Tanaman dalam Ruangan yang Bisa Kalian Rawat dengan Mudah

Tinggal di kota besar dengan udara panas, memiliki hunian sempit dan terbatas, ataupun kondisi lain yang menyebabkan rumah terlihat kering, pengap dan tidak segar merupakan suatu hal yang tidak menyenangkan. Namun, hal ini harusnya tidak menyurutkan niat kamu untuk menciptakan kondisi ruangan asri, segar dan sejuk. Kamu bisa menambahkan tanaman dalam ruangan untuk mempercantik dan menyejukkan rumah.

Jenis Tanaman Hias Indoor Untuk Mempercantik Ruangan

Tanaman hias tidak selalu identik dengan udara terbuka, sinar matahari dan perawatan khusus. Banyak sekali sekarang ini tanaman hias khusus untuk dirawat di dalam rumah yang tak kalah cantiknya dengan yang ada di luar rumah. Tanaman hias di bawah ini cukup mudah dirawat dan tidak memerlukan perhatian spesial. Diantaranya adalah :

1. Aloe Vera atau Lidah Buaya

tanaman dalam ruangan
Photo by Aneta Pawlik on Unsplash

Tanaman satu ini selain dikenal sebagai salah satu bahan pangan bernutrisi tinggi, juga merupakan penyejuk mata yang menyenangkan. Tanaman ini memiliki warna daun hijau segar sehingga dapat memberikan kesan sejuk dalam ruangan.

Baca Juga  Cara Membuat Komik untuk Pemula

Selain ditanam di luar ruangan, kamu bisa menanamnya di dalam rumah. Letakkan lidah buaya di dalam pot, kemudian taruh di atas meja dengan posisi terkena sinar matahari. Perawatan tanaman hias satu ini tidak sulit sama sekali, cukup sirami dengan air saja. Kamu bisa menjemurnya sesekali agar mendapat sedikit sinar matahari.

2. Bunga Anthurium

tanaman dalam ruangan
Photo by Aneta Pawlik on Unsplash

Sebagai salah satu tanaman hias yang pernah bernilai tinggi, Anthurium merupakan bunga yang cukup mudah perawatannya. Bunga Anthurium yang sedang mekar memiliki daya tarik tersendiri. Selain itu, daun bunga ini bermanfaat untuk menyerap zat amonia, toluene, formaldehida, dan xilena di dalam ruangan. Bunga ini akan membuat udara di ruangan kamu menjadi bersih dan segar.

3. Pakis Asparagus

tanaman dalam ruangan
Oleh: https://sebentarsaja.com/

Tanaman ini memiliki daun berbentuk pipih. Jika diamati hampir seperti renda halus. Tumbuhan ini tumbuh cukup pesat meskipun hanya dengan perawatan yang sederhana. Sebagai tanaman yang direkomendasikan sebagai hiasan indoor, pakis asparagus mampu mencegah polusi udara di rumah.

4. Bambu Rejeki

tanaman dalam ruangan
Oleh: https://www.dekoruma.com/

Tidak jauh berbeda dengan pohon bambu pada umumnya, Bambu Rejeki ini juga tumbuh bergerombol, hanya saja bentuknya lebih mungil. Tanaman bambu ini sering dihadirkan di ruangan-ruangan kantor sebagai tanaman penghias. Jika diatur sedemikian rupa, Bambu Rejeki akan memiliki bentuk unik, menarik sekaligus mampu menjadi penyegar ruangan.

Baca Juga  Yuk, Mengenal Tari Saman!

5. Bunga Lidah Mertua

tanaman dalam ruangan
Photo by ehsan ahmadnejad from Pexels

Snake Plants atau yang biasa disebut lidah mertua merupakan tanaman ampuh untuk menyerap racun di dalam ruangan. Kamu bisa memiliki penyegar udara sekaligus penghias ruangan. Bunga lidah mertua akan membuat aliran udara menjadi lancar, suasana ruangan menjadi adem serta nampak segar.

6. Bunga Rosemary

tanaman dalam ruangan
Image by monicore from Pixabay

Inilah salah satu tanaman dalam ruangan selanjutnya. Tanaman hias ini memiliki bentuk daun kecil dengan duri di batangnya. Tanaman ini mengeluarkan wangi harum. Bentuk bunganya kecil berwarna ungu kebiruan yang memikat. Selain menjadi tanaman hias unggulan, rosemary juga bermanfaat untuk mengusir nyamuk dan dimanfaatkan untuk keperluan dapur sebagai bumbu masak.

7. Bunga Lavender

tanaman dalam ruangan
Image by R391n4 from Pixabay

Cukup letakkan satu pot kecil bunga lavender. Pot ini akan mengubah suasana ruangan di rumah kamu. Bunga lavender dikenal karena mengeluarkan aroma wangi yang akan membantu kamu tertidur dengan lelap. Bunga ini mampu merangsang produksi hormon untuk melawan kecemasan, selain itu penampilannya yang cantik akan membuat rumah kamu menjadi asri dan segar.

Baca Juga  11 Hewan Langka yang Ada di Indonesia. Yakin Sudah Tahu?

8. Tanaman Jade

tanaman dalam ruangan
Oleh: https://www.dekoruma.com/

Tanaman dalam ruangan ini merupakan salah satu yang cukup mudah perawatannya. kamu cukup dengan mengelap permukaan daun yang tertutup debu dan menyiraminya sesekali. Penyiraman tidak perlu dilakukan setiap hari karena tanaman Jade merupakan keluarga sukulen seperti halnya kaktus. Cadangan air akan disimpan pada bagian daun. Meski demikian, tanaman Jade sangat cocok untuk diletakkan di dalam ruangan karena akan menghasilkan oksigen lebih banyak.

9. Bunga Peace Lily

tanaman dalam ruangan
Oleh: https://cambridgeflorist.com/

Bunga Lily ini tidak membutuhkan sinar matahari langsung. Namun, ia tetap dapat berdaun lebat dan berbunga dengan indah. Tanaman dalam ruangan ini memiliki daun yang berukuran besar dan kelopak bunga cantik berwarna putih. Satu pot bunga peace lily sangat cocok untuk diletakkan di ruang tamu atau keluarga untuk menambah kesan asri.

Semua tanaman dalam ruangan di atas tidak membutuhkan perawatan intensif. Cukup berikan air dan sinar matahari secukupnya saja, tanaman-tanaman ini akan mengubah ruangan rumah kamu yang semula pengap dan panas menjadi sejuk, asri dan segar. Jadi, tidak sulit bukan menciptakan ruangan yang asri?

Leave a Reply