Berang-Berang, Binatang Lucu yang Jago Membangun Bendungan

Berang-berang merupakan salah satu hewan yang lucu dan menarik. Hewan ini memiliki pola hidup yang berbeda dengan makhluk hidup lainnya. Berang-berang termasuk hewan semi akuatik yaitu bisa hidup di air atau darat. Namun, sebagian besar waktunya dihabiskan di air.

Berang-berang memiliki satu keahlian yang sangat menonjol. Hewan mamalia ini rupanya adalah seorang insinyur pembangun bendungan yang handal. Mereka membangun bendungan untuk dijadikan sarang sekaligus tempat bersosialisasi.

Fakta Unik tentang Berang-berang

Tahukah kalian bahwa berang-berang termasuk hewan yang cerdas? Ya, dengan kecerdasannya tersebut, sekumpulan berang-berang bisa membangun bendungan air hingga kedalaman 800 meter. Sangat hebat bukan?

Berikut ini adalah sisi unik dari berang-berang yang perlu kalian ketahui.

1. Memiliki Kacamata Renang

berang-berang

Gambar Oleh: Gambar oleh Thomas B. dari Pixabay

Berang-berang memiliki kelopak mata transparan yang akan membantunya berenang dan melihat di dalam air dengan mudah. Itulah mengapa hewan ini tidak memiliki kesulitan saat harus berenang dan menyelam hingga kedalaman tertentu.

2. Makhluk Manipulatif

berang- berang

Gambar Oleh: Gambar oleh valiya dari Pixabay

Hewan mamalia ini tergolong sebagai mahluk yang manipulatif setelah manusia. Mereka memanipulasi lingkungan sekitarnya dengan membangun bendungan sebagai pelindung sarangnya.

Berang-berang membangun rumah di air dengan tujuan tertentu. Mereka mencoba memanipulasi bau tubuh supaya tidak tercium oleh pemangsa. Jika mereka membangun rumah di darat, pemangsa akan sangat mudah menemukan mereka karena bau tubuhnya.

3. Makhluk Sosial

berang-berang

Gambar Oleh: Gambar oleh gary gray dari Pixabay

Meskipun memasang banyak tameng untuk perlindungan diri dari bahaya lingkungan, berang-berang rupanya adalah makhluk sosial yang baik terhadap sesamanya. Hewan ini tinggal berkelompok dengan keluarganya dan saling menjaga satu sama lain.

4. Mampu Membuat Bendungan Besar

berang-berang

Gambar Oleh: https://tekno.tempo.co/

Karena kecerdasan dan kerjasama yang baik antar berang-berang, tidak mengherankan jika mereka mampu membangun bendungan. Salah satu bendungan terbesar hasil karya hewan ini terletak di Taman Nasional Wood Buffalo dengan ukuran hampir 850 meter.

5. Membuat Rumah yang Unik

berang-berang

Gambar Oleh: Gambar oleh Marcel Langthim dari Pixabay

Sebelum membuat rumah, berang-berang membuat bendungan terlebih dahulu sebagai sarana perlindungan dari predator. Musuh utama mereka adalah serigala dan anjing liar.

Bendungan dan rumahnya terbuat dari ranting dan cabang pohon yang ditumpuk dengan rapi dengan bantuan lumpur. Bendungan yang dibuat di kawasan rumah memiliki celah yang memungkinkan air memasuki area rumah.

Rumah hewan ini sangat unik yaitu berbentuk kubah. Di dalamnya terdapat tempat tidur yang kering dan nyaman. Hanya saja, kalian harus bisa menemukan pintu rahasia untuk bisa memasukinya. Pintu ini sulit ditemukan supaya berang-berang dan keluarganya terhindar dari kejaran pemangsa.

6. Tahan Cuaca Ekstrem

berang-berang

Gambar Oleh: Gambar oleh InspiredImages dari Pixabay

Berang-berang merupakan salah satu hewan yang sangat tangguh dan kuat. Mereka mampu bertahan hidup dengan baik saat cuaca sedang buruk atau bahkan ekstrem. Hewan ini bahkan mampu bertahan dalam kolam yang tertutup es.

7. Memiliki Gigi yang Terus Tumbuh

berang-berang

Gambar Oleh: Gambar oleh Greg Newman dari Pixabay

 

Baca Juga  Seru! Komik Next G - Kasih Sayang Ibu

Salah satu kekuatan berang-berang adalah terletak pada giginya. Hewan ini memiliki empat gigi yang sangat kuat dan tak pernah berhenti tumbuh. Giginya terbagi menjadi dua gigi di atas dan dua gigi di bawah.

Empat gigi ini sangat kuat dan bahkan mampu mengerat batang kayu yang keras. Mereka mengerat perlahan dan sedikit demi sedikit hingga hancur atau menyesuaikan dengan bentuk dan ukuran yang diinginkan.

Selain untuk memotong cabang atau ranting kayu, berang-berang harus terus menggerogoti kayu supaya giginya tidak tumbuh. Jika tidak, gigi mereka akan terus memanjang.

8. Mempunyai Dua Sarang

berang- berang

Gambar Oleh: Gambar oleh Katrin B. dari Pixabay

Berang-berang termasuk hewan sosial. Mereka memiliki dua sarang yang berbeda fungsi. Sarang yang pertama dipergunakan sebagai tempat tinggal bersama keluarga dan tempat bersosialisasi. Sedangkan, sarang kedua dipakai untuk tempat berenang dan mengeringkan diri.

9. Dwifungsi Ekor

berang- berang

Gambar Oleh: Gambar oleh Hans Braxmeier dari Pixabay

Selain gigi, ekor adalah bagian tubuh berang-berang yang sangat fungsional. Di air, ekor akan berfungsi sebagai alat pendayung saat berenang. Di darat, ekor akan berfungsi sebagai alat keseimbangan diri.

Selain alat pendayung, ekor juga memiliki fungsi khusus bagi kelompok. Saat predator mendekat, berang-berang akan memukul-mukulkan ekornya ke air sebagai pertanda bahaya. Tanda ini akan membuat berang-berang lain menjauh dan menyelamatkan diri.

 

Baca Juga  Cari Tahu, Yuk Fakta Menarik Tentang Negara Mongolia!

Itulah beberapa keunikan dari hewan cerdas bernama berang-berang. Hewan yang satu ini memiliki kontribusi yang besar terhadap lingkungan melalui bendungan yang dibangunnya. Terbukti, bendungan berang-berang mampu menyaring sampah dan kotoran sehingga mengurangi pencemaran lingkungan.

Leave a Reply

error: Isi artikel ini dilindungi !!