Yuk, Cari Tahu Ciri Khas Mangga Manalagi dan Kandungannya!

Mangga merupakan salah satu jenis buah tropis yang tumbuh subur di Indonesia dan memiliki banyak sekali varietas. Salah satunya adalah mangga manalagi yang banyak diminati karena rasanya yang manis.

Seperti halnya jenis mangga lain, mangga yang satu ini memiliki keunikan baik dalam rasa, wangi dan kekhasan lainnya. Ingin tahu lebih banyak tentang varietas mangga yang satu ini? Berikut penjelasannya.

Ciri-ciri Mangga Manalagi

Mangga manalagi memiliki sejarah pemberian nama yang sedikit unik. Nama manalagi diambil dari ungkapan ketagihan oleh orang-orang yang pernah mencobanya. Jenis mangga yang mereka makan ini ternyata sangat manis dan berbau harum. Karena itulah mereka meminta lagi dan lagi.

Manalagi memiliki rasa yang merupakan perpaduan dari mangga arummanis dan mangga golek. Ukuran buahnya tidak terlalu besar, bahkan ada yang berukuran kecil. Secara umum, ukuran mangga manalagi tidak berbeda jauh dengan ukuran mangga madu.

Baca Juga  Ayo, Belajar Memilah Sampah Organik dan Anorganik!

Berikut ini adalah ciri-ciri dari mangga manalagi, yaitu :

1. Tinggi Pohon

mangga manalagi

Gambar Oleh: https://bibitbunga.com/

Tinggi pohon mangga manalagi tidak lebih dari 8 meter. Kerimbunan daunnya membentuk mahkota bulat dengan diameter sekitar 12 meter.

2. Bentuk Daun

mangga manalagi

Gambar Oleh: https://lifestyle.okezone.com/

Daun mangga ini memiliki bentuk lonjong dan meruncing di bagian ujungnya. Bagian pangkalnya agak lebar. Panjang daun berukuran sekitar 25 cm dengan lebar sekitar 7,5 cm. Bagian permukaan daun nampak sedikit berombak.

3. Ukuran Buah

mangga manalagi

Gambar Oleh: https://www.idntimes.com/

Buah mangga manalagi memiliki kulit yang agak tebal. Di permukaannya, terdapat bintik-bintik putih. Bintik-bintik putih ini akan berubah menjadi cokelat pada bagian tengahnya jika mangga sudah cukup matang.

4. Ukuran Biji Mangga

mangga manalagi

Gambar Oleh: https://www.tokopedia.com/

Ukuran biji buah mangga manalagi adalah sekitar 14 cm. Biji buah ini dikelilingi oleh serat-serat pendek.

5. Rasa Buah

mangga manalagi

Gambar Oleh: https://plesirankuliner.com/

Daging buah mangga manalagi sangat tebal, seratnya halus, mengadung sedikit kadar air, warnanya kuning dan teksturnya lunak. Rasa buah ini sangat manis, hampir tanpa rasa asam, segar, dengan aroma yang harum. Bahkan, buah yang setengah masak pun tidak terasa asam sama sekali.

Baca Juga  Yuk, Kenali Apa Saja Penyebab Banjir!

6. Tahan Lama

mangga manalagi

Gambar Oleh: https://www.tokopedia.com/

Mangga manalagi termasuk dalam mangga yang cukup awet. Mangga ini tidak mudah busuk dalam jangka waktu pendek. Singkatnya, manalagi termasuk mangga yang tahan lama setelah masa panen.

Kandungan Buah Mangga Manalagi

Mangga termasuk salah satu jenis buah yang kaya akan serat, termasuk mangga manalagi. Kandungan gizi pada buah mangga cukup tinggi. Buah ini bahkan dapat membantu menyeimbangkan gula darah, menurunkan kolesterol jahat, dan meningkatkan kolesterol baik dalam darah.

Berikut ini adalah beberapa kandungan yang ada dalam buah mangga manalagi. Diantaranya adalah :

1. Mineral

Mangga manalagi mengandung banyak sekali mineral yang baik untuk tubuh. Dalam 100 gram manalagi, terdapat :

  • 1,0 miligram Zat Besi
  • 4 mikrogram Betacaroten
  • 23 miligram Fosfor
  • 161 miligram Kalium
  • 20 miligram Kalsium
  • 70 miligram Natrium
  • 0,6 miligram Niasin

2. Vitamin

Selain mineral, mangga manalagi juga mengandung vitamin terutama vitamin B1 dan vitamin C. Dalam 100 gram mangga manalagi, terdapat 0,07 miligram vitamin B1 dan 61 miligram vitamin C. Itulah mengapa mangga disebut-sebut sebagai sumber vitamin C paling baik.

Baca Juga  Dari Mana Asal Budaya Ngabuburit? Cari Tahu, Yuk!

3. Serat

Serat adalah kandungan yang baik untuk kesehatan sistem pencernaan tubuh kita. Oleh sebab itu, disarankan untuk selalu memasukkan buah dalam menu makanan kita. Mangga manalagi mengandung 11,8 gram serat dalam setiap 100 gramnya. Sangat banyak bukan?

4. Protein

Dalam 100 gram, kalian akan mendapatkan 1 gram protein dari buah mangga ini. Angka ini cukup bagus untuk menambah porsi protein harian kalian, lho!

5. Lemak

Tidak perlu khawatir akan bertambah berat badan saat mengonsumsi buah mangga manalagi. Setiap kalian mengonsumsi 100 gram mangga manalagi hanya akan menambah 0,1 gram lemak ke dalam tubuh. Karena itu, mangga ini disarankan untuk diet.

6. Karbohidrat

Meskipun kandungan lemaknya rendah, kandungan karbohidrat dalam mangga cukup tinggi yaitu 32,1 gram per 100 gram mangga. Itulah mengapa kalian akan cepat merasa kenyang saat memakan buah mangga ini.

Itulah beberapa informasi tentang mangga manalagi yang perlu kalian ketahui. Mangga yang satu ini menjadi buah lokal andalan kota Probolinggo dan Situbondo Jawa Timur. Kira-kira Teman-Teman sudah pernah mencoba makan buah mangga manalagi, belum? Dijamin pasti akan terus ketagihan!

Leave a Reply

error: Isi artikel ini dilindungi !!