Negara Apa Saja yang Memiliki Kekayaan Alam Terbesar di Dunia, ya?

Sumber daya alam atau SDA merupakan sesuatu yang berasal dari alam dan dapat digunakan serta dimanfaatkan untuk menunjang berbagai jenis kebutuhan hidup manusia. Dengan demikian, sumber daya alam yang berlimpah dapat dijadikan modal utama bagi suatu negara untuk dapat mensejahterakan rakyatnya. Manfaat yang diberikan dari sumber daya alam sangat penting bagi keberlangsungan hidup masyarakat, sehingga keberadaannya di suatu negara ditujukan untuk kemakmuran serta kesejahteraan rakyatnya.

Sumber daya alam yang memiliki peran paling penting bagi negara-negara di dunia adalah minyak bumi dan gas alam. Keduanya memiliki peran untuk keberlangsungan industrialisasi di era perkembangan zaman seperti sekarang ini. Oleh karena itu, negara-negara dengan kekayaan sumber daya alam yang berlimpah dapat dikatakan sebagai negara yang beruntung. 

Berkaitan dengan pembahasan sumber daya alam, berikut ini merupakan 5 negara yang memiliki kekayaan alam terbesar di dunia. Apakah negara Indonesia termasuk ke dalamnya? Simak penjelasan berikut ini!

1. Tiongkok (China)

kekayaan alam terbesar di dunia

Gambar Oleh: Gambar oleh wei zhu dari Pixabay

Selain memiliki negara yang luas dan sumber daya manusianya yang berlimpah, China juga memiliki sumber daya alam yang tidak kalah berlimpah. Sektor sumber daya alam yang memiliki nilai terbesar di negara ini yaitu batu bara dan mineral logam langka. China juga memiliki berbagai mineral langka lainnya yang biasanya sulit ditemukan di negara lain. Oleh karena itu, China merupakan negara yang cukup disegani oleh negara lain karena keberadaan mineral langka tersebut.

Selain batu bara dan mineral langka, di wilayah China juga ditemukan kekayaan alam lainnya yang terbesar yaitu berupa kayu dengan luas lahan mencapai 450 juta hektar dan memiliki nilai sekitar US$ 6,5 triliun.

 

Baca Juga  Dari Mana Asal Budaya Ngabuburit? Cari Tahu, Yuk!

2. Arab Saudi

kekayaan alam terbesar di dunia

Gambar Oleh: Gambar oleh GLady dari Pixabay

Arab Saudi merupakan wilayah yang sudah sangat identik dengan minyak bumi. Dari total seluruh cadangan minyak di dunia, 20% bagian terdapat di Arab Saudi. Demikian, Arab Saudi dinobatkan sebagai negara yang memiliki kekayaan alam terbesar di dunia yaitu, minyak.

Selain kaya akan minyak, negara ini juga memiliki kekayaan sumber daya alam lainnya berupa gas alam yang tidak kalah melimpah. Namun, negara-negara di Semenanjung Arab terkenal dengan gaya hidup masyarakatnya yang mewah atau berlebih-lebihan, sehingga berdampak pula pada tingginya eksploitasi sumber daya alam yang dimiliki. Hal tersebut memungkinkan bahwa Arab Saudi akan kehabisan sumber daya alam mereka dalam beberapa waktu mendatang.

 

Baca Juga  Apa Saja Zat yang Dapat Mencemari Air?

3. Kanada

kekayaan alam terbesar di dunia

Gambar Oleh; Gambar oleh ElasticComputeFarm dari Pixabay

Negara yang berada di benua Amerika  sebetulnya sangat beruntung karena kekayaan sumber daya alam berupa energi dan mineral yang tidak terkira jumlahnya, salah satunya yang dimiliki oleh Kanada. Negara ini ternyata sangat kaya sumber daya alam berupa minyak bumi, gas alam, batu bara, uranium, nikel, timah, dan lain sebagainya. Bahkan negara ini memiliki cadangan sumber daya uranium terbesar kedua di dunia.

Memiliki wilayah sebagai negara bagian di Amerika Serikat, Kanada juga memiliki sumber kekayaan laut yang melimpah. Negara ini tidak mengimpor hasil lautnya secara mentah, sehingga dapat dimanfaatkan terlebih dahulu untuk kepentingan rakyatnya. 

 

4. Rusia

kekayaan alam terbesar di dunia

Gambar Oleh: Gambar oleh opsa dari Pixabay

Rusia merupakan negara dengan wilayah paling luas di dunia. Wilayah Rusia dikenal sebagai wilayah yang memiliki tanah beku dengan kandungan mineral dan energi yang sangatlah besar. Sehingga negara ini menjadi salah satu negara dengan tingkat eksportir energi terbesar di dunia. 

Kekayaan sumber daya alam utama yang dimiliki Rusia yaitu berupa gas alam dan kayu. Kedua sumber daya alam tersebut sebetulnya membutuhkan biaya yang sangat tinggi untuk penanganannya karena harus membangun pipa gas yang besar dan sarana untuk transportasi kayu berupa kereta api. Akan tetapi, dengan sumber pendapatan dari kekayaan alam yang dimiliki dapat menghasilkan keuntungan yang tentunya lebih banyak. Selain itu, Rusia juga mempunyai sumber kekayaan berupa cadangan batu bara terbesar kedua di dunia dan kekayaan cadangan emas terbesar ketiga di dunia.

 

Baca Juga  Sudah Tahu Tentang Walisongo? Ayo, Kita Cari Tahu!

5. Brasil

kekayaan alam terbesar di dunia

Gambar Oleh: Gambar oleh LhcCoutinho dari Pixabay

Sekali lagi negara di bagian benua Amerika tidak dapat diremehkan terkait sumber daya alamnya, seperti Brasil. Negara ini memiliki wilayah luas serta tanah yang subur. Pertanian di negara ini sangatlah maju. Mereka dapat menyuplai banyak jenis bahan pangan untuk negara lainnya di dunia. 

Tidak hanya di bidang pertanian saja, Brasil juga mempunyai kekayaan mineral yang tidak dapat terhitung jumlahnya, termasuk cadangan berupa besi, emas, timah, bauksit, dan tembaga. Selain itu, di wilayah Brasil juga ditemukan minyak mentah di lepas pantai dengan jumlah yang besar dimana biasanya disebut sebagai pre salt. Di bidang kekayaan alam lainnya, produksi kayu negara Brasil juga cukup maju. Tentunya tanpa mengganggu dan merusak berbagai ekosistem di hutan Amazon.

Nah itulah Teman-Teman, deretan negara dengan kekayaan alam terbesar di dunia. Penjelasan di atas hanyalah sebagian saja dari kekayaan sumber daya alam yang dikandung oleh bumi kita dan tersebar di berbagai negara. Bagaimana menurut Teman-Teman, menarik bukan?

Leave a Reply

error: Isi artikel ini dilindungi !!