Onigiri, Makanan Khas Jepang yang Menggugah Selera

Siapa yang tidak mengenal onigiri, makanan khas Negara Jepang terbuat dari nasi dengan isian ikan tuna, salmon, daging ayam, dan sebagainya kemudian dibentuk dengan cara dikepal. Makanan yang satu ini bahkan sudah dijual di beberapa supermaket lokal Indonesia.

Onigiri sangat diminati oleh seluruh orang di dunia. Di Korea Selatan, onigiri dikenal dengan nama Gimbap. Apa yang menarik dari makanan sederhana ini? Mengapa makanan ini begitu populer? Mari kita lihat uraian di bawah ini.

Sejarah Singkat Onigiri

onigiri

Oleh: www.masakapahariini.com

Onigiri diketahui sudah ada sejak zaman Yayoi yaitu sekitar abad ke-11. Pada tahun 1980an, para peneliti menemukan sebuah artefak yang menyebutkan adanya makanan berbentuk gumpalan nasi. Hal ini membuktikan bahwa onigiri sudah dikonsumsi sejak dahulu kala.

Dahulu, onigiri dikenal dengan nama omusubi yang merupakan makanan kesukaan kaum wanita di istana Kaisar Jepang. Hal ini semakin memperkuat makanan ini memang sudah ada sejak jaman nenek moyang dan diteruskan hingga sekarang.

Onigiri sendiri, terbuat dari beras Jepang berkadar kanji lebih tinggi dari beras biasa. Kanji adalah sejenis tepung yang berfungsi untuk merekatkan makanan. Itulah sebabnya onigiri dapat tetap padat meskipun dibuat dalam berbagai macam bentuk.

Umumnya onigiri dipergunakan sebagai bekal makan siang atau piknik. Onigiri merupakan bekal makan yang simple dan tidak menghabiskan ruang. Onigiri pada zaman dahulu hanyalah nasi yang dikepal-kepal dan diberi garam saja. Namun kini, onigiri muncul dengan berbagai macam varian dan bentuk. Ada yang berbentuk bola, segitiga, persegi, dan sebagainya.

Selain itu, isiannya pun semakin beragam dan membuat makanan ini semakin menggoda selera. Tidak heran jika semakin hari semakin banyak orang yang ingin menyantapnya.

 

Cara Membuat dan Membentuk Onigiri

onigiri

Oleh: https://blog.kulina.id/

Proses pembuatan onigiri sebenarnya sederhana dan tidak membutuhkan peralatan dan hanya dibentuk dengan tangan kosong. Membuat onigiri memang sebaiknya menggunakan beras Jepang karena lebih mudah lengket. Namun, jika tidak ada, kalian bisa menggantinya dengan beras Indonesia yang ditambahkan beras ketan, tingkat kerekatannya bisa menyerupai beras Jepang.

Berikut ini adalah cara membuat onigiri dengan mudah, yaitu :

  1. Siapkan nasi hangat, ambil dua atau tiga sendok nasi dan letakkan di atas tangan.
  2. Kepalkan nasi dengan tangan lalu bentuklah nasi tersebut menjadi bola-bola agar nasi semakin merekat dan padat.
  3. Kemudian masukkan isian onigiri yang kalian suka. Isiannya dapat memakai ayam, daging, ikan laut, sayuran, dan sebagainya.
  4. Sebelum membentuk onigiri, oleskan tangan dengan garam dan minyak. Penggunaan garam untuk memberikan rasa gurih pada onigiri dan minyak agar nasi tidak menempel pada tangan.
  5. Setelah isian lengkap dan terasa gurih, kalian bisa mulai membentuknya sesuai dalam bentuk yang diinginkan. Kalian juga bisa menambahkan nori atau rumput laut untuk membungkus onigiri. Rasanya akan lebih nikmat karena sensasi gurih yang dihadirkan oleh rumput laut. Onigiri buatan sendiri siap disantap dan dinikmati.

Jenis Onigiri yang Paling Populer

Pada awalnya, onigiri hanya berupa nasi kepal dengan bumbu garam, kini onigiri telah berkembang pesat perkembangan dan memiliki variasi rasa yang beragam. Sekarang banyak pabrik yang memproduksi onigiri untuk dijual di toko atau supermarket sebagai bekal makan siang atau piknik.

Berikut ini adalah jenis onigiri yang paling diminati. Di antaranya adalah :

1. Shio Musubi

onigiri

Oleh: https://iide-kouenji.com/

Shio Musubi adalah versi original dari onigiri. Onigiri ini tidak menggunakan isian apa pun dan tidak dibungkus. Biasanya yang membuat shio musubi ini spesial adalah beras yang digunakan, semakin baik kualitas beras semakin enak pula rasanya.

2. Gomashio

Onigiri

Oleh: www.japantrips.co

Gomashio adalah onigiri yang menggunakan variasi biji wijen dan nori. Jenis onigiri ini juga tidak menggunakan isian. Hanya saja, bentuknya lebih menarik daripada Shio Musubi yang polos.

3. Onigirazu

onigiri

Oleh: www.thespruceeats.com

Onigirazu biasanya berbentuk bulat atau segitiga. Daya tarik dari onigirazu selain bentuk adalah isiannya. Kalian bisa menggunakan berbagai macam isian yaitu sayur, telur, daging, dan sebagainya. Nasi disebarkan memanjang kemudian diisi daging dan sayuran lalu dibungkus dengan nori. Biasanya setelah selesai akan dipotong dan nantinya berbentuk seperti sandwich. Paduan warna-warni yang didapatkan dari warna bahan akan semakin menambah selera menyantap makanan ini.

4. Yaki Onigiri

onigiri

Oleh: www.zojirushi.com

Yaki Onigiri merupakan jenis onigiri yang jarang ditemui di Indonesia, tetapi jika kalian pergi ke Jepang, variasi onigiri ini layak dicoba. Proses pembuatannya pun agak berbeda dengan jenis onigiri lainnya, setelah nasi dikepalkan, nasi kepal tersebut akan diolesi dengan soy sauce atau miso kemudian dibakar. Aroma gurih dan lezat yang menyeruak dari yaki onigiri akan semakin membuat perut kalian lapar.

5. Onigiri Isian

onigiri

Oleh: https://caterspot.id/

Onigiri isian hampir serupa seperti onigirazu. Hanya saja bentuk dan isiannya lebih bervariasi. Orang Jepang sangat kreatif dalam menciptakan masakan, termasuk isian onigiri. Ada bermacam isian yang sering kali digunakan, di antaranya adalah :

  • Salmon
  • Mentaiko atau ikan Tarako
  • Umeboshi atau asinan buah ume
  • Kombu atau rebusan rumput laut dengan bumbu kedelai
  • Ikan Tuna Mayo
  • Sujiko atau telur Salmon
  • Okaka atau abon

Onigiri memiliki bentuk yang praktis dan sederhana. Oleh sebab itu, onigiri menjadi hidangan favorit untuk piknik atau liburan. Kalian juga bisa membuat makanan khas Jepang ini untuk bekal sehari-hari dan berkreasi sesuai selera masing-masing. Selamat mencoba di rumah ya, Teman-Teman!

Leave a Reply