Kenapa Jari Manis Susah Diangkat, Ya? Yuk, Cari Tahu Alasannya!

Jari manis merupakan jari keempat pada jari jemari kalian, biasanya jari ini dijadikan tempat melingkarnya sebuah cincin. Pada umumnya, jari manis pria lebih pendek dibandingkan dengan jari telunjuknya. Sementara pada wanita, jari ini memiliki panjang yang sama dengan jari telunjuk. Perbedaan ukuran tersebut memang menjadi salah satu sifat dasar yang dimiliki oleh anatomi tubuh pada pria dan wanita.

Nah, pernahkah kalian mencoba untuk mengangkat jari manis? Ketika mencoba untuk mengangkat atau menggerakkannya terasa lebih susah dari jari-jari lainnya, bukan? Bahkan, saat mengangkat jari tersebut jari tengah atau kelingking pun ikut terangkat. Apa yang terjadi sebenarnya pada jari manis kita, ya Teman-Teman? Penasaran? Yuk, kita cari tahu alasannya bersama-sama!

Faktor Jari Manis Susah Diangkat

Tiap orang pasti merasa kesulitan ketika akan mengangkat dan menggerakkan jari keempatnya. Pada saat akan diangkat atau digerakkan, pun tidak semudah dan secepat mengangkat jari-jari yang lain. Mengapa hal itu bisa terjadi, ya Teman-Teman? Berikut faktor di balik susahnya mengangkat dan menggerakkan jari manis:

1. Kurangnya Fleksibilitas Otot

jari manis

Gambar oleh andreas160578 dari Pixabay

Salah satu faktor penyebab jari manis susah diangkat dan digerakkan adalah karena kurangnya fleksibilitas otot pada jari manis. Hal itu terjadi karena jari tersebut jarang digunakan dibandingkan jari jemari lainnya. Oleh karena itu, tidak heran jika otot penggerak dari jari ini menjadi kaku. Namun, beberapa orang sengaja berlatih untuk mengatur fleksibilitas otot yang ada pada jari jemari agar fleksibel dan terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

2. Kondisi dan Letak Saraf Radial dan Ulnar

jari manis

Gambar oleh StockSnap dari Pixabay

Fleksibilitas otot memang menjadi salah satu faktor penyebab sulitnya jari manis susah diangkat dan digerakkan. Namun, ada faktor yang lebih mendasar yaitu kondisi dan letak saraf penggerak yang dikenal dengan nama saraf radial dan ulnar.

Saraf radial terhubung pada ibu jari, telunjuk, dan jari tengah pada tangan. Saraf tersebut berfungsi sebagai pengontrol kerja dari otot trisep untuk menggerakkan lengan, pergelangan tangan, tangan, jari, dan menerima rangsangan dari luar yang diterima oleh jari jemari.

Sementara, saraf ulnar merupakan saraf yang terbentang dari bahu hingga ujung jari kelingking dan separuh jari manis. Saraf  ini berfungsi memberi rangsangan pada tangan, jari tengah, jari kelingking, dan mengatur fleksibilitas tangan.

Saraf radial dan ulnar merupakan saraf yang saling berhubungan karena keduanya memiliki cabang yang terkait satu sama lain. Interkoneksi dari dua saraf ini berada pada punggung tangan, lebih tepatnya 2-3 cm dari persimpangan jari tengah dan manis. Hal itulah yang menjadi penyebab utama jari manis sulit diangkat dan digerakkan.

Fakta Menarik Jari Manis

jari manis

Gambar oleh Thacia Stirling dari Pixabay

Selain tidak bisa diangkat dan digerakkan dengan mudah, ada fakta menarik yang perlu kalian ketahui tentang jari manis ini. Jari ini biasanya sering disebut ring finger, lho Teman-Teman! Sebutan ini melekat padanya karena sering dipakai untuk melingkarkan cincin pernikahan.

Tradisi memakai cincin pernikahan pada jari tersebut memang sudah dilakukan sejak dahulu kala serta menjadi lambang cinta dan kasih sayang. Hal tersebut didukung dengan sebuah penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli ilmu kedokteran. Para peneliti tersebut menyebutkan bahwa salah satu pembuluh darah yang bernama vena amoris, terhubung langsung pada jantung manusia. Sebuah fakta yang pas sekali dengan makna dari perilaku yang melibatkan perasaan cinta dan kasih sayang antarmanusia.

Faktanya, kebanyakan orang setelah melangsungkan pernikahan dan mengenakan sebuah cincin akan merasakan sebuah kebahagiaan. Rasa bahagia tersebut mengakibatkan peredaran darah yang mengalir ke jantung berjalan dengan lancar. Oleh karena itu, pemakaian cincin erat hubungannya dengan jari manis dalam jari jemari kita.

Tidak hanya tentang pernikahan saja, lho Teman-Teman! Jika kalian mendapatkan sebuah hadiah cincin dari orang tua kalian tentu hal itu juga akan membuat kalian bahagia, bukan? Jadi, jari manis juga melambangkan rasa sayang antarkeluarga, sahabat, dan orang terkasih yang ada di sekitar kalian.

Bagaimana Teman-Teman? Akhirnya rasa penasaran kita telah terjawab, ya! Bahkan, beberapa fakta menarik telah kita temukan hari ini! Ternyata jari manis kita memiliki banyak saraf yang terhubung dengan anggota tubuh kita lainnya. Dengan berbagai saraf tersebut, kita dapat merasakan sebuah rasa, entah itu rasa cinta, sayang, bahagia, dan lain-lain. Sebagai manusia, kita harus bersyukur karena telah diberi anggota tubuh yang sehat dan lengkap. Yuk, kita gunakan anugerah dari Allah tersebut dengan sebaik-baiknya!

Leave a Reply