10 Negara Terbersih di Dunia yang Dapat Kalian Jadikan Tempat Berlibur!

Mencoba berlibur ke luar negeri memang perlu dipertimbangkan sesekali supaya kamu mendapatkan suasana dan referensi baru. Namun, bisa jadi kamu bingung negara mana yang kira-kira cocok untuk dikunjungi sebagai pengalaman pertama traveling ke luar negeri. Tidak semua negara bisa dijadikan destinasi wisata karena satu dan lain hal. Namun, negara-negara di bawah ini pantas untuk kamu pertimbangkan karena merupakan 10 negara terbersih di dunia dengan pemandangan menakjubkan.

Daftar Negara Terbersih dan Bebas Polusi di Dunia

Selain pemandangan menakjubkan yang tidak bisa ditemui di Indonesia, alasan orang melakukan perjalanan wisata ke luar negeri adalah untuk mencari suasana berbeda di negara ini. Jika kamu selalu disuguhi pemandangan kurang enak karena jalanan kotor dan udara yang terkontaminasi polusi, mungkin di negara-negara ini kamu bisa menyejukkan mata dengan melihat tata kota yang bersih, rapi dan udara segar di sekitar.

Berikut ini adalah beberapa negara tujuan wisata yang merupakan salah satu negara terbersih di dunia. Diantaranya adalah :

1. Finlandia

Sejak 2016, negara ini selalu menempati urutan pertama sebagai negara paling bersih di dunia diantara 180 negara lainnya. Mengandalkan iklim dinginnya, negara yang terletak di Eropa Utara ini memiliki daya tarik tersendiri bagi tamu mancanegara. Tidak hanya didaulat sebagai negara terbersih, Finlandia juga meraih peringkat teratas sebagai negara yang paling berkualitas dalam beberapa bidang seperti ekonomi, pendidikan dan kesehatan.

2. Islandia

negara terbersih di dunia
Photo by Alec Cooks on Unsplash

Negara ini juga meraih nilai cukup tinggi dalam hal kebersihan. Pemandangan alamnya yang luar biasa semakin menambah daftar panjang alasan untuk berkunjung ke negara ini. kamu akan menemukan tempat-tempat bernuansa unik dan alam yang belum terjamah oleh manusia.

3. Swedia

negara terbersih di dunia
Image by Giraffew from Pixabay

Berbatasan langsung dengan Finlandia, negara ini turut meraih penghargaan sebagai salah satu negara terbersih di dunia. Udara di kota-kotanya sangat segar karena masih banyak terdapat bukit, gunung dan lembah yang tetap dibiarkan alami. Lingkungan di negara ini tidak banyak tercemar karena penduduknya lebih memiliki mengonsumsi hasil laut dari pada olahan pabrik.

4. Denmark

negara terbersih di dunia
Photo by Ava Coploff on Unsplash

Negara ini merupakan negara yang pihak pemerintahan dan penduduknya bekerja sama paling kompak dalam hal menjaga kebersihan lingkungan. Kekompakan ini membuahkan hasil sehingga mereka masuk ke dalam 5 besar negara terbersih di dunia. Selain pemandangan sekitar, kamu juga bisa menikmati iklim Denmark yang hangat. Musim dinginnya tidak terlalu dingin, musim gugurnya adalah musim paling basah dan musim semi adalah musim paling kering.

5. Slovenia

negara terbersih di dunia
Image by benj500 from Pixabay

Sebagai negara yang terletak di jantung Eropa, tidak mengherankan jika negara ini banyak disoroti dan diidamkan. Slovenia menjadi negara paling bersih nomor 5 di dunia. Negara ini terletak di posisi paling strategis karena dikelilingi oleh pegunungan Alpen yang tersohor itu.

6. Spanyol

negara terbersih di dunia
Photo by Jack Gisel on Unsplash

Siapa yang tidak mengenal negara adidaya di bidang sepak bola ini? Siapa yang menyangka bahwa Spanyol merupakan salah satu dari 10 negara terbersih di dunia. Tidak mengherankan jika setiap tahunnya, negara ini selalu dipadati turis asing. Mereka memiliki Barcelona dan Madrid sebagai primadona yang menarik perhatian penduduk dunia.

7. Portugal

negara terbersih di dunia
Photo by Magda Ehlers from Pexels

Negara ini bukan negara yang luas wilayahnya cukup besar. Tidak sebesar Spanyol, namun pemandangan alam dan kotanya sungguh luar biasa. Negara ini merupakan negara maju yang mengandalkan sektor ekonomi, politik dan sosialnya. Karena tingginya sumber daya manusia di negara ini, mereka mampu menjaga dan merawat negaranya sehingga dinobatkan sebagai salah satu negara terbersih di dunia.

8. Estonia

negara terbersih di dunia
Image by Sharon Ang from Pixabay

Di urutan selanjutnya, kamu akan melihat Estonia sebagai negara terbersih dan patut untuk dikunjungi. Negara ini mengandalkan wisata danau sebagai destinasi wisata andalannya. 1400 danau berukuran kecil dan besar siap menerima kehadiran kamu.

9. Malta

negara terbersih di dunia
Photo by Reuben Farrugia on Unsplash

Dengan jumlah penduduk hanya 300 juta jiwa, negara ini mampu meraih peringkat sebagai negara bersih dari polusi dan sampah. Potensi wisatanya bergantung pada peninggalan sejarah seperti situs dan arkeologi. Negara ini bukanlah negara industrialis besar, namun pariwisata menjadi tulang punggung dan menyumbang 40% pendapatan negara.

10. Perancis

negara terbersih di dunia
Photo by Vincent Rivaud from Pexels

Banyak dijadikan setting berbagai macam film, Perancis tetap tidak bisa membuat orang berpaling. Meskipun jutaan turis datang berkunjung setiap tahunnya, negara ini tetap memegang teguh standar kebersihan yang mereka tetapkan. Inilah sebabnya, Perancis selalu teratas dalam hal kebersihan.

Itulah 10 negara terbersih di dunia yang bisa kamu pertimbangkan untuk dikunjungi. Ambillah sebuah pelajaran dari perjalanan wisata, bahwasanya menjaga kebersihan adalah hal yang wajib dilakukan. Dimulai dari diri sendiri dan lingkungan sekitar, perilaku terpuji menjaga kebersihan lama kelamaan akan tertular pada orang lain. Lambat laun, jika semua orang Indonesia mampu menjunjung tinggi kebersihan, bukan tidak mungkin, Indonesia akan menggeser 10 negara terbersih di atas.

Leave a Reply