Kenapa Malaysia Disebut Negeri Jiran? Yuk, Cari Tahu!

Malaysia menjadi negara terdekat dengan Indonesia yang hanya terpisah oleh selat di ujung pulau Indonesia. Bukan hanya letaknya yang berdekatan bahasa, budaya, hingga wajah pun hampir serupa dengan Indonesia. Tak heran jika bangsa ini sudah seperti saudara kita sendiri. Malaysia sering kali disebut dengan negeri jiran. Walaupun sering menyebutnya negeri jiran, tahukah kalian tentang asal usul sebutan tersebut? Yuk, simak beberapa fakta dan asal usul sebutan negeri jiran berikut ini!

Arti Kata Jiran

Pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), jiran berarti orang dekat rumah, orang yang tinggal bersebelahan, atau tetangga. Kata jiran disematkan pada Malaysia karena letaknya yang sangat dekat dan hanya terpisah oleh Selat Malaka. Dengan kedekatan geografis tersebut, tak heran jika Malaysia disebut dengan jiran atau orang tetangga. Sebenarnya sebutan jiran tak hanya disematkan pada negara Malaysia saja, Brunei Darussalam juga. Meskipun begitu, kata jiran lebih familiar disematkan kepada Malaysia karena memiliki kedekatan secara geografis maupun secara emosional.

Fakta Malaysia Disebut Negeri Jiran

Sebutan negeri jiran untuk Malaysia yang disematkan oleh Indonesia karena kedekatannya. Oleh karena itu, berikut adalah fakta kedekatan Malaysia dan Indonesia baik secara geografis maupun secara emosional. Yuk, simak apa saja!

1. Persamaan Budaya

negeri jiran
Oleh: www.maxmanroe.com

Layaknya tetangga, Indonesia dan Malaysia juga memiliki persamaan budaya yang cukup kental. Sebagai contoh, budaya lebaran, ketupat, makanan yang mirip, kesenian, lagu, dan lain sebagainya. Hal ini tentu membuat negara ini menjadi negara terdekat untuk Indonesia.

2. Bahasa

negeri jiran
Oleh: jagomandarin.com

Akar kebudayaan dan bahasa dari Indonesia serta Malaysia tidak jauh berbeda, keduanya sama-sama berakar dari bahasa melayu. Apabila kalian mengamati Bahasa Malaysia, maka akan sangat terlihat kemiripannya dengan Bahasa Indonesia. Kalian tentu pernah menonton serial Malaysia tanpa menggunakan terjemahan karena sangat mudah dimengerti untuk orang Indonesia. Tak hanya itu, beberapa daerah di Indonesia seperti Batam, Lubuk Linggau, dan beberapa pulau di Sumatera lainnya juga berbahasa melayu yang hampir serupa dengan bahasa Malaysia.

3. Saudara Satu Rumpun

negeri jiran
Oleh: www.liputan6.com

Malaysia menjadi salah satu negara serumpun dengan Indonesia. Keduanya memiliki akar bangsa yang sama, yaitu rumpun Melayu. Jika dilihat mulai dari bahasa, wajah, hingga beberapa etos kerja, Malaysia dan Indonesia tak memiliki perbedaan yang berarti.

4. Kompak

negeri jiran
Image by truthseeker08 from Pixabay

Meskipun sering kali bersiteru, Indonesia dan Malaysia nyatanya cukup kompak dalam menangani permasalahan. Dalam menangani berbagai persoalan di ranah ASEAN, Indonesia dan Malaysia menjadi garda terdepan untuk saling membantu dan memikirkan penyelesaian dari masalah yang ada.

5. Banyak Orang Indonesia di Malaysia

negeri jiran
Oleh: www.idntimes.com

Ada sekitar 300 ribu orang Indonesia tinggal di Malaysia baik merantau hingga menetap. Banyaknya orang Indonesia yang berada di negara tersebut bermula dari tawaran buruh perkebunan, tenaga profesional, pekerja kantoran, pelajar, hingga orang-orang yang menikah dengan orang Malaysia. Jika kalian berkunjung ke negara tersebut, maka jangan heran jika menemui banyak orang Indonesia di sana.

6. Sering Mengalami Sengketa

negeri jiran
Oleh: www.merdeka.com

Layaknya kakak beradik, Malaysia dan Indonesia menjadi dua negara yang sering berseteru namun cepat kembali mesra. Banyak kejadian yang membuat keduanya terlibat sengketa, seperti perebutan aset budaya, masalah suporter sepak bola, saling klaim wilayah, hingga saling memamerkan kekuatan militer.

Sebagai contoh, kedua negara sempat memperebutkan lagu Rasa Sayange, Pulau Pinang, saling klaim pencak silat, dan lain sebagainya. Alasan saling berebut dan klaim adalah karena kedua negara memiliki banyak kemiripan dan kedekatan satu sama lain.

7. Sering Dianggap Sama

negeri jiran
Oleh: teen.kapanlagi.com

Malaysia dan Indonesia sering kali dianggap sama oleh orang-orang luar karena karakteristik budaya, orang, dan wilayah. Hal ini sering kali membuat banyak artis barat hingga Asia Timur salah menyebut. Sebagai contoh, Lee Donghae Super Junior pernah salah menyebut Indonesia menjadi Malaysia. Begitu juga beberapa artis lain yang salah menyebut Malaysia menjadi Indonesia.

Demikianlah beberapa alasan dan fakta mengenai hubungan Malaysia dan Indonesia, termasuk penyebutan negeri jiran. Dengan berbagai persamaan dan perbedaan, Indonesia dan Malaysia menjadi negara yang paling sering berinteraksi. Tak mengherankan jika orang Indonesia menyebut Malaysia sebagai negeri jiran atau negeri tetangga. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply