Di Dunia Ini Ada Wujud Benda Apa Saja, Ya? Ayo, Simak Penjelasannya!

Ada berbagai macam benda yang mengelilingi kita sehari-hari. Seperti tas, pakaian, air, udara, dan makanan. Dari beberapa contoh benda yang telah disebutkan dapat kita simpulkan bahwa benda adalah sesuatu yang bisa kita lihat dan rasakan keberadaannya dan secara umum dapat dikelompokkan dalam tiga macam wujud benda.

Apa saja wujud benda yang harus kalian ketahui? Bagaimana ciri dan karakter setiap wujud benda? Yuk, kita simak penjelasannya.

 

Sifat dan Karakter Wujud Benda

Wujud benda dibedakan menjadi tiga macam dengan ciri dan karakter khusus yaitu padat, cair, dan gas. Ketiga macam wujud tersebut dapat mewakili aneka ragam benda di muka bumi ini. Berikut penjelasan wujud benda secara lengkap:

1. Benda Padat

wujud benda

Oleh: https://sd.prasacademy.com/

Benda padat merupakan wujud benda yang paling sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya adalah pakaian, meja, kursi, batu, lemari, dan sebagainya. Berikut ciri dari benda padat:

 

a. Tidak Berubah

wujud benda

Oleh: www.his-travel.co.id

Benda padat tidak akan mengalami perubahan bentuk, warna, dan ukuran apabila dipindahkan ke mana pun.

Contoh: pakaian tidak akan berubah meskipun dibawa ke mana pun.

 

b. Memiliki Berat/ Massa

wujud benda

Oleh: www.agrofarm.co.id

Benda padat memiliki berat/massa yang bisa ditakar dengan ukuran.

Contoh: beras dan gula yang dapat diukur dengan satuan berat g atau kg.

 

c. Perubahan Bentuk Dapat Terjadi dengan Proses Tertentu

wujud benda

Oleh: www.ayobekasi.net

Benda padat tidak dapat mengalami perubahan dengan proses alamiah, tetapi dapat berubah dengan mengalami perubahan bentuk melalui beberapa proses tertentu. Proses perubahan bentuk benda padat dapat dilakukan dengan melalui perubahan  fisik dan perubahan kimia.

Perubahan fisik hanya akan terjadi apabila benda berubah ukurannya.

Contoh: kayu yang dipotong menjadi dua bagian.

Perubahan kimia merupakan proses perubahan wujud benda padat ke benda cair atau gas. Benda padat yang berubah menjadi cair berarti mengalami proses mencair. Contoh: es batu yang mencair.

 

2. Benda Cair

wujud benda

Gambar oleh rony michaud dari Pixabay

Benda cair yang biasa kita temui sehari-hari adalah air, minyak, sirup, kecap, dan sebagainya. Berikut ini adalah sifat dan karakter benda cair yaitu :

a. Bentuknya Menyesuaikan Wadahnya

wujud benda

Oleh: www.klikdokter.com

Berbeda dengan benda padat yang  tidak berubah bentuk meski dipindahkan, benda cair justru mengalami perubahan sesuai dengan bentuk wadahnya ketika dipindahkan.

Contoh: Air dalam gelas akan mengikuti bentuk gelas dan akan mengikuti bentuk botol jika kalian pindahkan ke botol.

 

b. Permukaan Benda Cair Selalu Datar

wujud benda

Gambar oleh Katzenfee50 dari Pixabay

Air yang berada dalam gelas dan botol walaupun bentuknya berbeda, permukaan airnya akan selalu datar. Bahkan ketika kalian memiringkan wadahnya pun, permukaan air juga akan tetap datar.

 

c. Mengalir dari Tempat Tinggi ke Tempat Rendah

wujud benda

Oleh: www.cnnindonesia.com

Benda cair akan mengalir dari tempat tinggi ke tempat rendah. Hal ini dapat dibuktikan dengan air yang tidak sengaja tumpah dari atas meja akan jatuh ke lantai. Begitu pula dengan jenis benda cair lainnya, seperti kecap atau minyak.

 

3. Benda Gas

wujud benda

Gambar oleh JuergenPM dari Pixabay

Benda gas yang dapat terlihat secara kasat mata adalah asap. Selain asap, udara juga merupakan contoh dari benda gas, tetapi tidak dapat terlihat dengan mudah oleh mata. Berikut ini adalah sifat dan karakter benda gas yang perlu kita tahu, yaitu :

a. Menempati Ruang

wujud benda

Gambar oleh Mircea Iancu dari Pixabay

Benda gas memiliki sifat menempati ruang, hal ini dapat dibuktikan dengan cara meniup plastik. Udara yang ditiupkan kepada plastik tersebut akan memenuhi sesuai dengan ruang plastik.

 

b. Memiliki Tekanan

wujud benda

Gambar oleh Free-Photos dari Pixabay

Hal ini dapat dibuktikan dengan ban sepeda yang terus menerus dipompa akan mengisi ruang di dalamnya dan akan menekan ke segalah arah jika terus-menerus diisi akan mengalami tekanan yang dapat menyebabkan meletusnya ban sepeda.

 

c. Memiliki Berat

Gas memiliki berat, hal ini dibuktikan dengan balon yang telah ditiup akan jatuh  ke lantai. Selain itu, ada balon gas yang telah diisi oleh gas nitrogen akan mengambang di udara.

 

Tahukah kalian jika wujud benda dapat berubah ke wujud benda lainnya? Seperti benda padat dapat berubah ke wujud benda cair atau gas, begitu pula sebaliknya. Perubahan wujud ini terjadi karena benda telah mengalami proses tertentu. Semoga pembahasan ini dapat bermanfaat untuk kalian, ya!

Leave a Reply