header-artikelku

sifat-sifat benda

Hallo teman-teman kembali bertemu dengan Kak Muffin. Pada kesempatan kali ini kita akan belajar tentang perubahan sifat benda. Diharapkan setelah mempelajari tentang benda dan perubahan sifatnya nantinya teman-teman bisa menjawab dan jelaskan perbedaan peristiwa mencair dan menguap. Yuk, langsung saja kita belajar tentang benda, sifat, dan perubahannya!

Apa yang Dimaksud dengan Sifat Benda

Teman-teman, sebelum kita sampai pada pembahasan tentang benda dan perubahan sifatnya, sebaiknya kita pahami dulu apa itu sifat-sifat benda. Teman-teman harus tahu bahwa, benda yang ada di sekitar kita digolongkan menjadi tiga jenis, yaitu benda padat, benda cair, dan benda gas. Ketiga benda tersebut memiliki sifat yang berbeda.

 

Jenis-Jenis Benda

sifat-sifat benda
Gambar Oleh: Atlascompany – Freepik.com

Teman-teman, salah satu manfaat mempelajari dan memahami sifat-sifat benda adalah untuk mengetahui cara memperlakukan benda-benda yang ada di sekitar kita dengan cara yang benar. Seperti misalnya wujud benda padat.

  1. Benda Padat

Di sekitar kita ada banyak benda yang berwujud padat. Teman-teman dapat memegangnya, dapat memindahkannya tanpa mengubah bentuk asli dari benda yang dipegang. Benda padat yang ada di sekitar kita dapat diubah dengan beberapa cara, yaitu diberi panas, diberi perlakuan fisik seperti menekan, menggunting, menyobek, atau melipat dan diberi tekanan tinggi.

  1. Benda Cair

Selanjutnya adalah benda cair. Salah satu contoh benda cair yang ada di sekitar kita adalah air. Benda cair yang ada di rumah teman-teman biasanya terdapat di dalam sebuah wadah misalnya bak mandi, gelas, baskom, atau ketel air. Coba teman-teman perhatikan, ketika benda cair itu dipindahkan, bentuknya pasti akan berubah mengikuti bentuk wadahnya.

Apabila wadah yang digunakan berlubang, maka benda cair akan mengalir keluar dari wadahnya. Coba teman-teman perhatikan dan amati sungai yang ada di sekitar. Air yang ada di dalam badan sungai pasti akan mengalir dari tempat tinggi ke tempat yang lebih rendah.

  Sistem Otot Manusia, Apa Saja Fungsinya?

Oh ya bukan hanya itu, benda cair juga bisa merambat lewat serat-serat halus yang terdapat pada kain. Benda cair akan mengisi rongga-rongga kecil atau pori-pori yang terdapat pada sebuah kain. Itulah sebabnya, kenapa kain tidak bisa digunakan sebagai wadah untuk menampung benda cair.

  1. Benda Gas

Selain padat dan cair ada benda yang berwujud gas. Teman-teman harus tahu pada saat bernafas kita memasukkan dan mengeluarkan gas dari dalam tubuh. Manusia menghidup gas oksigen dan kemudian mengeluarkan gas karbon dioksida.

Contoh lagi, pada saat akan mengembangkan balon teman-teman juga harus meniupkan gas ke dalam balon. Dengan meniup, teman-teman juga bisa menggerakkan selembar kertas dari tangan. Bahkan, teman-tema juga bisa mencium dan membau nafas atau bau lain yang berwujud gas.

Dengan memahami sifat-sifat gas, manusia bisa menciptakan minyak wangi. Tetapi, apakah kita bisa melihat wujud gas dan mengubah bentuknya? Teman-teman bisa mengetahui dengan mempelajari sifat-sifat benda.

 

Sifat Benda

Setelah mempelajari tentang jenis-jenis benda, sekarang saatnya kita belajar tenang sifat-sifat yang terdapat pada benda. Dengan mempelajari sifat dari masing-masing benda, nanti teman-teman akan bisa memahami benda mana saja yang bisa dipegang dan diubah bentuknya.

  1. Sifat Benda Padat

sifat-sifat benda
Gambar Oleh: Artdd – Freepik.com

Benda padat memiliki beberapa sifat di antaranya adalah, bentuk dan besarnya tetap menempati ruangan. Selain itu benda padat juga mempunyai massa atau berat, dapat dipegang, dan memiliki volume. Contoh benda padat di antaranya adalah embok, kayu, keramik, batu, dan lain-lain.

  1. Sifat Benda Cair
sifat-sifat benda
Gambar Oleh: Rawpixel.com – Freepik.com

Adapun sifat yang dimiliki oleh benda cair yaitu, bentuknya bisa berubah-ubah sesuai dengan wadah yang ditempatinya. Benda cair juga memiliki isi yang tetap. Contoh dari benda cair yang ada di sekeliling kita di antaranya adalah sirup, kecap, susu, minyak, saos, oli, dan lain sebagainya.

  1. Sifat Benda Gas 
  Pendidikan Olahraga untuk Sekolah Dasar (SD): Mengenal Senam Lantai dan Gerakannya
sifat-sifat benda
Gambar Oleh: Anusorn_Nakdee – Freepik.com

Terakhir, sifat-sifat yang dimiliki oleh benda gas. Beberapa sifat benda gas diantaranya adalah bentuknya tidak tetap. Benda gas akan mengisi seluruh ruang yang ditempatinya. Contoh dari benda gas yang ada di sekitar kita adalah oksigen yang kita gunakan untuk bernafas dan karbondioksida yang keuar dari tubuh kita.

 

Perubahan Sifat Benda Kelas 5

Benda-benda yang ada di sekitar kita memiliki ciri dan sifat yang unik. Ketika teman-teman bisa memahami sifat-sifat benda, maka teman-teman akan sangat mudah mempelajari fenomena alam yang terjadi di sekitar dengan baik.

Walau di alam ini hanya ada tiga wujud benda, yakni padat, cair, dan gas namun ketiganya dapat mengalami perubahan wujud dengan cara yang berbeda-beda. Perubahan pada masing-masing wujud benda bisa terjadi karena pengaruh lingkungan. Misalnya suku di lingkungan berubah, dari yang awalnya panas menjadi dingin atau sebaliknya. Berikut akan dijelaskan macam-macam perubahan wujud benda:

  1. Membeku

sifat-sifat benda
Gambar Oleh: Rcphotostock – Freepik.com

Perubahan sifat benda yang pertama adalah membeku.Perubahan wujud membeku bisa terjadi pada benda cair menjadi padat. Bagaimana perubahan ini bisa terjadi? Perubahan wujud membeku terjadi karena perubahan suhu di lingkungan, yaitu dari panas menjadi dingin. Benda cair akan menjadi beku jika berada pada suhu di bawah 0°C. Contoh dari perubahan wujud ini dalam kehidupan sehari-hari adalah air yang berubah menjadi es.

  1. Mencair

sifat-sifat benda
Gambar Oleh: Wirestock – Freepik.com

Perubahan sifat benda yang berikutnya adalah mencair. Perubahan wujud mencair merupakan perubahan yang terjadi pada benda padat menjadi cair. Hal ini bisa terjadi karena adanya perubahan suhu dari dingin menjadi panas. Contoh peristiwa perubahan benda dari padat menjadi cair yang sering dijumpai di sekitar adalah es yang mencair.

  1. Menguap

sifat-sifat benda
Gambar Oleh: Romeo22 – Freepik.com

Menguap merupakan perubahan sifat benda dari cair menjadi gas. Perubahan wujud benda menguap sangat mudah dijumpai pada saat kegiatan masak-memasak. Ketika air dipanaskan di atas kompor, dalam beberapa saat air akan mendidih dan mengeluarkan uap. Peristiwa mendidih pada air merupakan contoh terjadinya penguapan. Perubahan benda cair menjadi gas akan menyebabkan pengurangan volume pada air.

  1. Mengembun

sifat-sifat benda
Gambar Oleh: Topntp26 – Freepik.com

Apa itu mengembun? Mengembun yaitu salah satu  peristiwa perubahan wujud dari benda gas menjadi benda cair. Peristiwa mengembun merupakan kebalikan dari perubahan sifat benda kelas 3 menguap. Jadi, ketika gas mengembun, gas adakan melepaskan kalor atau panas. Hal itu terjadi karena adanya penurunan suhu yang ada di sekitar.

  Daun Semanggi Bisa Dijadikan Sebagai Obat, Cek Faktanya Yuk!

Contoh perubahan sifat benda mengembun dalam kehidupan sehari-hari adalah peristiwa pengembunan yang terjadi pada waktu pagi hari.Teman-teman dapat pastikan, wala di malam sebelumnya tidak terjadi hujan, pada waktu pagi akan ada tetesan air pada tanaman-tanaman yang ada di sekitar rumah.

Teman-teman juga bisa menjumpai beberapa tempat yang akan terasa lebih lembab karena adanya air. Pengembunan ini terjadi karena uap air di dalam udara menyentuh permukaan daun dan benda-benda lain yang ada di sekitar kita.

  1. Menyublim

sifat-sifat benda
Gambar Oleh: Parashar29 – Freepik.com

Teman-teman, menyublim merupakan peristiwa perubahan wujud dari padat menjadi gas. Kebalikan dari menyublim adalah mengkristal, yaitu perubahan wujud gas menjadi padat. Jika teman-teman pernah mengamati perubahan ukuran pada kapur barus yang diletakkan di lemari, dari besar menjadi kecil, hal itu merupakan contoh menyublim.

 

Bagaimana teman-teman, sampai di sini apakah penjelasan Kak Muffin bisa diterima? Untuk lebih pahamnya, mungkin teman-teman bisa mempelajari perubahan sifat benda melalui  Gambar perubahan sifat benda yang telah Kak Muffin sediakan. Semoga penjelasan ini bisa membantu teman-teman dalam menghadapi kesulitan belajar di sekolah.

error: Isi artikel ini dilindungi !!