6 Budaya Indonesia yang Terkenal Di Mancanegara

Indonesia adalah salah satu Negara di kawasan Asia Tenggara yang nama dan popularitasnya mendunia. Baik dari segi kemajuan perekonomian, keindahan alam, kekayaan sumber daya manusia dan bahkan keragaman budaya Indonesia. Sudah banyak Negara lain yang mengakui budaya-budaya Indonesia. Tidak disangkal bahwa Negara Indonesia ini memiliki beragam kebudayaan peninggalan leluhur yang tersohor dan dikenal banyak orang hingga ke mancanegara. Suatu kebanggaan tersendiri bagi kita orang Indonesia mengetahui bahwa warisan budaya negeri ini mendapat pengakuan dan dikenal oleh dunia.

Warisan Budaya Indonesia yang Mendunia

Dari banyaknya ragam budaya yang ada di daerah-daerah, berikut ini beberapa benda warisan budaya yang popular dan bahkan dipelajari di luar negeri. Diantaranya adalah :

1. Batik

Meskipun sempat bersitegang dengan negara tetangga karena klaim kepemilikan batik, akhirnya batik dinobatkan sebagai warisan budaya asli Indonesia. Penobatan ini dilakukan oleh lembaga PBB yang bergerak di bidang kebudayaan yaitu UNESCO. Penobatan ini semakin mengukuhkan posisi batik sebagai hasil kebudayaan Indonesia dan semakin membuat kepopuleran batik meningkat dan meluas hingga ke seluruh dunia. Pemerintah Indonesia menetapkan tanggal 2 Oktober sebagai hari batik, hari dimana batik diakui oleh dunia. Oleh karena itu, mari beramai-ramai memakai batik dalam keseharian kita!

2. Wayang

budaya indonesia
Oleh: https://wayangku.id/

Wayang merupakan kesenian asli Indonesia yang berupa pertunjukan kisah dan tokoh pewayangan yang diiringi dengan gamelan dan sinden. Wayang ini umumnya menceritakan sebuah kisah di masa lampau. UNESCO telah mengakui bahwa wayang memang merupakan hasil kebudayaan asli Indonesia. Penobatan ini terjadi pada tahun 2003. Semenjak itulah, wayang semakin dikenal dan meluas hingga ke mancanegara. Banyak turis asing yang datang ke Indonesia dan membawa pulang wayang sebagai cenderamata.

3. Angklung

Pada tanggal 16 November 2010, UNESCO menetapkan bahwa angklung merupakan salah satu warisan budaya dunia yang berasal dari Indonesia. Alat musik yang satu ini cukup unik dan menarik. Pasalnya, alat musik ini lebih indah jika dimainkan bersama-sama. Alur dan harmoninya menjadi daya pikat tersendiri bagi para pemain dan juga penikmatnya. Beberapa sumber menyatakan bahwa di negara seperti Korea Selatan, Jepang dan Malaysia mulai mengajarkan angklung pada anak-anak mereka.

4. Gamelan

budaya indonesia
Oleh: https://www.goodnewsfromindonesia.id/

Gamelan merupakan salah satu alat musik tradisional yang tidak lagi diminati oleh anak muda Indonesia. Tidak banyak dari generasi ini yang mau mempelajari dan memperdalam musik gamelan. Namun, hal ini berbeda dengan di luar negeri, gamelan ternyata cukup popular di beberapa belahan negara lain. Sebut saja seperti New Zealand yang bahkan menjadikan gamelan sebagai mata pelajaran tetap. Singapura, Amerika dan Jepang juga sudah mulai mengajarkan anak-anak mereka untuk bermain gamelan. Melihat populernya gamelan di luar negeri, bukankah sungguh disayangkan sekali jika anak pribumi malah tidak menguasainya.

5. Keris

budaya indonesia
Oleh: https://alif.id/

Keris merupakan senjata adat suku Jawa. Banyak yang mengatakan bahwa keris merupakan simbol mistis dan kekuatan gaib. Keris juga telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya asli Indonesia. Keris sendiri telah digunakan sejak abad ke-9. Pada masa itu, keris terbuat dari bahan logam berkualitas tinggi seperti titanium. Inilah mengapa keris bisa sangat tajam sekali. Keris merupakan salah satu benda budaya yang cukup unik. Hal ini bisa dilihat dari bentuknya yang tidak biasa.

6. Tari Barong

budaya indonesia
Image by zabiabidin from Pixabay

Kebudayaan Indonesia selanjutnya yaitu tari barong yang berasal dari Bali. Tari ini berasal dari peradaban pra Hindu dan masih dilestarikan hingga saat ini. Tari barong biasanya dimainkan pada perayaan hari tertentu. Gerakan tarinya yang unik dan penuh semangat semakin membuat penontonnya terpukau. Tari ini menggambarkan pertempuran antara kebaikan melawan kejahatan dan kebathilan. Banyak wisatawan asing yang datang ke Bali untuk menikmati pertunjukan seni tari ini.

Budaya bangsa Indonesia tidak bisa diremehkan. Dari yang unik, menarik bahkan mengandung mistis, semua ada di Indonesia. Sebagai warga Negara Indonesia yang baik, sudah seharusnya kita mulai untuk mencintai dan menanamkan rasa bangga terhadap keragaman budaya ini. Tugas generasi muda masa kini adalah mempelajari dan melestarikan agar budaya Indonesia yang terkenal di mancanegara ini semakin popular dan tetap lestari.

Leave a Reply