Efek Rumah Kaca yang Terjadi Pada Bumi

Pernahkah kamu berfikir mengapa suhu udara di siang hari demikian panas dan pengap, dan suhu malam hari tidak lagi terasa dingin menusuk tulang? Hal yang terjadi ini merupakan salah satu dari efek rumah kaca. Rumah kaca adalah sebuah bangunan terbuat dari kaca yang difungsikan sebagai tempat untuk bercocok tanam. Bangunan ini sengaja dibuat dari kaca dengan tujuan agar udara di dalamnya tetap hangat. Begitulah gambaran untuk kondisi di atas atau yang mungkin biasa kita sebut sebagai efek rumah kaca.

Pengertian dan Proses Terjadinya Efek Rumah Kaca

efek rumah kaca
Photo by Karl Gerber from Pexels

Pengertian efek rumah kaca adalah proses pemanasan yang terjadi di permukaan bumi karena disebabkan oleh komposisi dan kondisi atmosfer. Efek rumah kaca berhubungan langsung dengan gas rumah kaca. Gas rumah kaca adalah sekumpulan gas yang ada di dalam atmosfer bumi, yang menjadi penghalang keluarnya panas dari permukaan bumi.

Baca Juga  Rafflesia Arnoldii, Bunga Raksasa yang Perlu Kamu Ketahui Faktanya

Gas rumah kaca bisa diibaratkan sebagai bangunan rumah kaca yang disebutkan sebelumnya. Gas rumah kaca ada yang bersifat alami yaitu yang dihasilkan dari proses alamiah makhluk hidup. Namun, dewasa ini, komposisi gas rumah kaca semakin meningkat karena aktivitas manusia

Lalu, aktivitas manusia apa sajakah yang bisa menyebabkan timbulnya gas rumah kaca? Gas rumah kaca terdiri dari beberapa macam gas seperti karbondioksida, metana, nitrous oxide dan lain sebagainya. Gas ini timbul dari pembakaran BBM, batu bara, dan bahan bakar organik lainnya seperti kayu, plastik dan lain sebagainya. Asap pabrik merupakan salah satu penyumbang terbesar terhadap terbentuknya gas rumah kaca.

Seperti yang kita ketahui bahwa energi matahari yang sampai di permukaan bumi, beberapa akan diserap dan beberapa akan dipantulkan kembali ke angkasa. Sinar matahari yang diserap ke dalam bumi akan diubah menjadi kalor untuk kemudian diradiasikan kembali ke angkasa dalam bentuk inframerah. Jika sinar inframerah ini terhalang oleh kumpulan gas rumah kaca, ia tidak akan bisa menembus dan akhirnya akan terpantul kembali ke bumi. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya efek rumah kaca.

Baca Juga  4 Alat Musik Modern Dan Sejarahnya

Dampak Terjadinya Efek Rumah Kaca Terhadap Bumi

Munculnya efek rumah kaca pasti akan membawa dampak yang tidak menguntungkan bagi bumi dan penduduk di dalamnya. Adapun dampak yang bisa ditimbulkan, sebagai berikut.

1. Perubahan Iklim

efek rumah kaca
Image by Tumisu from Pixabay

Salah satu gas yang berkontribusi dalam terbentuknya rumah kaca adalah uap air. Gas ini akan menyebabkan meningkatnya efek insulasi pada atmosfer yaitu terhalangnya proses perpindahan panas. Udara panas yang terjebak di dalam atmosfer mengakibatkan perubahan suhu. Daerah yang awalnya kering akan menjadi lembab karena kumpulan uap panas, sedangkan daerah yang awalnya dingin akan menjadi hangat. Akumulasi uap panas yang semakin meningkat akan mempengaruhi iklim. Musim tidak akan datang dengan tepat. Beberapa musim akan lebih pendek atau lebih panjang dari sebelumnya.

2. Terganggunya Kehidupan Ekosistem

efek rumah kaca
Photo by Sandy Millar on Unsplash

Tidak hanya manusia, kehidupan ekosistem lainnya pun akan ikut terganggu. Hutan, gunung, laut, sungai dan lain sebagainya. Jika hewan dan tumbuhan sudah mengalami gangguan, pastinya keseimbangan alampun akan terganggu. Karbon dioksida yang seharusnya diserap oleh tumbuhan, akan semakin meningkat karena berkurangnya ekosistem tumbuhan. Bahkan beberapa ekosistem akan punah jika kondisi seperti ini terus berlangsung.

Baca Juga  Inilah 23 Permainan Tradisional Indonesia Yang Mungkin Tidak Kamu Kenal

3. Mencairnya Gunung Es

efek rumah kaca
Image by Jerzy Górecki from Pixabay

Efek rumah kaca pasti akan menyebabkan pemanasan global. Pemanasan ini tidak hanya mempengaruhi makhluk hidup, benda matipun akan ikut terpengaruh. Contohnya adalah gunung es. Karena hawa panas, gunung es akan mencair dan hal ini berakibat pada meningkatnya volume air laut. Jika volumenya membesar, permukaan air lautpun akan semakin tinggi. Pulau-pulau kecil akan tenggelam, luas daratan akan berkurang dan dampak lain yang akan terasa.

4. Dampak Sosial dan Politik

efek rumah kaca
Image by 3centista from Pixabay

Dampak sosial dan politik yang timbul merupakan mata rantai dari dampak-dampak sebelumnya. Kekeringan akan terjadi dan memunculkan penyakit-penyakit yang berhubungan dengan hawa panas. Kekeringan dan udara panas juga akan menyebabkan berbagai masalah di kehidupan sehari-hari seperti gagal panen.

Itulah penjelasan mengenai pengertian, proses dan dampak dari efek rumah kaca. Melihat betapa buruknya dampak yang terjadi, sebisa mungkin kita harus menghindari terjadinya gas rumah kaca. Yang dapat kita lakukan sekarang ini adalah dengan menghemat listrik sebagai asumsi berkurangnya pembakaran batu bara, mengurangi pemakaian kendaraan bermotor dan mengurangi pembakaran sampah. Semoga aktivitas kecil ini bisa menyumbang berkurangnya efek rumah kaca.

Leave a Reply