Ini Dia Manfaat Tanaman Cocor Bebek! Cari Tahu, Yuk!

Tanaman cocor bebek bukan hanya sekedar tanaman hias untuk memperindah tampilan rumah kalian, lho! Ternyata tanaman ini memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan ataupun kecantikan.

Bagi kalian yang memiliki cocor bebek liar dan tidak terurus di sekitar rumah, ada baiknya segera dirawat dengan baik. Tanaman ini akan sangat berguna dan bisa memberikan manfaat mengejutkan. Kalian pasti akan tertarik untuk memanfaatkannya. Penasaran dengan manfaat dan keuntungannya? Yuk, simak bersama!

Kegunaan Tanaman Cocor Bebek

Tanaman cocor bebek merupakan jenis tanaman sukulen yang mudah sekali tumbuh di sekitar rumah. Mereka bisa tumbuh subur meskipun tidak dirawat dengan baik. Cocor bebek termasuk jenis tanaman herbal yang bisa dipergunakan untuk mengobati beberapa penyakit tertentu.

Berikut ini adalah manfaat yang bisa kalian dapatkan dari tanaman cocor bebek, yaitu :

1. Sebagai Antiseptik

tanaman cocor bebek

Gambar Oleh: https://www.idnjurnal.com/

Tanaman ini memiliki kandungan antibakteri dan antiinflamasi. Karena itulah, cocor bebek cocok dipergunakan sebagai antiseptik alami. Tanaman ini dapat dipakai untuk menyembuhkan luka.

Baca Juga  Congklak, Permainan Seru yang Mulai Terlupakan

Sifat antibakterinya akan mencegah timbulnya infeksi pada luka. Cara memakainya adalah dengan membalurkan tumbukan beberapa helai daun cocor bebek yang sudah ditumbuk halus lalu biarkan tumbukan daun selama beberapa jam diatas luka.

2. Menurunkan Demam

tanaman cocor bebek

Gambar Oleh: https://www.freepik.com/

Kalian juga bisa menggunakan daun cocor bebek untuk mengompres ketika sakit demam. Caranya adalah dengan melumatkan 2-4 lembar daun cocor bebek dan menempelkannya di dahi.

3. Mengurangi Sakit Kepala

tanaman cocor bebek

Gamabr Oleh: https://www.freepik.com/

Tahukah kalian bahwa daun cocor bebek aman untuk dikonsumsi tanpa harus dimasak terlebih dahulu? Daun ini bahkan mengandung magnesium, asam fomiat, kalsium dan glukosida yang dapat meredakan nyeri sakit kepala.

Kalian bisa mengunyahnya secara langsung untuk meredakan sakit kepala. Namun jika rasanya agak aneh, kalian bisa merebusnya terlebih dahulu. Air rebusan bisa diminum dan daunnya bisa dimakan seperti makan lalapan.

4. Meredakan Sakit Gigi

tanaman cocor bebek

Gambar Oleh: https://www.freepik.com/

Salah satu jenis penyakit yang paling mengganggu aktivitas harian adalah sakit gigi. Bagian tubuh lain yang tidak sakit akan ikut terasa sakit dan tidak nyaman. Oleh sebab itu, kalian harus selalu sedia daun cocor bebek di rumah.

Baca Juga  Makanan Fermentasi itu Apa, Ya? Cari Tahu, Yuk!

Tanaman ini bisa digunakan untuk obat sakit gigi. Caranya adalah dengan menumbuk beberapa lembar daun cocor bebek dan menempelkannya pada pipi di atas gigi yang sedang sakit. Rasa nyilu dan nyeri pada gigi akan berkurang sedikit demi sedikit.

5. Menghilangkan Jerawat

tanaman cocor bebek

Gambar Oleh: https://www.freepik.com/

Untuk menghilangkan jerawat, kalian membutuhkan bahan yang mengandung antibakteri dan antiinflamasi. Dua sifat ini terkandung dalam daun cocor bebek. Bakteri penyebab jerawat akan hilang dengan sifat antibakteri daun ini.

Cara menggunakan tanaman cocor bebek sebagai obat jerawat adalah dengan memakainya seperti masker. Tumbuk beberapa helai daun cocor bebek dan campurkan air mawar. Gunakan sebagai masker selama beberapa jam lalu bilas dengan air hangat.

6. Mempercepat Pengeringan Bisul

tanaman cocor bebek

Gambar Oleh: https://bobo.grid.id/

Bisul yang tumbuh di bagian tubuh mana saja pasti akan membuat kalian tidak nyaman, apalagi jika tumbuh di daerah wajah atau bagian sensitif lain. Untuk mempercepat pengeringannya, kalian bisa memanfaatkan tumbukan daun cocor bebek.

Baca Juga  Yuk, Cari Tahu Ciri Khas Mangga Manalagi dan Kandungannya!

Haluskan 7 sampai 8 lembar daun cocor bebek dan tambahkan beberapa sendok madu dan air hangat. Minum ramuan daun cocor bebek tersebut. Ramuan ini akan bekerja sebagai antiseptik dari dalam tubuh. Sisanya bisa dibalurkan pada bisul untuk mempercepat pengeringan.

7. Mengatasi Sembelit

tanaman cocor bebek

Gambar Oleh:
https://thegorbalsla.com/

Sembelit juga bisa diatasi dengan tanaman cocor bebek, lho! Caranya, keringkan beberapa lembar daun cocor bebek dan seduh seperti saat membuat teh. Campurkan madu supaya khasiatnya lebih efektif. Kalian bisa mengonsumsi teh daun cocor bebek di pagi hari untuk memperlancar BAB.

8. Meningkatkan Kepadatan Tulang

tanaman cocor bebek

Gambar Oleh: https://tanahkaya.com/

Daun cocor bebek juga bisa dipakai sebagai suplemen untuk kepadatan tulang kalian. Perlu diketahui, kandungan magnesium dan kalsium pada daun ini cukup tinggi. kalian bisa memakannya sebagai lalapan baik dalam keadaan mentah ataupun setelah direbus.

Itulah beberapa manfaat menguntungkan dengan memelihara tanaman cocok bebek. Tanaman ini mungkin terlihat biasa jika tumbuh secara liar namun akan nampak indah jika dirangkai dalam pot tanaman hias. Selain itu, cocor bebek dapat dimanfaatkan sebagai salah satu tanaman herbal untuk keluarga. Jadi, pastikan kalian selalu sedia cocor bebek di rumah, ya!

Leave a Reply

error: Content is protected !!