Seperti Apa Kemegahan Masjid Terbesar di Dunia? Ayo, Kita Lihat!

Masjid merupakan tempat ibadah bagi umat muslim. Semua kegiatan yang berhubungan dengan ibadah seperti shalat, mengaji, melakukan kajian dan lain sebagainya dilakukan di dalam masjid. Sebagai sarana atau tempat beribadah, banyak orang yang kemudian berbondong-bondong untuk mempercantik dan memperindah tempat ibadahnya agar selalu merasa betah melakukan aktivitas di dalamnya. Tahukah Anda masjid-masjid yang terbesar dan termegah di dunia? Berikut ini ulasannya.

1. Masjid Al-Haram, Mekkah, Arab Saudi

masjid terbesar di dunia

Oleh: http://topmosqueintheworld.blogspot.com

Tidak bisa dipungkiri, Masjid Al-haram adalah masjid paling besar dan paling megah yang ada di dunia. Masjid Al-haram memiliki luas yang tidak main-main yaitu 4.008.020 meter persegi atau 990,40 hektar. Luas tersebut meliputi ruang dalam dan luar termasuk serambi. Masjid ini dirindui oleh hampir seluruh umat islam di dunia. Masjid Al-haram merupakan simbol perjalanan haji dan umroh. Jika musim haji tiba, masjid ini mampu menampung jamaah hingga empat juta orang.

Desain interior masjid Al-haram sudah tidak diragukan lagi keindahannya. Melihatnya dari kejauhan saja sudah tampak begitu indah, apalagi jika Anda berada di dalam masjid ini. Di dalam Masjid Al-haram, Anda akan menemui ka`bah yang menjadi pusat atau arah kiblat bagi seluruh umat muslim di dunia.

2. Masjid al-Nabawi, Madinah, Arab Saudi

masjid terbesar di dunia

Oleh: https://www.islamiclandmarks.com

Masjid ini adalah masjid terbesar kedua di dunia. Masjid ini dibangun langsung oleh Nabi Muhammad SAW. Masjid ini mampu menampung jamaah hingga satu juta orang. Luasnya mencapai 100 ribu meter persegi. Batu granit dan marmer menghiasi hampir sebagian besar masjid ini. Sejumlah pilar beton membuat masjid ini tampak kokoh dan tangguh. Al-Nabawi terdiri dari dua lantai yang sudah dilengkapi dengan eskalator sebagai penghubungnya.

3. Masjid Al-Aqsa, Palestina

masjid terbesar di dunia

Oleh: https://www.wikidata.org

Masjid Al-Aqsa terletak di negara palestina tepatnya berada di kota lama Yerussalem. Masjid ini menjadi masjid ketiga yang menjadi saksi bersejarah perkembangan agama Islam. Masjid ini bisa menampung sekitar 5000 jamaah. Masjid Al-Aqsa memiliki desain dinding yang cukup unik dan mengandung nilai seni yang tinggi. Kubahnya berwarna emas dan menjulang tinggi dengan kokoh.

4. Masjid Imam Reza, Iran

masjid terbesar di dunia

Oleh: https://rumahulin.com

Tidak hanya di Arab Saudi, negara Iran juga memiliki salah satu masjid yang berukuran sangat besar. Masjid Imam Reza terletak di wilayah Mashhad. Masjid ini dinamakan Masjid Imam Reza karena di dalamnya ada komplek pemakaman Imam Reza yaitu Imam Syiah Imamiyah ke delapan. Masjid ini berdiri di atas lahan seluas 598.657 meter persegi atau 6.443.890 kaki. Kaligrafi dan hiasan dindingnya merupakan yang tercantik yang pernah ada. Saking luasnya, area masjid ini tidak dipergunakan sebagai tempat ibadah saja, namun Anda bisa menemui perpustakaan, museum, makam, ruang peziarah dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, masjid ini sering dijadikan destinasi wisata oleh orang-orang yang berkunjung ke Iran.

5. Masjid Faisal, Pakistan

masjid terbesar di dunia

Photo by Syed Bilal Javaid on Unsplash

Berada di kaki bukit Margalla di Islamabad, Pakistan, masjid ini mengadopsi gaya tenda milik suku Badui yang dikolaborasikan dengan gaya modern. Masjid Faisal memiliki luas 5000 meter persegi dan bisa menampung hingga 300 ribu jamaah. Masjid Faisal memiliki empat menara yang berdiri megah dengan tinggi 80 meter. Menara ini disebut sebagai menara masjid yang paling tinggi di wilayah Asia Selatan.

6. Masjid Badshahi, Lahore, Pakistan

masjid terbesar di dunia

Oleh: http://www.ihistory.co

Setelah Masjid Faisal, Pakistan juga mempunyai masjid terbesar di dunia yaitu Masjid Badshahi. Masjid ini juga bisa menampung 10 ribu jamaah di ruang utama sedangkan pada bagian halaman dapat menampung100 ribu jamaah. Masjid Badshahi mengadopsi gaya sebuah masjid di India. Perancang masjid ini terinspirasi oleh karya seni Islam di wilayah Persia, Asia dan sebagian India. Masjid ini memiliki menara yang tingginya mencapai 60 meter di keempat sisinya, Masjid Badshahi menjadi salah satu tujuan wisata yang menarik untuk dikunjungi.

7. Masjid Hassan II, Maroko

Masjid Hassan II terletak di tepi laut. Lokasinya yang bersandingan dengan laut membuat masjid ini terlihat sangat megah. Berdiri di atas lahan seluas hampir 9 hektar, masjid ini bak istana yang berada di atas lautan. Masjid Hassan ini selesai pada tahun 1993. Menggunakan arsitek bernama Michel Pinseau, sebuah menara setinggi 210 meter semakin melengkapi keindahan dan kemegahan masjid yang satu ini. Dari komplek masjid ini, Anda bisa memandang ke Samudera Atlantik yang mempesona.

8. Masjid Istiqlal, Indonesia

masjid terbesar di dunia

Photo by Rezky Ramadhani on Unsplash

Ini dia masjid kebanggaan umat Muslim di Indonesia. Masjid Istiqlal berlokasi di ibukota negara Indonesia yaitu Jakarta. Masjid ini dibangun untuk memperingati kemerdekaan yang telah berhasil diraih oleh bangsa Indonesia. Masjid Istiqlal berdiri di atas lahan seluas 9.32 hektar, namun luas bangunan utamanya hanya sekitar 26 persen. Sisa luas tanahnya dipergunakan sebagai halaman dan taman. Masjid ini merupakan masjid terbesar di wilayah Asia Tenggara dan memiliki menara yang indah dan menjulang tinggi. Masjid Istiqlal sering dipergunakan untuk acara-acara keagamaan seperti pengajian akbar karena mampu menampung jamaah hingga 200 ribu jamaah.

9. Masjid-i Jahan-Numa, India

masjid terbesar di dunia

Oleh: https://www.t2india.com

Meskipun sebagian besar penduduknya beragama Hindu, negara India ternyata memiliki satu masjid yang termasuk dalam masjid terbesar di dunia. Jumlah orang Muslim di negara ini cukup banyak dan terus berkembang saat ini. Masjid-i Jahan-Numa terletak di kota New Delhi dan bisa menampung hingga 25 ribu jamaah. Masjid ini dibangun pada masa pemerintahan Kaisar Mughal Shah Jahan pada tahun 1650 dan selesai pada tahun 1656. Masjid ini memiliki desain yang unik dan cantik.

10. Masjid Baitul Mukarram, Bangladesh

masjid terbesar di dunia

Oleh: https://en.wikipedia.org

Masjid Baitul Mukarram adalah masjid nasional Bangladesh. Masjid ini memiliki kapasitas hingga tiga puluh ribu jamaah. Mulai didirikan pada tahun 1960an, masjid ini menjadi masjid yang paling banyak pengunjungnya terutama di bulan Ramadan. Masjid Baitul Mukarram memiliki satu menara utama yang berada di depan masjid. Semakin lama, pengunjung yang datang ke masjid ini semakin banyak sehingga pemerintah setempat terus berusaha untuk memperluas area masjid hingga kini dapat menampung jamaah sebanyak 40 ribu orang.

11. Masjid Agung Sultan Qaboos, Oman

masjid terbesar di dunia

Oleh: https://khazanah.republika.co.id

Masjid Agung Sultan Qaboos merupakan salah satu masjid terbesar dan termegah di dunia. Arsitekturnya cantik dan menarik. Sekilas tidak nampak seperti bangunan sebuah masjid. Masjid ini dibangun pada tahun 1995 melalui sebuah kompetisi. Menggunakan 300 ribu ton batu pasir yang didatangkan dari India, Masjid Sultan Qaboos berwarna dominan putih. Di samping itu, masjid ini memiliki sebuah menara utama yang tingginya sekitar 90 meter dan empat menara setinggi 45.5 meter yang mengapitnya.

Masjid-masjid terbesar di dunia ini, selain menjadi tempat tujuan ibadah juga menjadi objek wisata yang banyak dikunjungi. Kebesaran dan kemegahannya menjadikan masjid-masjid ini menjadi daya tarik tersendiri bagi jamaah yang datang ataupun turis yang berkunjung.

Leave a Reply