Apa Itu Bunga Lengkap? Yuk, Kita Cari Tahu!

Bunga merupakan bagian tumbuhan yang cantik dan menarik dibandingkan dengan bagian lainnya. Hampir sebagian besar bunga akan tumbuh dengan cantik dengan berbagai warna menarik. Namun, ada beberapa jenis bunga yang tidak menarik bahkan mengeluarkan bau seperti bunga padma raksasa atau lebih dikenal dengan rafflesia arnoldi.

Tahukah kalian bahwa sesungguhnya alat reproduksi tanaman ada pada bunga? Di dalamnya, terdapat dua alat reproduksi yakni jantan dan betina. Bagian-bagian tersebut hanya bisa kalian temukan pada bunga lengkap. Lalu, apa itu sebenarnya bunga lengkap? Yuk, kita simak penjelasannya!

 

10 Bagian Bunga Lengkap dan Penjelasannya

Bunga merupakan tempat terjadinya penyerbukan dan pembuahan pada tumbuhan untuk dapat bereproduksi. Penyerbukan biasanya membutuhkan serangga agar serbuk sari dapat tersebar ke kepala putik. Selain oleh serangga, serbuk sari dapat tersebar dengan sendirinya dengan bantuan angin.

Setelah serbuk sari menempel pada kepala putik, kepala putik akan menghasilkan cairan gula untuk membantu terjadinya pembuahan pada bunga. Pembuahan yang telah terjadi akan membentuk buah yang berfungsi melindungi biji pada tumbuhan berbunga.

Berdasarkan strukturnya, bunga dibedakan menjadi dua yaitu bunga lengkap dan bunga tidak lengkap. Bunga tidak lengkap merupakan bunga yang tidak memiliki mahkota atau salah satu bagian dari bunga lengkap. Sementara, bunga lengkap memilki mahkota bunga dan dilengkapi bagian bunga sebagai berikut:

1. Tangkai Bunga

bunga lengkap

Gambar oleh Manfred Richter dari Pixabay

Tangkai bunga merupakan bagian penghubung bunga dengan ranting pohon yang biasa disebut dengan pedicellus. Bagian ini terletak di bagian bunga paling bawah yang menjadi penopang bunga. Biasanya, orang-orang memetik bunga pada bagian ini supaya tidak merusak struktur bunga secara keseluruhan.

 

2. Dasar Bunga

bunga lengkap

Gambar oleh Gundula Vogel dari Pixabay

Di atas tangkai bunga, kalian akan melihat dasar bunga yang dalam bahasa latin disebut receptacle. Bagian ini merupakan tempat bertumpunya keseluruhan bagian bunga.

 

3. Kelopak Bunga

bunga lengkap

Gambar oleh Larisa Koshkina dari Pixabay

Kelopak merupakan salah satu bagian dari perhiasan bunga. Letaknya berada paling luar yang membungkus bunga ketika dalam keadaan kuncup. Saat bunga mulai mekar, kelopak bunga pun akan ikut mekar dan membesar. Bentuknya hampir seperti daun yang membentuk dasar seperti mangkuk ketika bunga mekar sempurna.

 

4. Mahkota Bunga

bunga lengkap

Gambar oleh Hans Benn dari Pixabay

Komponen bunga ini merupakan kebanggaan dari sebuah bunga. Mahkota bunga biasanya berwarna-warni cantik nan menarik serta menjadi perhiasan bunga paling utama. Hal tersebut menjadi daya tarik serangga untuk membuatnya hinggap di atas bunga lalu membantunya dalam proses penyerbukan.

 

5. Daun Pelindung

bunga lengkap

Gambar oleh silviarita dari Pixabay

Daun pelindung disebut juga dengan brachtea yaitu daun terakhir yang menjadi tempat tumbuhnya bunga. Pada bagian ketiak daun pelindung ini, bunga akan tumbuh mekar.

 

6. Benang Sari

bunga lengkap

Gambar oleh kie-ker dari Pixabay

Benang sari merupakan bagian tumbuhan yang bertugas sebagai alat reproduksi jantan, serta menjadi bagian terpenting bagi tanaman untuk keperluan perkembangbiakan. Benang sari terbagi menjadi  beberapa bagian yaitu ujung tangkai, tangkai sari, dan kepala sari.

Umumnya, bunga memiliki empat kotak sari atau mikrosporangia yang menghasilkan serbuk sari di dalamnya. Serbuk sari ini akan dikeluarkan dan tersebar melalui angin atau bantuan serangga. Serbuk sari akan menempel pada putik bunga, baik pada bunga yang sama atau bunga berbeda. Ketika serbuk sari menempel pada putik, saat itulah terjadi penyerbukan pada bunga.

 

7. Kepala Putik

bunga lengkap

Gambar oleh rajesh misra dari Pixabay

Kepala putik mempunya nama lain yaitu stigma. Bagian ini berfungsi sebagai tempat masuknya serbuk sari. Kepala putik berada pada bagian paling atas, supaya bisa menangkap serbuk sari dan menyalurkannya menuju bagian ovarium.

 

8. Tangkai Putik

bunga lengkap

Gambar oleh Ralf Kunze dari Pixabay

Tangkai putik disebut juga dengan stilus yaitu bagian yang mendukung kepala putik agar tetap tegap.Tangkai putik berbentuk tabung yang berfungsi sebagai saluran menuju ovarium. Serbuk sari yang melekat pada kepala putik akan melewati saluran ini menuju inti generatif.

 

9. Bakal Buah

bunga lengkap

Oleh: www.slideshare.net

Bagian ini adalah tempat terjadinya pembuahan atau biasa disebut dengan ovarium. Di sini, akan terjadi proses peleburan antara gamet jantan dengan betina untuk menghasilkan bakal buah.

 

10. Bakal Biji

bunga lengkap

Oleh: http://fahjfm.blogspot.com

Bakal biji adalah tempat terjadinya pembentukan biji yang dikenal dengan ovulum. Tempat ini merupakan bagian yang penting untuk kelestarian tanaman pada masa mendatang.

 

Nah, itulah penjelasan tentang bunga lengkap yang harus kalian ketahui. Banyak sekali contoh bunga lengkap, lho! Di antaranya adalah bunga sepatu, mawar, tulip, anggrek, alamanda, kaktus, bougenville, dan edelweiss. Semoga informasi ini dapat menambah ilmu bagi kalian, ya!

Leave a Reply