Berkenalan dengan Jeruk Baby, Jeruk Manis dengan Seribu Manfaat

Jangan salah, Teman-Teman! Meskipun bernama jeruk baby, bukan berarti jeruk ini berukuran kecil, ya. Dengan tingkat keasaman rendah dibandingkan jenis jeruk konsumsi lainnya, membuatnya aman dikonsumsi oleh siapa pun termasuk bayi. Oleh karena itu, jeruk ini memiliki sebutan jeruk baby.

Selain disebut dengan jeruk baby, jeruk ini biasa disebut juga dengan jeruk pacitan, karena jeruk ini mudah ditemukan di kota tersebut. Pada siang hari yang panas nan terik, rasa manis dari perasan jeruk ini dapat menjadi pilihan pas untuk menghapuskan dahaga kalian. Manfaat dari jeruk ini juga banyak sekali, lho Teman-Teman! Kira-kira apa saja manfaatnya, ya? Yuk, kita cari tahu bersama!

Ciri Khas Jeruk Baby

Ayo, kalian sudah tahu belum perbedaan dari jeruk baby dan jeruk konsumsi lainnya? Sebelum mengetahui berbagai manfaatnya, kita ketahui terlebih dahulu ciri khas dari jeruk ini, yuk! Berikut beberapa ciri khas dari dari jeruk baby:

1. Berwarna Hijau atau Orange Cerah

jeruk baby

Gambar oleh monicore dari Pixabay

Biasanya jeruk berwarna hijau terasa kurang manis, tetapi berbeda dengan jeruk baby. Jeruk ini tetap memiliki rasa manis yang menyegarkan. Begitu pula dengan rasa jeruk baby yang berwarna orange cerah.

2. Berkulit Tebal

Apabila kalian mengupas kulit jeruknya, ketebalan kulitnya begitu terasa. Walaupun tebal, kalian tidak akan kesulitan saat mengupasnya karena serat-serat pada jeruk tersebut tidak begitu banyak. Bahkan, kalian dapat dengan mudah mengupasnya. Tekstur kulitnya pun sangat halus seperti kulit bayi.

3. Daging Jeruk Berwarna Kuning Pucat

jeruk baby

Gambar oleh sigueme en istagram dari Pixabay

Berbeda dengan jeruk impor yang daging buahnya berwarna terang dan terlihat menggiurkan, jeruk baby justru memiliki warna daging pucat kekuningan. Namun jangan salah, rasanya dapat mengalahkan jeruk-jeruk impor tersebut, lho Teman-Teman!

4. Tingkat Keasaman Lebih Rendah

jeruk baby

Gambar oleh Henryk Niestrój dari Pixabay

Seperti yang kita ketahui, jeruk ini aman dikonsumi oleh siapa pun termasuk bayi. Hal itu karena tingkat keasaman pada jeruk baby lebih rendah 50% dari jeruk konsumsi lainnya. Oleh karena itu, jeruk ini memiliki rasa begitu manis yang sangat cocok untuk dikonsumsi bagi bayi dan anak-anak.

5. Cara Mengonsumsi

Tidak seperti jeruk-jeruk lainnya, jeruk ini memiliki cara lain untuk mengonsumsinya, yaitu dengan mengekstrak sari jeruknya. Hasil dari ekstraknya dapat dijadikan jus atau hanya ditambahkan 100 ml air saja, kalian dapat menikmati sensasi menyegarkan dalam menikmati jeruk baby yang manis ini.

Kandungan Gizi Jeruk Baby

jeruk baby

Gambar oleh Ulrike Mai dari Pixabay

Jeruk baby mengandung nutrisi dan vitamin yang banyak sekali, lho! Dengan mengetahui kandungan gizi dalam jeruk ini, kita dapat mengetahui manfaat apa saja yang didapatkan ketika mengonsumsinya. Berikut kandungan gizi yang ada pada jeruk baby:

• Air 87,20 g
• Karborhidrat 33,03 g
• Kalsium 23,07 g
• Lemak 11,24 g
• Kalori 0,92 g
• Fosfor 0,42 g
• Protein 0,23 g
• Vitamin A 190,01 SI
• Vitamin B1 dan B6 0,08 mg
• Vitamin C 49,08 mg

Kandungan gizinya banyak sekali, bukan? Segala gizi makanan yang dibutuhkan oleh tubuh kita sudah terkandung di dalamnya. Oleh karena itu, apabila kita mengonsumsi jeruk baby secara rutin, kita akan memperoleh tubuh yang sehat dan bugar.

Manfaat Mengonsumsi Buah Jeruk Baby

Banyaknya kandungan gizi dalam jeruk tersebut dapat memberikan manfaat bagi tubuh kita, lho Teman-Teman! Berikut manfaat yang akan kita rasakan jika mengonsumsi jeruk baby secara rutin, di antaranya adalah:

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

jeruk baby

Gambar oleh Pexels dari Pixabay

Setiap manusia pasti ingin mendapatkan tubuh yang sehat. Salah satu cara untuk mendapatkannya adalah dengan berolahraga dan makan makanan bergizi. Seperti yang sudah kita ketahui, jeruk baby merupakan buah dengan kandungan gizi yang lengkap. Kandungannya dapat memenuhi kebutuhan nutrisi yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Oleh karena itu, masukkan jeruk ini ke dalam menu kalian dan minumlah perasan jeruk baby ini secara rutin. Sehingga kita dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan dapat terhindar dari berbagai macam penyakit.

2. Mencegah dan Menyembuhkan Sariawan

jeruk baby

Gambar oleh ivabalk dari Pixabay

Sariawan merupakan salah satu gangguan mulut yang dialami oleh seseorang karena kekurangan vitamin C. Gangguan mulut ini biasanya membuat kita tidak nyaman saat makan karena rasa sakit yang datang ketika tidak sengaja tersentuh. Hal tersebut tentu dapat dicegah apabila kita rutin mengonsumsi jeruk baby yang kaya akan sumber vitamin C. Kalian juga dapat menyembuhkan atau terhindar dari sariawan dengan mengonsumsi jeruk ini secara rutin, ya!

3. Menurunkan Risiko Kanker

jeruk baby

Gambar oleh Seksak Kerdkanno dari Pixabay

Jeruk baby banyak mengandung serat penangkal radikal bebas penyebab munculnya kanker dalam tubuh. Apabila kalian meminum jeruk ini secara rutin, dapat menyeimbangkan kadar serat dalam tubuh sehingga dapat menurunkan risiko kanker dalam tubuh kita.

4. Memperbaiki Kondisi Kulit

jeruk baby

Gambar oleh Nika Akin dari Pixabay

Jika kalian ingin mendapatkan kulit sehat, mengonsumsi vitamin C dengan kandungan tinggi merupakan solusinya. Kandungan vitamin C di dalamnya, dapat membantu menghancurkan penumpukan radikal bebas dalam kulit penyebab penuaan dini dan dapat membantu mencerahkan kulit wajah.

5. Mencegah Diabetes

jeruk baby

Gambar oleh Marina Pershina dari Pixabay

Rasa manis pada jeruk ini tidak akan memicu penyakit diabetes. Sebaliknya, dengan mengonsumsinya dapat menghindari kemungkinan terkena diabetes. Hal itu karena jeruk baby mengandung serat dan fruktosa. Fruktosa merupakan zat yang dapat menjaga kadar gula darah pada tubuh tetap normal. Jadi, mulai sekarang jika kalian mencari minuman manis, beralih pada minuman jeruk baby ini, yuk Teman-Teman!

6. Menenangkan Saraf dan Otot

jeruk baby

Gambar oleh Ana Krach dari Pixabay

Jeruk baby mengandung zat fitonutrien yang berfungsi membantu menenangkan saraf dan otot dalam tubuh. Itulah alasannya saat kita mengonsumsi buah jeruk, tercipta perasaan tenang dan nyaman setelahnya, mood kita pun akan membaik setelah kita mengonsumsinya.

7. Menormalkan Tekanan Darah

jeruk baby

Gambar oleh Ewa Urban dari Pixabay

Selain mengandung fitonutrien, jeruk baby juga mengandung magnesium yang dapat menjaga tekanan darah tetap stabil dan normal. Selain itu, kandungan vitamin B6 berperan dalam pembentukan hemoglobin dalam darah. Biasanya, orang yang suka mengonsumsi buah jeruk jarang memiliki keluhan seputar tekanan darah.

8. Menurunkan Kolesterol

jeruk baby

Gambar oleh: https://parenting.orami.co.id/

Menurut sebuah penelitian, pada kulit jeruk baby terdapat kandungan nutrisi yang membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Jadi, apabila Teman-Teman habis mengonsumsi banyak daging, sebaiknya minum perasan jeruk ini, ya! Ingatkan juga orang tua kalian, agar kesehatannya tetap terjaga.

Wah, banyak sekali manfaat jeruk baby ini, ya! Kita dapat menikmati segarnya es jeruk ini sekaligus memiliki badan yang sehat. Oleh karena itu, mulai sekarang jika kalian mencari minuman segar, kalian bisa menjadikan jeruk ini sebagai pilihan. Yuk, mulai mengonsumsi jeruk ini secara rutin, Teman-Teman!

Leave a Reply