Mau Tahu Seperti Apa Silsilah Kerajaan Inggris? Yuk, Cari Tahu Bersama!

Kalian tentu sudah sering mendengar nama Ratu Elizabeth bukan? Atau nama lain seperti Pangeran William dan Kate Middleton? Ketiganya merupakan tokoh ikonik dari Kerajaan Inggris. Kerajaan Inggris merupakan satu dari beberapa kerajaan besar yang masih eksis hingga saat ini.

Salah satu pertanyaan umum yang sering terlintas adalah siapa penerus kerajaan tersebut saat Ratu Elizabet meninggal dunia? Nah, agar tak penasaran mari kita belajar mengenai silsilah Kerajaan Inggris melalui artikel ini.

Silsilah Kerajaan Inggris dan Para Penerusnya

Kerajaan Inggris yang saat ini berdiri merupakan penyatuan dari dua kerajaan sekaligus, yakni Inggris dan Skotlandia. Penyatuan dan terbentuknya Kerajaan Inggris yang baru tersebut terjadi pada 1 Mei 1707.

Sejak saat itu, Kerajaan Inggris telah dipimpin oleh banyak raja dan ratu berdasarkan silsilah garis keturunan. Berikut adalah silsilah Kerajaan Inggris sebelum dipimpin oleh Ratu Elizabeth II.

1. Ratu Anne

silsilah kerajaan inggris
Oleh: https://id.wikipedia.org/

Ratu Anne Stuart menjadi Ratu Inggis, Skotlandia, serta Irlandia sejak 8 maret 1702. Ia kemudian menjadi Ratu Inggris pada 1 mei 1707 berdasarkan kesepakatan perjanjian penyatuan tiga wilayah kerajaan tersebut.

Ratu Anne kemudian menjadi Ratu Inggris pertama dan memerintah hingga 1 Agustus 1714. Menikah dengan Pangeran George dari Denmark, Ratu Anne tidak dapat melanjutkan suksesi kerajaan pada marga Stuart dan menyebabkan kekuasaan berpindah ke marga Hanover.

2. Raja dan Ratu dari Marga Hanover

silsilah kerajaan inggris
Oleh: https://www.rd.com/

Kerajaan Inggris selanjutnya dipimpin oleh Marga Hanover dari tahun 1714 hingga 1901. Terdapat lima raja dan satu ratu yang memimpin Kerajaan Inggris pada saat itu. Dimulai oleh Raja George I atau George Louis yang memimpin pada 1 Agustus 1714 – 11 Juni 1727, diikuti oleh George II (11 Juni 1727 – 25 Oktober 1760), George III (25 Oktober 1760 – 29 Januari 1820), serta George IV (29 Januari 1820 – 26 Juni 1830).

Setelah meninggalnya Raja George IV, Pangeran William Henry diangkat menjadi raja selanjutnya. Ia memerintah dari 26 Juni 1830 hingga 20 Juni 1837, atau selama 6 tahun 359 hari saja.

Pasca dipimpin oleh lima raja, Silsilah Kerajaan Inggris kemudian dipimpin oleh seorang ratu bernama Alexandrina Victoria. Ratu Victoria memerintah mulai 20 Juni 1837 hingga 22 Januari 1901. Ratu Victoria menjadi salah satu pemimpin kerajaan dengan waktu memimpin yang cukup lama, yakni 63 tahun 216 hari.

3. Raja Edward VII

silsilah kerajaan inggris
Oleh: https://www.npg.org.uk

Selepas kepemimpinan Ratu Victoria, Kerajaan Inggris tak lagi dipimpin oleh marga Hanover, melainkan Saxe-Coburg dan Gotha. Raja Albert Edward atau Edward VII memerintah sejak 22 Januari 1901 hingga 6 Mei 1910. Raja Edward VII sendiri merupakan anak dari Ratu Victoria dan Pangeran Albert.

Meskipun merupakan anak dari Victoria, namun Edward VII mewarisi nama ayahnya sehingga marga yang dipakai juga tak lagi Hanover, melainkan Saxe-Coburg dan Gotha yang merupakan marga Sang Ayah.

4. Raja dan Ratu dari Marga Windsor

silsilah kerajaan inggris
Oleh: http://www.nightwatchsl.com/

Silsilah Kerajaan Inggris selanjutnya dipegang oleh marga Windsor. Marga inilah yang menjadi penguasa hingga saat ini, yakni marga dari Ratu Elizabeth II. Salah satu hal yang unik adalah bahwa pada dasarnya marga Windsor merupakan nama baru dari marga Saxe-Coburg dan Gotha.

Pangeran George V merubah Magra Saxe-Coburg dan Gotha menjadi Windsor pada tahun 1917 karena dinilai berbau Jerman, sementara pada Perang Dunia Pertama hal tersebut menjadi isu yang cukup sensitif.

Marga Windsor pertama yang memimpin Kerajaan Inggris adalah Pangeran George Frederick Ernest Albert atau dikenal dengan George V. Ia memerintah dari 6 Mei 1910 hingga 20 Januari 1936.

Selanjutnya terdapat Pangeran Edward VIII (20 Januari 1936-11 Desember 1936) dan Pangeran George VI (11 Desember 1936-6 Februari 1952). Pasca turunnya Raja George VI, Silsilah Kerajaan Inggris dipimpin oleh seorang Ratu hingga saat ini, tak lain ialah Ratu Elizabeth II.

Ratu Elizabeth II atau Elizabeth Alexandra Mary memimpin kerajaan tersebut dari 6 Februari 1952 hingga saat ini. Ia telah memimpin selama 67 tahun, sebuah masa jabatan yang sangat panjang melebihi masa kekuasaan Ratu Victoria.

Silsilah Kerajaan Inggris diprediksi akan terus berada pada marga Windsor mengingat salah satu kandidat kuat penerus Ratu Elizabeth II tak lain adalah anaknya, Pangeran Charles. Setelah itu, Pangeran William adalah ahli waris dari Pangeran Charles, diikuti dengan anak-anaknya yakni Pangeran George, Putri Charlotte, dan Pangeran Louis.

One Response

  1. Yoza erawan

Leave a Reply