Ikan Tuna, Ikan dengan Harga Terjangkau yang Penuh Gizi dan Manfaat

Ikan merupakan salah satu bahan makanan penuh gizi yang dapat dikonsumsi oleh kita. Salah satu ikan yang dapat kita konsumsi adalah ikan tuna. Berbagai macam kandungan gizi dan vitamin terkandung dalam ikan rendah lemak ini. Selain kaya akan gizi dan vitamin, rasa ikan laut ini pun enak dan gurih.

Sepertinya, hampir semua orang menyukai rasa masakan dari olahan ikan tuna ini. Jumlah ikan ini di lautan cukup melimpah sehingga harganya pun sangat terjangkau. Untuk mengetahui lebih jauh kandungan gizi dan manfaat yang ada di dalamnya, kita simak pembahasannya di bawah ini, yuk Teman-Teman!

Kandungan dan Manfaat Ikan Tuna

Ikan tuna merupakan salah satu jenis ikan yang tergolong besar, bahkan ada beberapa ikan tuna yang berbobot sampai 680 kg. Dengan tekstur daging yang tebal serta sangat lembut membuat kita mudah mencernanya dan cepat merasa kenyang. Rasa dari ikan ini pun tak kalah gurih dari jenis ikan laut lainnya. Kandungan gizi yang ada pada ikan ini pun sangat banyak, di antaranya adalah:

  • Karbohidrat
  • Protein
  • Lemak
  • Natrium
  • Zat Besi
  • Vitamin C
  • Vitamin D
  • Vitamin B6
  • Vitamin B12

Dengan adanya berbagai kandungan gizi dan vitamin tersebut, kita dapat memperoleh banyak manfaat apabila mengonsumsi ikan tuna secara rutin dengan takaran yang sesuai, berikut beberapa manfaatnya adalah sebagai berikut:

1. Sumber Protein

ikan tuna

Gambar oleh: www.sehatq.com

Ikan tuna merupakan salah satu sumber makanan yang mengandung protein lengkap. Mengapa bisa seperti itu? Ikan tersebut memiliki segala jenis asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Apabila kita mengonsumsi ikan tersebut sebanyak 85 gram, tubuh kita akan mendapatkan asupan protein sebesar 24-30 gram. Protein-protein tersebut akan membantu pembentukan hormon, kolagen, antibodi, enzim, dan menjaga jaringan otot.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

ikan tuna

Gambar oleh NinoDonkervoort dari Pixabay

Dengan kandungan vitamin C yang terkandung dalam ikan tersebut, tubuh kita dapat memperoleh antioksidan yang berperan untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tubuh kita tetap sehat dan bugar. Selain itu, ikan ini pun mengandung selenium yang berfungsi mencegah kita terpapar radikal bebas yang ada di sekitar ataupun dalam tubuh kita.

3. Memperlancar Sirkulasi Darah

ikan tuna

Gambar oleh Arek Socha dari Pixabay

Beberapa makanan berlemak memiliki kandungan trigliserida yang dapat menyebabkan penumpukan plak kolesterol dalam saluran peredaran darah. Apabila hal seperti itu terus terjadi, seseorang dapat mengalami penyumbatan pembuluh darah dan memicu kegagalan jantung saat memompa darah.

Apabila kita mengonsumsi ikan tuna, asam lemak omega 3 yang dikandungnya dapat membantu menurunkan kadar trigliserida tersebut. Terlebih, omega 3 yang dikandungnya tersedia dalam jumlah besar. Dengan begitu, jika kita mengonsumsinya secara rutin dan teratur, sistem sirkulasi dalam tubuh kita akan lancar, lho Teman-Teman!

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Protein dan omega 3 yang terkandung dalam tuna membantu memperlancar sirkulasi darah untuk menjaga kesehatan jantung dan memaksimalkan kinerjanya. Apabila jantung dapat memompa sirkulasi darah dengan baik, tubuh kita dapat mendapatkan asupan makanan dengan tepat.

5. Mendukung Masa Pertumbuhan Anak

ikan tuna

Gambar oleh Taken dari Pixabay

Teman-Teman sangat dianjurkan untuk mengonsumsi ikan tuna ini secara rutin, lho! Kandungan protein dan omega 3 dapat membantu kalian memperoleh berbagai vitamin, mineral, dan gizi penting yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga masa pertumbuhan kalian dapat berkembang secara maksimal.

6. Meningkatkan Energi dalam Tubuh

ikan tuna

Gambar oleh bigtorica dari Pixabay

Ikan tuna mengandung karbohidrat dan vitamin B kompleks yang dapat menghasilkan energi bagi tubuh. Oleh karena itu, apabila sedang kelelahan atau sedang merasa lapar tetapi tidak memiliki waktu yang cukup banyak untuk makan makanan berat, kalian dapat menjadikan makanan olahannya untuk memulihkan energi kalian kembali.

7. Meningkatkan Kesehatan Mata

ikan tuna

Gambar oleh u_aitkr8xo dari Pixabay

Degenarasi makula merupakan salah satu penyakit yang dapat menganggu penglihatan pada mata. Jika kalian mengonsumsi ikan tuna dengan kandungan omega 3 yang tinggi dapat membantu mencegah terjadinya penyakit tersebut.

8. Mencegah Kanker

ikan tuna

Gambar oleh: www.lifestyle.okezone.com

Kandungan antioksidan yang terkandung dalam ikan tuna ini mampu mencegah laju perkembangan sel kanker yang ada pada tubuh kita, terutama kanker kolorektal.

9. Mengurangi Obesitas

ikan tuna

Gambar oleh Mogens Petersen dari Pixabay

Kandungan asam lemak omega 3 yang ada dalam ikan tuna dapat mengurangi risiko terjadinya obesitas atau kelebihan berat badan pada tubuh. Dengan adanya kandungan tersebut, daging tuna dapat merangsang hormon leptin yang menjaga metabolisme tubuh.

Banyak sekali, ya manfaat mengonsumsi ikan tuna bagi tubuh kita. Oleh karena itu, sebaiknya kita mengonsumsi ikan ini secara rutin dan memasukkannya ke dalam menu makanan kita sehari-hari. Namun, perlu diingat, ya Teman-Teman! Seperti yang kita ketahui, ikan tuna memiliki tubuh yang besar sehingga zat yang terkandung dalam lautan dapat terserap oleh tubuhnya, termasuk merkuri.

Oleh karena itu, beberapa pakar gizi menganjurkan untuk mengonsumsi ikan tuna tidak lebih dari 150 gram per bulan. Terutama bagi ibu hamil dan anak-anak. Untuk Teman-Teman yang berusia tujuh tahun ke bawah dapat mengonsumsi 50 gram per minggu. Sementara, untuk yang berusia delapan tahun ke atas dapat mengonsumsi 75 gram per minggu. Bagi ibu hamil,  sebaiknya menghubungi dokter kandungan untuk mengetahui jumlah batas maksimal saat mengonsumsinya. Dengan begitu, ikan tuna dapat dikonsumsi dengan aman. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian, ya Teman-Teman!

Leave a Reply