header-artikelku

melukis

Melukis kerap kali dilakukan sebagai upaya menyalurkan kreativitas diri dalam membuat sebuah karya seni. Saat karya seni yang dihasilkan mendapat respon baik ataupun kritik dan saran, hal itulah yang dapat menumbuhkan rasa percaya diri. Tak hanya percaya diri, ternyata masih banyak manfaat lain yang bisa Teman-Teman dapatkan dari kegiatan ini. Yuk, cari tahu!

Banyak Manfaat Melukis

Kegiatan menggambar dan mewarnai pada kanvas sebelumnya hanya dilakukan sebagian orang yang memang hobi atau memiliki keterampilan khusus dalam membuat lukisan. Namun, siapa sangka jika kegiatan ini memberi banyak manfaat. Semacam kegiatan healing yang membuat rileks. Berikut ini beberapa manfaat melukis yang perlu Teman-Teman ketahui diantaranya:

1. Mengekspresikan Diri

melukis
Gambar Oleh: https://pixabay.com

Hal yang manusiawi jika Teman-Teman merasa sedih, kesal, atau marah akan suatu hal. Sayangnya tidak semua orang mampu mengungkapkan apa yang dirasakan. Sehingga tidak jarang hal tersebut menyebabkan stres atau depresi karena terlalu lama memendam emosi dalam diri.

Bila Teman-Teman memiliki kondisi serupa mungkin bisa mencoba kegiatan melukis. Cathy Machioldi seorang ahli terapi seni mengungkapkan bawah seni dapat menjadi wadah untuk meluapkan emosi. Teman-Teman seolah memiliki wadah untuk mencurahkan semua yang dirasakan melalui pemilihan warna dan goresan yang dituangkan dalam kanvas. Hal inilah yang secara tidak langsung bermanfaat untuk mengekspresikan diri.

  Kenalan dengan Ukulele, Si Alat Musik Mirip Gitar, Yuk!

2. Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi

melukis
Gambar Oleh: https://pixabay.com

Beberapa orang mempunyai permasalahan dalam berkomunikasi. Adapun manfaat melukis salah satunya dipercaya mampu meningkatkan kemampuan berkomunikasi seseorang. Di mana Teman-Teman akan terlatih untuk bersosialisasi dan berkomunikasi dengan cara berbeda, yaitu bahasa personal melalui lukisan yang dibuat.

3. Meningkatkan Konsentrasi Otak

melukis
Gambar Oleh: https://pixabay.com

Jika Teman-Teman ingin melatih dan meningkatkan konsentrasi otak, maka menggambar dan mewarnai bisa menjadi cara yang dicoba. Kegiatan ini membuat Teman-Teman berkonsentrasi pada objek yang ada di depan mata. Memilih warna, menempatkan warna, dan proses menggabungkan warna akan membuat otak terlatih untuk konsentrasi.

4. Melatih Imajinasi dan Kreativitas

melukis
Gambar Oleh: https://pixabay.com

Manfaat melukis lainnya adalah melatih imajinasi dan kreativitas. Kegiatan ini mencakup beberapa proses yang mana Teman-Teman secara tidak langsung dirangsang untuk berimajinasi dan menciptakan hal-hal baru dalam lukisan. Teman-Teman bisa menggabungkan sejumlah warna atau beberapa corak dan menggambarkannya dalam dunia imajinasi ciptaan sendiri.

5. Meningkatkan Ingatan

melukis
Photo by Vanessa Loring from Pexels

Manfaat ini sebagian besar dirasakan oleh penderita Alzheimer yang memiliki masalah pada ingatan. Menggambar dan mewarnai bisa menjadi cara meningkatkan kemampuan mengingat atau recall ingatan lama. Ketajaman penderita Alzheimer dalam berimajinasi dan berpikir akan terus diasah agar menekan risiko menurunnya daya ingat.

  Lovebird, Burung Cantik Beraneka Warna

6. Meningkatkan Kemampuan Problem Solving

melukis
Photo by Yan Krukov from Pexels

Untuk menghasilkan suatu karya Teman-Teman akan dilatih mengembangkan teknik yang sudah dikuasai agar dapat mengubah selembar kanvas putih menjadi karya yang bernilai. Proses ini secara langsung melatih Teman-Teman berpikir kreatif dan tidak jarang harus bisa berpikir out of the box atau berpikir dengan cara yang tidak biasa.

Karena inilah kegiatan melukis dinilai dapat membantu Teman-Teman untuk bisa berpikir kritis dan mampu mencari solusi akan suatu masalah yang dihadapi. Secara tidak langsung kegiatan membuat suatu lukisan membuka kesadaran Teman-Teman bahwa setiap masalah memiliki banyak solusi.

7. Melatih Mobilitas

melukis
Photo by RODNAE Productions from Pexels

Memegang pensil dan kuas lalu menggerakkannya sesuai pola yang diinginkan melatih kemampuan diri dalam mengatur gerakan tangan sekaligus juga menstimulasi koneksi otak. Karenanya melukis memiliki manfaat meningkatkan kemampuan koordinasi. Bagi anak-anak usia dini dan orang lansia, kegiatan ini diyakini membantu melatih kemampuan motorik.

8. Meningkatkan Kemampuan Observasi

melukis
Photo by Yan Krukov from Pexels

Manfaat melukis juga dapat meningkatkan kemampuan observasi Teman-Teman terhadap lingkungan sekitar. Hal ini berkaitan dengan properti menggambar dan mewarnai yang mencakup pemberian warna, shading, dan lain sebagainya.

  Kenalan dengan Seni Pantomim yang Sangat Unik, Yuk!

Mata Teman-Teman akan terlatih menyelesaikan sesuatu hal bahkan yang dinilai rumit sekalipun agar lukisan yang dibuat bisa selesai. Proses tersebut melatih konsentrasi otak dan sekaligus daya observasi yang seiring waktu membiasakan Teman-Teman untuk membuat lukisan dengan lebih lihai dan ahli.

9. Mengurangi Trauma Diri

melukis
Photo by Vlada Karpovich from Pexels

Seseorang yang memiliki trauma cukup berisiko melakukan hal-hal bersifat negatif. Adapun melukis bisa dipilih sebagai jalan keluar mengurangi trauma yang dialami. Melalui lukisan, Teman-Teman bisa mencoba berkomunikasi dan mencurahkan segala hal yang dirasakan melalui warna-warna yang dituangkan. Hal ini cukup ampuh mengurangi beban dan trauma yang dialami.

10. Menjadi Sumber Penghasilan

melukis
Gambar Oleh: https://pixabay.com

Manfaat melukis yang satu ini kiranya tidak bisa ditolak. Banyak orang senang dengan seni dan mampu mengapresiasikannya sebagai karya seni yang layak dihargai. Sehingga lukisan yang dibuat pun bisa menjadi sumber penghasilan, baik penghasilan tambahan atau utama.

Bagi sebagian orang kegiatan melukis dilakukan selayaknya hobi seru untuk mengisi waktu luang dan mencurahkan kreativitas. Sementara itu bagi sebagian orang yang lain, kegiatan ini bisa menjadi profesi yang menghasilkan pundi-pundi pendapatan. Dengan mengetahui sejumlah manfaat baik yang bisa didapatkan mungkin Teman-Teman perlu mempertimbangkan kegiatan ini baik untuk healing ataupun fokus berkarir di masa mendatang.

error: Isi artikel ini dilindungi !!