Suka Makan Mangga Gedong? Ternyata Buah Ini Khas Jawa Barat, Lho!

Mengonsumsi buah-buahan dipercaya dapat menyehatkan tubuh karena kandungan seratnya. Salah satu buah yang mengandung serat tinggi adalah mangga. Bagi kalian penggemar mangga, pasti sudah tidak asing lagi dengan mangga gedong, mangga ini memiliki warna kulit kemerahan dan memiliki rasa manis. Ketika kalian memakannya terdapat sensasi lembut yang merupakan salah satu keunikan dari mangga gedong.

Kenapa Mangga Gedong Disebut Sebagai Buah Khas Jawa Barat?

mangga gedong

Gambar oleh PublicDomainPictures dari Pixabay

Tahukah kalian, buah berukuran sekepal tangan orang dewasa ini ternyata buah khas Jawa Barat, lho! Mangga gedong ini dibudidayakan dan tumbuh dengan baik di daerah Indramayu, Cirebon, dan Kabupaten Majalengka.

Meskipun menjadi ikon ketiga daerah tersebut, mangga gedong yang dimiliki setiap daerah memiliki ciri khas tersendiri. Mangga gedong asal Indramayu memiliki rasa yang paling lezat tetapi memiliki ukuran kecil. Sementara, mangga gedong asal Majalengka memiliki ukuran yang lebih besar dari mangga Indramayu, tetapi rasa manisnya tidak semanis mangga Indramayu. Mangga gedong Cirebon berada di antara keduanya, ukuran buahnya tidak sekecil mangga Indramayu dan rasanya lebih manis dari mangga Majalengka.

Beberapa kecamatan di Cirebon yang menjadi sentra produksi mangga gedong adalah Sedong, Greged, Beber, Lemah Abang, Astanajapura, Sumber, dan Dukupuntang.

Konon katanya nama “gedong” sendiri berasal dari bahasa Sunda yang berarti “rumah megah”. Pada zaman Belanda, buah ini hanya dikonsumsi oleh kalangan bangsawan yang tinggal di rumah megah.

Hingga saat ini, harga mangga gedong cenderung lebih mahal dibandingkan dengan mangga jenis lainnya. Rata-rata harga jual mangga gedong di pasaran adalah Rp 30.000/kg.

Ketika berkunjung ke daerah-daerah tersebut, wisatawan juga bisa membeli beragam hasil olahan mangga gedong sebagai oleh-oleh untuk keluarga tersayang. Produk olahan mangga gedong yang terkenal yaitu roll cake mangga gedong, strudel mangga gedong, dan lapis legit mangga gedong.

Bagaimana Cara Budi Daya Mangga Gedong?

mangga gedong

Oleh: www.paranet99.com

Budi daya mangga gedong hingga masa panen membutuhkan waktu sekitar 3-5 tahun. Pilihlah bibit unggul agar hasilnya optimal, lalu berilah pupuk agar pohon dapat tumbuh dengan baik. Mulai lakukan penyiraman saat pohon telah berbunga.

Musim panen mangga gedong biasanya terjadi pada bulan Juni hingga September. Pada panen pertama pohon ini akan menghasilkan sekitar 10-15 buah saja. Buah yang dihasilkan akan lebih banyak pada panen berikutnya.

Mangga gedong yang memiliki berat sekitar 200-300 gram ini, dapat kalian temukan di pasar tradisional ataupun pusat perbelanjaan kota. Bahkan di era milenial ini, kalian bisa membelinya melalui e-commerce yang terpercaya.

Mangga gedong telah berhasil memasuki berbagai segmen pasar yang ada sehingga budi daya mangga ini bepotensi besar dalam meningkatkan perekonomian masyarakat Jawa Barat.

Manfaat Mangga Gedong

mangga gedong

Gambar oleh PublicDomainPictures dari Pixabay

Buah berwarna kulit kuning kemerahan dengan cita rasa manis ini, memiliki segudang manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh manusia. Selain mengandung vitamin C untuk menjaga daya tahan tubuh, mangga gedong juga memiliki kandungan nutrisi lain, seperti:

  1. Serat berfungsi membantu melancarkan sistem pencernaan.
  2. Vitamin B kompleks dapat membantu meredakan stres.
  3. Zat besi dapat meningkatkan sel darah merah bagi ibu hamil dan saat menstruasi.
  4. Potasium berfungsi menurunkan risiko tekanan darah tinggi.
  5. Vitamin A untuk menjaga kesehatan mata.
  6. Folid Acid dapat menguatkan janin bagi ibu hamil.

Dalam menjaga kandungan manfaat dari buah mangga gedong, simpanlah mangga tersebut dalam lemari pendingin. Apabila kesegaran buah mangga gedong terjaga dengan baik, kandungan yang terdapat di dalam mangga tersebut akan semakin baik bagi tubuh.

Kalian bisa mengonsumsi mangga gedong secara langsung atau mengolahnya menjadi sajian yang dapat menggugah selera, agar manfaatnya semakin terasa ke dalam tubuh. Pada saat cuaca panas kalian bisa mengolahnya menjadi minuman seperti jus buah segar atau parfait mangga gedong yoghurt. Kalian juga bisa membuat camilan sore seperti pisang penyet saus mangga, mangga gedong sticky rice, dan puding mangga gedong.

Semoga berbagai informasi tentang mangga gedong di atas dapat menambah pengetahuan kalian, ya!

Leave a Reply