Jangan Sampai Tertukar! Ini Dia Ciri Khas Kucing Savannah

Pernahkah kalian melihat seekor kucing kecil yang memiliki perawakan seperti macan? Ya, itulah yang disebut dengan jenis kucing savannah. Kucing yang satu ini sangat spesial. Pasalnya, ukuran tubuh savannah lebih besar dibandingkan dengan kucing pada umumnya dengan gerak yang lebih gesit layaknya seekor macan. Penampilannya sangat eksotis dan karena itulah kucing ini menjadi incaran banyak pecinta kucing. Penasaran ingin kenal lebih dekat? Ini dia info lengkapnya.

Asal Mula Kucing Savannah

Seorang breeder kucing asal Amerika Serikat bernama Judee Frank, mengawinkan kucing serval jantan dengan kucing siam betina. Dari persilangan ini lahirlah seekor ras kucing baru yang kemudian dikenal dengan nama savannah.

Pemberian nama Savannah merujuk pada habitat asli kucing pejantan yaitu dari daerah padang rumput atau sabana. Kucing ini berkembang dengan baik dan banyak diburu oleh pecinta kucing pada akhir tahun 1990an.

Seiring dengan perkembangan waktu, breeding Savannah tidak hanya terbatas pada perkawinan serval dan siam saja. Namun, persilangan Serval dengan ras Bengal dan egyptian juga bisa menghasilkan kucing Savannah.

Ciri-ciri Kucing Savannah

Kucing Savannah merupakan salah satu ras kucing yang harganya sangat menjulang. Bahkan tidak sedikit yang harganya mencapai puluhan juta rupiah. Bagi kalian yang berminat untuk memelihara jenis kucing ini, sebaiknya kenali terlebih dahulu ciri-cirinya secara mendalam.

Berikut ini adalah ciri kucing savannah yang harus kalian ketahui, yaitu :

1. Bertubuh Tinggi, Panjang, dan Ramping

kucing savannah

Gambar Oleh: https://www.savannahcat.de/

Kucing ini memiliki tubuh yang tinggi dan panjang dengan bentuk yang kompak dan ramping. Bahkan, Savannah dinobatkan oleh Guinness World Records sebagai kucing terpanjang di dunia. Ukuran panjangnya bisa mencapai 44 cm.

2. Gerakan Gesit

kucing savannah

Gambar Oleh: https://news.calderdale.gov.uk/

Karena tubuhnya yang ramping dan lentur, gerakan kucing ini sangat gesit. Berbeda dengan kucing pada umumnya yang bergerak lambat dan gemulai, gerakan savannah lebih mirip dengan gesitnya gerakan macan.

3. Memiliki Kaki yang Panjang

kucing savannah

Gambar Oleh: https://www.pawsomecouture.com/

Kakinya cukup panjang, kuat dan berotot. Tidak heran jika kucing ini bisa berlari dengan cepat dan menjadi pemburu yang handal. Savannah memiliki sebuah ciri unik yaitu ukuran kaki depannya sedikit lebih pendek dibandingkan kaki belakang.

4. Memiliki Bulu yang Tebal

kucing savannah

Gambar Oleh: https://savannahcatbreed.com/

Bulu kucing ini tidak terlalu panjang namun lebat. Savannah memiliki banyak kombinasi warna bulu yang diakui oleh TICA (The International Cat Association) yaitu hitam tutul, hitam asap tutul, coklat tabby tutul dan perak tabby tutul.

5. Memiliki Telinga Berbentuk Segitiga

kucing savannah

Gambar Oleh: https://www.thehappycatsite.com/

Telinga kucing Savannah berbentuk segitiga yang berdiri tegak. Telinga tegak ini sebagai penanda bahwa kucing savannah selalu dalam kondisi siaga dan waspada.

6. Memiliki Gigi dan Taring yang Tajam

kucing savannah

Gambar Oleh: http://www.f1hybridssavannahcats.com/

Hampir mirip dengan seekor macan, Savannah juga memiliki gigi dan taring yang tajam. Tak heran jika ada yang memanggil kucing ini dengan sebutan macan kecil.

7. Berotak Cerdas

kucing savannah

Gambar Oleh: https://newscolony.com/

Savannah memiliki otak yang cukup cerdas. Itulah mengapa kucing ini cukup mudah dilatih untuk mempelajari gerakan atau trik tertentu. Selain itu, mereka juga memiliki rasa ingin tahu yang besar sehingga senang dengan hal-hal baru.

8. Tidak Takut Air

kucing savannah

Gambar Oleh: https://3milliondogs.com/

Berbeda dengan kucing pada umumnya yang kebanyakan takut dan enggan dekat dengan air, savannah justru sangat suka bermain-main dengan air. Kucing ini suka bermain di genangan air dangkal, kolam atau bahkan air hujan.

9. Kucing yang Penurut

kucing savannah

Gambar Oleh: https://www.disktrend.com/

Savannah juga merupakan salah satu jenis kucing yang penurut. Kadang kala, kalian akan menemukan sikap malu-malunya. Namun di sisi lain, kucing ini juga akan bersikap hiperaktif. Secara keseluruhan, savannah termasuk hewan yang patuh terhadap pemiliknya.

10. Aktif dan Energik

kucing savannah

Gambar Oleh: https://id.pinterest.com/

Kucing Savannah termasuk kucing yang aktif dan energik. Itulah mengapa pemiliknya harus selalu mengajak kucing ini beraktivitas supaya instingnya selalu terjaga. Biasanya kucing ini akan dibawa berjalan-jalan di sore hari agar tidak jenuh berada di ruang terbatas.

Itulah beberapa ciri kucing Savannah yang perlu kalian ketahui sebelum memutuskan untuk membelinya. Pastikan tidak keliru memilih karena kucing yang satu ini sangat istimewa. Jangan lupa untuk melakukan perawatan menyeluruh, memperhatikan kesehatan tubuh dan lingkungan supaya kucing Savannah kalian tetap sehat dan aktif.

Leave a Reply