Mengenal Lambang Negara Indonesia, Yuk!

Setiap warga negara pasti telah mengenal lambang negara Indonesia. Ya, lambang negara ini adalah burung Garuda Pancasila. Bahkan sejak di pendidikan dasar, pengenalan dan pemahaman tentang lambang negara Indonesia telah diajarkan dan ditanamkan.

Sebagai lambang negara, gambar burung Garuda Pancasila mengandung makna yang sangat mendalam. Setiap bagian burung ini memiliki arti yang mewakili pesan dan pendidikan tertentu. Tidak salah jika burung gagah ini dijadikan sebagai lambang negara Indonesia.

Mengenal Lambang Negara Indonesia, Asal Usul dan Artinya

Pada setiap tanggal 1 Juni, warga negara Indonesia selalu memperingati hari kelahiran Pancasila. Sedangkan, Hari Kesaktian Pancasila diperingati pada tanggal 1 Oktober. Pancasila merupakan dasar negara dengan burung Garuda sebagai lambangnya.

Pemilihan burung Garuda sebagai lambang negara Indonesia bukan tanpa sebab. Sultan Hamid II merancang gambar lambang negara dari sosok burung Garuda yang kemudian disempurnakan oleh Ir Soekarno dan diresmikan pada tahun 1950.

Sebelum mengenal lambang negara Indonesia ini lebih jauh, mari kita lihat sejarahnya. Burung Garuda adalah sebuah makhluk mitologi dalam agama Hindu Budha. Makhluk ini digambarkan sebagai seekor burung besar yang kuat, tangguh, dan perkasa. Meskipun nampak demikian, burung Garuda memiliki hati yang baik dan lembut. Burung ini dipergunakan oleh Dewa Wisnu sebagai kendaraannya. Burung Garuda menggambarkan sosok yang gagah, berani, berhati emas dan juga kuat.

Berikut ini adalah beberapa hal yang akan kita pelajari dalam upaya mengenal lambang negara Indonesia. Diantaranya adalah :

1. Burung Garuda

Mengenal Lambang Negara Indonesia

Gambar Oleh: https://thegorbalsla.com/

Seperti disebutkan sebelumnya, burung ini adalah burung dalam mitologi kuno Hindu dan Budha. Pada kenyataannya, tidak ada yang namanya burung Garuda. Hanya saja, ada satu spesies burung yang memiliki rupa yang mirip Garuda yaitu Elang Jawa.

Arti lambang burung Garuda bagi Indonesia adalah bahwa bangsa ini merupakan bangsa yang kuat, tangguh, besar dan kokoh. Bangsa yang tak mudah menyerah, berkemauan kuat, serta berkepribadian tangguh.

Jumlah bulu pada burung Garuda juga mengandung makna tersendiri. 17 bulu pada sayapnya, 8 bulu pada ekornya, 19 bulu pada pangkal ekornya dan 45 bulu pada lehernya. Jumlah bulu ini merepresentasikan tanggal kemerdekaan Indonesia yaitu 17 Agustus 1945.

2. Perisai Pancasila

Mengenal Lambang Negara Indonesia

Gambar Oleh: https://warstek.com/

Di dada burung Garuda, nampak sebuah perisai dengan bentuk menyerupai jantung. Pada perisai ini terdapat lima sila yang digambarkan dalam simbol berbeda-beda. Berikut ini adalah simbol dan makna 5 sila yang kita kenal dengan sebutan Pancasila.

Mari kita mengenal lambang negara Indonesia ini secara rinci. Yaitu :

Sila Pertama

Mengenal Lambang Negara Indonesia

Gambar Oleh: https://patriotgaruda.com/

Sila pertama berada di tengah-tengah perisai dengan simbol satu bintang berwarna kuning dengan latar belakang berwarna hitam. Sila ini mewakili pengakuan bangsa Indonesia untuk menyembah pada Tuhan yang Maha Esa.

Sila Kedua

Mengenal Lambang Negara Indonesia

Gambar Oleh: https://id.m.wikipedia.org/

Sila kedua berada di bagian kiri bawah dengan simbol rantai kuning yang berlatar warna merah. Rantai menunjukkan rangkaian yang saling terkait seperti manusia yang hidup di negara ini. Mereka semua saling membutuhkan.

Sila Ketiga

Mengenal Lambang Negara Indonesia

Gambar Oleh: https://id.m.wikipedia.org/

Berada di bagian kiri atas, sila tentang persatuan Indonesia ini disimbolkan dengan sebuah pohon beringin berwarna hijau dengan latar putih. Pohon beringin menggambarkan kekuatan bangsa ini dalam mengayomi kemajemukan rakyatnya.

Sila Keempat

Mengenal Lambang Negara Indonesia

Gambar Oleh: https://id.m.wikipedia.org/

Disimbolkan dengan sebuah kepala banteng, sila keempat ini menggambarkan tentang kerakyatan dan kepemimpinan. Banteng adalah hewan yang suka berkumpul dan bermusyawarah sebelum mengambil keputusan. Ini sama seperti manusia Indonesia.

Sila Kelima

Mengenal Lambang Negara Indonesia

Gambar Oleh: https://kids.grid.id/

Padi dan kapas menjadi simbol sila yang terletak di bagian kanan bawah ini. Padi dan kapas adalah ciri khas bangsa dan menjadi bentuk kesejahteraan bagi rakyat Indonesia.

3. Pita Semboyan

Mengenal Lambang Negara Indonesia

Gambar Oleh: https://balubu.com/

Burung Garuda digambarkan sedang mencengkeram sebuah pita dengan kakinya. Pita tersebut bertuliskan “Bhinneka Tunggal Ika” yang dijadikan semboyan atau motto bangsa. Arti dari kalimat tersebut adalah berbeda-beda tetapi tetap satu. Artinya, bangsa Indonesia terdiri dari berbagai macam suku, agama, budaya, ras dan lain sebagainya. Namun, semua perbedaan tersebut tidak lantas memecah belah bangsa, tapi justru mempersatukan bangsa ini dalam keragaman.

Itulah beberapa hal yang harus kita ketahui dalam mengenal lambang negara Indonesia, Garuda Pancasila. Sebagai lambang negara, semua makna yang terkandung di dalamnya bukan hanya dikenali saja, namun juga untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Leave a Reply

error: Isi artikel ini dilindungi !!