Inilah 5 Ide Kado Ulang Tahun Unik untuk Anak dan Cara Menentukannya

Memberikan kado ulang tahun untuk anak harus dipertimbangkan dengan sebaik-baiknya. Selain lucu dan unik, kado tersebut juga harus bermanfaat. Terutama bagi tumbuh kembang si anak, agar menjadi anak yang sehat secara mental. Bagi Anda yang kini sedang bingung, sontek 5 ide kado ulang tahun unik untuk anak di bawah ini. Selain unik, kado-kado berikut ini juga bermanfaat dan yang pasti anak-anak akan menyukainya.

5 Ide Kado Ulang Tahun Unik untuk Anak

1. Alat makan kayu lucu

kado ulang tahun anak

Anak-anak, apalagi yang usia di bawah 5 tahun paling suka dengan benda-benda yang berbentuk lucu dan menggemaskan. Salah satu ide kreatif kado ulang tahun anak-anak yang selain unik tapi juga bermanfaat adalah alat makan kayu berbentuk karakter lucu. Kado semacam ini sangat cocok diberikan kepada anak-anak yang memiliki masalah susah makan.

Dengan makan menggunakan alat makan kayu berbentuk lucu, anak-anak pasti akan penasaran dan menyukainya. Selain unik dan bermanfaat, kado berupa alat makan ini juga aman, karena terbuat dari fay wood. Ada beragam jenis karakter yang bisa Anda pilih dan tentukan sesuai dengan jenis kelamin dan karakter favorit anak-anak, seperti Hello Kitty, Mickey Mouse, Doraemon, dan lain sebagainya.

2. Painting Kit dan Peg Doll dari kayu

kado unik buatan sendiri

Rata-rata usia anak-anak paling suka dengan kegiatan mencoret-coret. Daripada mencoret-coret di tembok, pintu, atau bagian rumah yang seharusnya bersih, berikan saja kado anak unik dan bermanfaat berupa painting kit dan peg doll. Selain berbentuk lucu dan pasti berguna, kado semacam ini juga dapat digunakan untuk mengasah kemampuan daya kreativitas anak.

Keamanannya terjamin, karena terbuat dari kayu. Painting kit dilengkapi dengan dua buah boneka kayu berbentuk polos dengan ukuran 9.5 cm. Selain itu, peralatan menggambar ini juga dilengkapi dengan 10 warna cat akrilik dan satu buah kuas.

3. Permainan balok edukatif

kado untuk suami

Usia anak-anak memang perlu diberikan fasilitas dengan permainan-permainan yang dapat mengasah otak. Jika Anda sedang bingung mencari kado ulang tahun anak unik dan edukatif, permainan balok adalah jawaban yang tepat. Permainan ini selain seru, juga sangat bermanfaat untuk mengasah daya kreativitas otak dalam memecahkan masalah untuk membentuk karakter atau bentuk. Ada beragam macam permainan balok edukatif yang dapat Anda pilih, seperti Lego Duplo, Megablocks dan lainnya.

4. Board book

kado ulang tahun untuk priaPhoto by mentatdgt from Pexels

Buku selalu menjadi kado terindah untuk semua orang. Tidak hanya orang dewasa, tapi juga anak-anak. Namun dalam pemilihan jenis buku tentu disesuaikan dengan kebutuhan dan usia. Untuk anak-anak, jenis buku terbaik sebagai kado adalah board book. Buku semacam ini memiliki sedikit tulisan dengan banyak gambar. Ingat bahwa anak-anak akan lebih senang dan tertarik dengan sesuatu yang bersifat visual. Board book bisa menjadi sarana bagi anak untuk belajar mengenal huruf. Selain itu, Anda juga dapat membacakan buku tersebut bersama si kecil.

Perbedaan buku biasa dengan board book adalah bahannya yang terbuat dari karton tebal. Biasanya buku semacam ini hanya terdiri dari 1-2 kalimat saja per tiap halaman. Jangan khawatir dengan keaktifan anak-anak, sehingga akan membuat buku menjadi cepat rusak atau sobek. Board book ini tahan lama dan awet, karena terbuat dari karton yang tebal. Jadi, walaupun sering dibuka- tutup atau dimainkan, buku ini tetap dapat bertahan lama.

5. Tenda bola

bola bola
Photo by Silvia Trigo from Pexels

Baik anak perempuan maupun anak laki-laki, sebagian besar mereka suka bermain dengan tenda. Tenda bola bukanlah tenda biasa yang digunakan untuk berkemah. Tapi tenda ini sangat unik, karena khusus digunakan untuk belajar anak-anak, terutama untuk meningkatkan daya imajinasi. Meningkatkan daya imajinasi pada anak sangat penting. Selain itu, menggunakan media tenda bola ini anak-anak juga dapat melatih segi keterampilan motorik dan emosional mereka pada saat bermain bersama teman-temannya.

Diberi nama tenda bola, karena tenda ini biasanya digunakan untuk anak-anak bermain dengan bola-bola di dalamnya. Bola-bola tersebut berbentuk kecil dan berwarna-warni sehingga anak-anak pasti menyukainya. Selain tenda bola, Anda juga dapat memberikan kado ulang tahun unik untuk anak berupa tenda terowongan super tent, tenda berkarakter seperti mobil, kastil, dan tenda kotak lucu.

3 Hal yang Perlu Dipertimbangkan dalam Memilih Kado Untuk Anak

Memberikan kado ulang tahun anak yang unik dan lucu sekilas memang sudah menjadi keputusan yang terbaik. Tapi belum tentu, karena Anda perlu memikirkan beberapa hal dan mempertimbangkannya, agar hadiah untuk anak tersebut benar-benar cocok untuknya. Berikut ini beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih kado untuk anak-anak:

1. Usia

Jika hendak memberikan seseorang, umur perlu dipertimbangkan. Terlebih lagi kado ulang tahun untuk anak-anak. Agar kado tersebut sesuai dengan usia, Anda perlu mengetahui klasifikasi kebutuhan kado sesuai dengan umur anak-anak, yaitu:

  • Anak umur 1 tahun

Hindari memberikan kado dengan bentuk yang terlalu besar maupun terlalu kecil untuk anak usia 1 tahun. Kado berupa benda yang terlalu kecil akan membuatnya sangat mudah untuk memasukkannya ke dalam mulut. Sementara mainan yang terlalu besar pasti akan memberatkannya pada saat mengambil maupun menggerakkannya melalui tangan mungilnya. Bahan kado juga harus diperhatikan. Pilihlah kado yang berbahan lunak, seperti plastik atau karet.

  • Anak umur 2 tahun

Kado terbaik untuk anak usia 2 tahun adalah mainan yang dapat didorong dan ditarik. Karena pada usia ini, anak mulai mengembangkan motoriknya. Mainan yang dapat ditarik dan didorong dapat membantu anak-anak melatih motorik dan ototnya.

  • Anak umur 3 tahun

Pada usia 3 tahun, anak-anak telah memiliki kontrol dan koordinasi tubuh yang baik. Oleh sebab itu, Anda sudah bisa memberikan kado ulang tahun untuk anak usia 3 tahun berupa mainan, seperti sepeda roda tiga, mobil-mobilan, atau peralatan masak-masakan.

  • Anak umur 4 tahun

Saat Anda akan memberikan kado kepada anak usia 4 tahun, pilihlah kado yang dapat mengasah kemampuan otak. Anak usia 4 tahun rata-rata telah memiliki kemampuan otak yang lebih berkembang. Puzzle sederhana dengan 10-20 kepingan dapat dijadikan sebagai kado untuk anak dalam usia tersebut. Sementara untuk anak usia lebih dari 5 tahun, pilihan kado menjadi lebih bervariasi.

2. Jenis kelamin

Menentukan kado ulang tahun untuk anak perlu dipikirkan matang-matang. Salah satunya adalah jenis kelamin. Kado untuk anak perempuan dengan anak laki-laki tentu berbeda. Apalagi jika umurnya telah lebih dari 2 tahun. Permainan dakon (alat untuk permainan congklak) lipat kayu bermotif batik mungkin menjadi salah satu kado unik untuk anak perempuan, namun tidak untuk anak laki-laki. Anak laki-laki akan lebih pas jika menerima kado berupa mobil-mobilan.

3. Kebutuhan

Selain harus mempertimbangkan usia dan jenis kelamin, pada saat memilih hadiah untuk anak-anak, Anda perlu memikirkan kebutuhan mereka. Seperti orang dewasa, kebutuhan anak satu dengan yang lainnya mungkin akan berbeda. Kebutuhan tersebut erat kaitannya dengan hobi, kegemaran, kesukaan, dan favorit anak-anak.

Setiap anak, satu dan lainnya akan berbeda kebutuhan. Misalnya anak satu menyukai berenang, maka kolam renang mini sangat cocok sebagai kado. Sementara yang lainnya lebih suka bermain yang berhubungan dengan bola, maka berikanlah kado benda-benda yang berhubungan dengan permainan bola, seperti bola kaki, bola tenis, bola basket, atau bola bekel untuk perempuan.

Memilih kado untuk anak-anak memang gampang-gampang susah. Anda perlu memikirkannya dengan cermat. Tidak hanya bentuknya yang lucu, kado tersebut juga haruslah bermanfaat untuk tumbuh kembang anak. 5 ide kado ulang tahun unik untuk anak di atas dapat Anda sontek. Selain unik dan lain dari biasanya, kado-kado tersebut juga sangat bermanfaat untuk perkembangan anak-anak.

Baca Juga Artikel Lainnya.

Leave a Reply