Bedanya, melanin pada kupu-kupu juga berfungsi dalam pembentukan corak dan bintik pada sayapnya. Kita dapat menyimpulkan bahwa melanin yang membantu menyebabkan perbedaan warna antarjenis kupu-kupu yang satu dengan lainnya.

Selain melanin, terdapat zat lain yang membantu proses dalam mempengaruhi warna pada sayap kupu-kupu yaitu ptediridine. Zat tersebut dapat menghasilkan warna kuning, putih, dan merah muda. Ketiga warna tersebut bukanlah warna dasar dalam color wheel, tetapi biasanya warna-warna tersebut menjadi warna dominan yang sering muncul untuk memperindah warna sayap pada kupu-kupu. Bahkan tidak jarang, terdapat kupu-kupu yang memiliki warna pada sayap dengan kombinasi dari ketiga warna tersebut.

2. Struktur

warna kupu-kupu

Gambar oleh Gerd Altmann dari Pixabay

Dalam sayap kupu-kupu, terdapat struktur lapisan dengan ratusan sisik kecil yang saling melapisi satu sama lain dan setiap sisiknya dipisahkan oleh kantung udara. Meskipun terlihat rapuh, berkat sisik kecil tersebut kupu-kupu dapat meningkatkan kualitas aerodinamisnya sehingga dapat menjaga keseimbangan saat terbang.

Selain menjaga keseimbangan saat terbang, sisik kecil ini berfungsi sebagai penentu bentuk corak dan warna yang ada pada kupu-kupu. Gelombang cahaya yang ditangkap dan diserap oleh pigmen akan tersimpan dalam setiap sisik yang ada pada sayapnya.

Proses dari penyerapan cahaya, pemantulan, pembiasan, dan pembentukan warna yang ditangkap oleh kedua mata kita sangat dipengaruhi oleh sisik pada sayap kupu-kupu tersebut.

Dengan adanya kedua faktor di atas, kita dapat mengetahui bahwa warna sayap kupu-kupu bukanlah warna asli. Proses terciptanya warna pada sayap kupu-kupu memang berbeda dengan warna kulit/tubuh pada makhluk hidup lainnya. Warna kupu-kupu tersebut merupakan hasil pantulan cahaya yang mengenai struktur sisik kecil yang ada pada sayapnya.

Kupu-Kupu Terindah di Dunia

Setelah kita mengetahui proses sebenarnya pada sayap kupu-kupu, sekarang mari kita mengetahui informasi tentang beberapa jenis kupu-kupu dengan warna paling menakjubkan di dunia. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Kupu-Kupu 88

warna kupu-kupu

Gambar oleh GilbertoWinter dari Pixabay

Kupu-kupu jenis ini berasal dari Amerika Selatan dan Tengah, bentuknya seperti kupu-kupu yang akan melakukan balapan. Hal yang membuatnya unik dan menarik adalah pada sayapnya terdapat bentuk yang meyerupai angka 88. Selain itu, apabila kalian tidak sengaja melihat kupu-kupu jenis ini, kalian akan menemukan corak dengan warna merah menyala.

2. Kupu-Kupu Burung Hantu

warna kupu-kupu

Gambar oleh Alexas_Fotos dari Pixabay

Kupu-kupu jenis ini memiliki corak yang mirip dengan mata burung hantu pada sayapnya. Bahkan, hewan lain dapat terkecoh dengan sayapnya dan menganggapnya sebagai burung hantu sesungguhnya.

3. Kupu-Kupu Sylphina Angel

warna kupu-kupu

Gambar oleh: www.facebook.com

Kupu-kupu sylphina angel dapat kita temukan di daerah Bolivia, Peru, dan Ekuador. Ciri khasnya terletak pada sayapnya yang transparan berkontur hitam pada tepian sayap. Terkadang, pada bagian bawah sayapnya terdapat sedikit corak berwarna jingga, merah, biru, merah muda, dan hijau.

Wah, ternyata sayap pada kupu-kupu itu transparan, ya Teman-Teman! Sungguh kekuasaan Yang Di Atas sungguh luas. Dengan izin-Nya, sayap yang transparan pun dapat kita lihat dengan beragam warna yang memanjakan mata kita dengan keindahan dan kecantikannya. Bahkan, pada beberapa jenis kupu-kupu, warna yang dimiliki dapat melindunginya dari predator. Oleh karena itu, kita harus menjaga habitat dari kupu-kupu agar kita dapat terus-menerus merasakan kebahagiaan saat melihat keindahan dan kecantikan warnanya.

Leave a Reply