Currently set to Index
Currently set to Follow

Kita Intip Seperti Apa Rumah Orang Eskimo, Yuk!

Eskimo merupakan salah satu jenis suku yang terkenal di dunia. Mereka tinggal di kutub bumi, sebuah daerah yang sangat dingin dan tertutup oleh es. Orang-orang Eskimo tinggal di bagian Timur Siberia. Mereka memiliki rumah yang unik. Rumah orang Eskimo disebut dengan nama iglo. Iglo merupakan sebuah rumah yang terbuat dari es dan berbentuk setengah lingkaran. Inilah yang menjadikan rumah ini unik dan banyak diperbincangkan.

Sekilas Tentang Rumah Orang Eskimo

rumah orang eskimo
Oleh: https://www.thesun.co.uk/

Eskimo adalah sebuah suku yang cukup unik. Mereka sangat kebal untuk tinggal di wilayah yang sangat dingin. Rumah orang Eskimo pun disebut-sebut unik karena terbuat dari tumpukan es yang banyak membentuk sebuah rumah. Hidup di wilayah yang sangat dingin membuat orang Eskimo harus benar-benar pandai untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya.

Meskipun kehidupan orang Eskimo terlihat tertinggal dari suku bangsa lainnya, namun mereka tetap memiliki keunikan tersendiri. Mereka tetap mempertahankan cara hidupnya yang unik di tengah jaman yang sudah sangat modern. Bahkan, banyak orang yang tertarik untuk mengunjungi kutub utara dalam rangka menilik rumah unik yang dimiliki oleh suku Eskimo.

Ada banyak keunikan yang dimiliki oleh rumah orang Eskimo yang disebut dengan nama iglo. Iglo bukan hanya tentang sebuah rumah yang terbuat dari es saja. Lebih dari itu, bentuknya yang setengah lingkaran itulah yang membuatnya unik lain daripada yang lain. Simak keunikan yang dimiliki oleh rumah bangsa Eskimo berikut ini.

Keunikan Rumah Orang Eskimo

Suku Eskimo yang mendiami wilayah kutub utara memang selalu unik untuk diperbincangkan. Pasalnya, mereka memiliki rumah unik yang terbuat dari balok-balok es yang sangat kokoh. Berikut beberapa keunikan dari rumah orang Eskimo dibawah ini.

1. Terbuat Dari Salju

rumah orang eskimo
Oleh: https://id.pinterest.com/

Rumah biasanya terbuat dari batu bata atau kayu. Berbeda dengan iglo, rumah ini terbuat dari bongkahan es dan salju yang sangat dingin. Meskipun demikian, rumah ini bisa dihuni dengan nyaman setiap harinya.

2. Berbentuk Setengah Lingkaran

rumah orang eskimo
Oleh: https://www.outsideonline.com/

Jika di Indonesia, Anda bisa menemukan rumah Honai yang bentuknya menyerupai setengah lingkaran, Anda juga bisa menemukan rumah orang Eskimo yang memiliki bentuk setengah lingkaran. Namun, cara pembuatan rumah orang Eskimo memang lebih unik. Ini dibuat menggunakan bongkahan es dan salju di musim dingin dan dibuat menggunakan kayu dan tulang paus pada musim panas.

3. Merupakan Tempat Tinggal Sementara

rumah orang eskimo
Oleh: http://www.wilks.com.au/

Anda tidak boleh mengira kalau rumah orang Eskimo yang bernama iglo ini dihuni oleh orang-orang tersebut di setiap harinya. Orang-orang Eskimo hanya mendiami iglo yang terbuat dari bongkahan es dan salju pada saat berburu di musim dingin. Untuk rumah permanen, orang Eskimo membuatnya dari kayu serta tulang paus yang ditutup dengan kulit hiu, unik bukan? Untuk mengurangi rasa dingin dari salju yang menumpuk, orang-orang Eskimo membakar minyak ikan hiu untuk menghangatkan badan.

4. Dibuat Menggunakan Peralatan Sederhana

rumah orang eskimo
Oleh: http://www.watchersofthenorth.com/

Orang Eskimo membuat rumah iglo dengan senjata-senjata yang sangat sederhana. Mereka tidak menggunakan alat canggih untuk membantu sebuah iglo yang kokoh.

5. Tidak Meleleh

rumah orang eskimo
Oleh: https://www.energylivenews.com/

Rumah orang Eskimo terbuat dari bongkahan es dan salju, namun kenapa bisa tidak meleleh? Sesungguhnya rumah iglo bukannya tidak meleleh, hanya saja salju yang telah meleleh terserap oleh bongkahan es dan salju yang lain. Hal tersebut terjadi karena bentuk rumah iglo yang berbentuk setengah lingkaran sehingga tersebar ke seluruh area rumah iglo.

6. Tidak Dibutuhkan Waktu yang Lama untuk Membuatnya

rumah orang eskimo
Oleh: https://en.wikipedia.org/

Rumah orang Eskimo dibuat dalam waktu yang cukup singkat. Untuk jenis iglo yang memiliki ukuran kecil, rumah ini bisa dibuat dalam waktu semalam hingga 2 malam saja. Sedangkan untuk rumah yang permanen dibuat sebagai tempat tinggal tetap. Iglo yang berukuran cukup besar bahkan cukup untuk dihuni hingga 20 orang.

7. Kuat

rumah orang eskimo
Oleh: https://gordonwiltsie.photoshelter.com/

Meskipun rumah orang Eskimo terbuat dari bongkahan es dan salju, namun dijamin rumah ini sangat kuat dan kebal terhadap angin yang kencang. Hal ini dikarenakan sifat es yang memang merekat satu sama lain akan membuat desain bangunan menjadi lebih kuat dan tidak akan mudah rusak.

Keunikan-keunikan di atas membuat suku Eskimo yang berada di bagian bumi yang paling dingin ini selalu menarik untuk diulas.

Leave a Reply