Yuk, Kenalan dengan Berbagai Jenis Kucing Persia!

Kucing persia merupakan jenis kucing terfavorit dan diinginkan oleh kebanyakan orang. Tubuhnya yang tambun, berhidung pesek, dan bulu lebat membuatnya menjadi kucing yang menggemaskan.

Namun, tahukah kalian jika kucing persia bermacam-macam jenisnya? Setidaknya ada empat jenis kucing persia yang ada di dunia ini. Penasaran apa saja? Yuk, kita kenalan dengan beragam jenis kucing persia hari ini!

Jenis-Jenis Kucing Persia

Bagi sebagian orang, memelihara seekor kucing dapat menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan. Terlebih, kucing merupakan salah satu hewan jinak bersifat manja sehingga dapat membuat kita merasa tenang dan bahagia saat bermain dengan mereka.

Begitu pula dengan kucing persia, mereka sangat lucu dan menggemaskan. Meskipun penampilannya terlihat mirip semua dengan bulu lebat dan berhidung pesek, kucing persia dapat dibedakan ke dalam beberapa jenis, lho! Yuk, kita cari tahu jenis-jenisnya:

1. Kucing Persia Himalaya

jenis kucing persia

Gambar oleh: www.hewany.com

Kucing persia himalaya ciri utamanya adalah berbulu sangat tebal, lebat, dan panjang. Hidung yang dimiliki oleh kucing persia ini pun cukup mancung dibandingkan dengan hidung kucing persia lainnya.

Selain itu, kucing ini terkenal dengan pola warna bulu yang menonjol pada bagian-bagian tertentu pada tubuhnya, seperti warna bulu pada wajah, ekor, hidung,
dan ujung kaki yang berbeda dengan warna bulu pada tubuh lainnya. Biasanya pola warna yang menonjol tersebut berwarna cokelat tua atau cokelat kehitaman. Sementara, bagian tubuh lainnya berwarna putih atau cokelat muda.

Kucing persia jenis ini berat badannya dapat mencapai 4-6 kg. Kucing dengan ukuran berat badan seperti itu dapat dikategorikan sebagai kucing yang berukuran besar.

Apabila kalian merawat kucing persia ini dengan baik dan benar, mereka dapat hidup sampai dengan lima belas tahun untuk menemani kalian. Kucing persia jenis ini sering sekali tidur dan bermain dengan anak-anak serta sangat ramah bila bertemu dengan orang baru.

2. Kucing Persia Flatnose

jenis kucing persia

Gambar oleh: www.hewan.carakami.net

Dengan mengetahui namanya saja, kalian pasti sudah dapat mengetahui bahwa jenis kucing persia flatnose memiliki ciri utama berhidung pesek. Uniknya lagi, saking pesek hidungnya, letaknya hampir sejajar dengan mata. Mata kucing persia ini begitu kecil dan jarak kedua telinganya agak berjauhan.

Selain bentuk hidungnya yang unik, kucing persia ini pun memiliki bentuk kepala yang agak kotak, tidak seperti bentuk wajah kucing lainnya yang berwajah bulat. Dengan bentuk wajahnya tersebut, kucing ini terlihat semakin menggemaskan, lho Teman-Teman! Pipinya menjadi lebih tembam dibandingkan kucing persia lainnya. Kucing persia jenis ini pun biasanya memiliki tubuh gemuk dengan bulu panjang.

Kucing persia flatnose dapat digolongkan kepada jenis kucing yang cukup rakus. Porsi makannya sangat banyak. Oleh karena itu, tidak heran jika kucing ini bertubuh sangat gemuk. Namun jika memelihara kucing ini, kalian harus menjaga porsi makanan yang dikonsumsinya agar kucing ini tidak menderita obesitas.

Jenis kucing persia ini jauh lebih aktif dibandingkan dengan jenis lainnya. Kucing ini suka sekali berlarian, bermain dengan benda yang membuatnya tertarik, dan melompat-lompat. Apabila kalian ingin memeliharanya di rumah, jauhkan barang pecah belah saat kucing ini berkeliaran dalam rumah kalian, ya!

3. Kucing Persia Peaknose

jenis kucing persia

Gambar oleh lindarczyk dari Pixabay

Selanjutnya ada kucing persia peaknose, kucing ini sering kali dicari oleh kebanyakan pencinta kucing persia karena bentuk hidungnya yang sangat menarik. Peseknya hidung kucing membuat hidungnya berbentuk seperti cekungan pada daerah hidungnya.

Harga seekor kucing peaknose sangat fantastis, lho Teman-Teman! Semakin pesek hidungnya, semakin mahal juga harganya. Warna bulu yang dimiliki oleh kucing ini pun bervariasi, tergantung warna bulu yang dimiliki oleh warna induknya.

Jenis kucing persia ini merupakan kucing penyendiri. Namun, ia sangat setia dan hanya bersikap manja kepada pemiliknya saja. Selain itu, mereka pun merupakan kucing pemalas dan mudah mengalami stres apabila ditinggalkan pemiliknya dalam waktu cukup lama. Oleh karena itu, jika kalian ingin memelihara peaknose, pastikan kalian memiliki keranjang kucing agat dapat membawanya saat harus berpergian jauh.

4. Kucing Persia Medium

jenis kucing persia

Gambar oleh 99mimimi dari Pixabay

Jenis kucing persia yang terakhir adalah persia medium. Hidung kucing persia jenis ini tidak terlalu mancung seperti kucing persia himalaya dan tidak sepesek peaknose. Ciri khas kucing ini terletak pada kelebatan bulu tubuh yang lebat dan panjang. Namun, apabila kalian ingin memelihara kucing persia yang tidak terlalu lebat, kalian dapat memilih jenis kucing persia medium short hair.

Kucing persia ini memang paling berbeda dibandingkan jenis kucing persia lainnya. Tubuhnya relatif lebih kecil dengan bentuk wajah yang berbeda karena hidungnya lebih mancung. Kakinya pun lebih panjang dibandingkan jenis persia lainnya.

Wah, ternyata walaupun mirip, jenis kucing persia berbeda-beda, ya Teman-Teman! Dengan berbagai ciri khas setiap jenisnya, kucing persia tersebut memiliki keunggulannya masing-masing. Ada yang unggul karena bulunya tebal, hidungnya pesek, bentuk wajah, pola warna bulunya, dan sebagainya. Sungguh unik sekali, kan? Namun, jangan lupa! Jika kalian ingin memelihara salah satu jenis kucing persia ini, pastikan kalian mengenal karakteristiknya dengan baik agar kucingnya pun dapat merasakan ketenangan dan kenyamanan saat berada di rumah kalian.

Leave a Reply