Currently set to Index
Currently set to Follow

Wah, Ternyata Beberapa Pulau di Indonesia Merupakan Pulau Terbesar di Dunia!

Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan. Menurut data Departemen Dalam Negeri, Jumlah pulau yang dimiliki Indonesia mencapai 17.504 buah, di mana 7.870 telah diberi nama, sementara 9.634 lainnya belum memiliki nama. Dari sekian banyaknya pulau, terdapat beberapa pulau dengan ukuran yang cukup besar. Bahkan beberapa pulau besar tersebut ada yang masuk dalam kategori pulau terbesar di dunia loh. Penasaran? Yuk simak penjelasannya.

Pulau Terbesar di Dunia Ada di Indonesia

Terdapat kurang lebih 180.497 pulau di dunia. Dari sekian banyak pulau tersebut, terdapat beberapa pulau besar dengan luas wilayah lebih dari 190.000 km2. Beberapa pulau terbesar tersebut bahkan di miliki oleh Indonesia. Berikut adalah daftar pulau terbesar di dunia yang juga ada di Indonesia.

1. Pulau Greenland

Pulau terbesar di dunia
Gambar oleh Bernd Hildebrandt dari Pixabay

Greenland menjadi pulau terbesar di dunia pertama dengan luas wilayah sebesar 2.175.600 km2. Pulau ini dapat terlihat dengan jelas pada globe karena posisinya yang berada di ujung bumi. Greenland masuk ke dalam wilayah Kerjaaan Denmark dan berada di Benua Amerika Utara. Pulau ini sendiri berada di antara Samudra Atlantik dan Arktik. Meskipun wilayah datarannya sangat luas, namun 80% kawasan ini masih ditutupi oleh es dan glester. Populasi penduduknya sendiri masih sebesar 57.600 orang saja.

2. Pulau Papua

Pulau terbesar di dunia
Photo by Stijn Dijkstra from Pexels

Indonesia patut bangga karena pulau terbesar di dunia yang ke dua berada di wilayah teritorinya. Pulau tersebut adalah Pulau Papua dengan luas 786.000 km2, meliputi Papua Nugini dan Papua yang berada di bawah otoritas pemerintah Indonesia. Pulau Papua sendiri dikenal karena kekayaan alamnya yang tak terbatas. Salah satunya adalah pertambangan yang sejak lama dikelola oleh PT. Freeport asal Amerika. Salah satu gunung tertinggi di Indonesia, yakni Puncak Jayawijaya juga ada di pulau ini.

3. Pulau Kalimantan

pulau terbesar di dunia
Gambar oleh WikiImages dari Pixabay

Posisi ketiga sebagai pulau terbesar di dunia diduduki oleh Pulau Kalimantan. Pulau ini menjadi salah satu pulau yang unik karena kita dapat menemukan tiga negara sekaligus di dalamnya, yakni Indonesia, Malaysia, dan Brunei Darussalam. Sebutan Kalimantan sendiri tidak terlalu familier bagi dua negara lain. Secara umum pulau ini lebih dikenal dengan nama Borneo, sebuah nama yang berikan dan dipakai oleh kolonial Belanda dan Inggris. Sebutan Pulau Kalimantan hanya nama yang digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Dengan luas hingga 743.330 km2, Kalimantan tak hanya luas tetapi juga memiliki segudang kekayaan alam. Banyaknya kawasan hutan hujan tropis di Kalimantan menjadikannya kaya akan tanaman kayu serta rotan. Selain itu, Kalimantan juga terkenal akan hasil bumi berupa pertambangan, seperti minyak bumi, batu bara, hingga intan. Salah satu kekayaan alam pulau ini yang banyak dimanfaatkan oleh Indonesia adalah industri kelapa sawitnya yang sudah mendunia.

4. Pulau Madagaskar

pulau terbesar di dunia
Oleh: https://kumparan.com/

Pulau terbesar di dunia yang keempat adalah Pulau Madagaskar. Kalian mungkin sudah cukup familiar dengan nama Madagaskar, terutama setelah kemunculan film kartun animasi binatang yang berjudul serupa. Madagaskar merupakan salah satu pulau terbesar dengan luas 587.041 km2. Terletak di wilayah Benua Afrika, Madagaskar berada di wilayah teritori satu negara saja yaitu Madagaskar. Wilayah Madagaskar bisa disebut sebagai wilayah yang cukup terisolir selama ratusan juta tahun tanpa banyak perubahan akibat aktivitas lempeng tektonik. Oleh karenanya, wilayah ini memiliki flora dan fauna yang sangat khas dan sulit ditemukan di wilayah lainnya.

5. Pulau Baffin

pulau tebesar di dunia
Oleh: https://www.wildfoottravel.com/

Pulau Baffin memiliki luas 507.541 km2 dan berada di wilayah Negara Kanada. Meskipun berada di bawah wilayah Kanada, pulau ini secara geografis berada di wilayah Benua Amerika Utara. Nama Baffin sendiri diambil dari nama akhir seorang penjelajah asal Britania Raya yang menemukan pulau tersebut, William Baffin.

6. Pulau Sumatera

Pulau terbesar di dunia
Oleh: http://www.orangesmile.com/

Pulau terbesar di dunia selanjutnya juga berada di Indonesia, yakni Pulau Sumatera. Pulau yang terletak di sebelah barat Indonesia ini memiliki luas wilayah sebesar 443.065 km2. Pulau terbesar ke enam ini juga diberi nama pulau Andalas atau Suwarnadwipa yang artinya pulau emas. Salah satu keunikan pulau ini adalah percampuran budaya yang ada di dalamnya. Penduduk Pulau Sumatera berasal dari akulturasi beberapa suku yakni Jawa, Melayu, hingga Arab. Tak heran, pulau ini juga memiliki olahan makanan yang khas berdasarkan akulturasi antar suku tersebut.

Dari 6 pulau terbesar di dunia yang telah disebutkan di atas, masih ada pulau-pulau besar lainnya. Diantaranya adalah Pulau Honsu, Victoria, Ellesmere, hingga Pulau Jawa dan Sulawesi di dalamnya. Menariknya lagi, beberapa pulau besar tersebut ada di negeri kita sendiri, Indonesia.

Leave a Reply