Ternyata Bunga Kenikir Punya Manfaat untuk Kesehatan, Lho!

Siapa yang tak tahu dengan bunga kenikir? Sebagian besar orang memanfaatkannya untuk lalapan, pecel, dan olahan masakan lainnya. Ada pula yang menjadikannya sebagai tanaman pagar. Saat dikonsumsi, bunga kenikir memiliki rasa sedap dan sedikit mirip mint. Menariknya, ternyata bunga ini memiliki segudang khasiat baik untuk kesehatan. Kira-kira apa saja? Berikut beberapa manfaat bunga kenikir.

Manfaat Bunga Kenikir

Di bawah ini beberapa manfaat luar biasa bunga kenikir. Sebagian dari kalian mungkin tercengang karena tidak menyangka dengan khasiatnya.

Mengatasi Diabetes

bunga kenikir
Oleh: www.lexyleksono.com

Diabetes termasuk ke dalam lima penyakit paling mematikan di Indonesia. Penyakit ini disebabkan oleh pola makan yang buruk, obesitas, dan gen dari orang tua. Apabila tidak segera ditangani dengan baik dan tepat, diabetes dapat menyebabkan komplikasi.

Berdasarkan sejumlah penelitian, kenikir bersifat antidiabetes. Hal itu karena saat masuk ke dalam tubuh, bunga ini berperan banyak, mulai dari menghambat penyerapan glukosa, mengolah hiperglikemia (kadar gula tinggi), menetralkan kadar insulin pada diabetes tipe 2, sampai meminimalkan kerja alpha glukosidase.

Menambah Nafsu Makan

bunga kenikir
Oleh: www.sahabatnestle.co.id

Kehilangan nafsu makan sering kali menjadi awal mula datangnya beragam penyakit, sebab tubuh kekurangan asupan nutrisi. Selain itu, tidak adanya energi juga membuat badan menjadi lemas dan malas untuk beraktivitas. Bunga kenikir dipercaya dapat mengembalikan nafsu makan jika dikonsumsi secara rutin. Menariknya, cara ini ternyata sudah dilakukan sejak nenek moyang dahulu dan terbukti berhasil.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

bunga kenikir
Oleh: www.idntimes.com

Hipertensi akhir-akhir ini menjadi penyakit paling banyak diderita. Beragam faktor penyebabnya, antara lain keturunan, lanjut usia, stres, pola makan tidak sehat, dan kurang olahraga. Bila ada keluarga kalian yang juga sedang mengalami hipertensi, segera obati dengan bunga kenikir sebab bunga tersebut memiliki efek kerja diuretik dan mirip obat antihipertensi golongan ACE-inhibitor.

Mengobati Asam Lambung

bunga kenikir
Oleh: www.bola.com

Apakah kalian pernah mengalami asam lambung? Ya, gangguan kesehatan ini sudah dikenal sejak lama dan pasti telah dirasakan oleh sejuta umat. Saat asam lambung naik, biasanya akan timbul berbagai gejala yang membuat tubuh tidak nyaman, mulai dari nyeri ulu hati, mual, pusing, tenggorokan panas, dan masih banyak lagi. Sebagian besar, orang akan langsung mengonsumsi obat saat gejala telah terasa. Namun sekarang, kalian bisa mencoba pengobatan asam lambung secara herbal, yakni dengan bunga kenikir.

Bunga kenikir memiliki polifenol, tokoferol, dan hidroksieugenol. Ketiga zat ini mampu menetralkan asam lambung kemudian kandungan antioksidannya akan bekerja untuk menguatkan otot lambung secara maksimal dan mencegah naiknya asam pada lambung.

Menguatkan Tulang dan Sendi

bunga kenikir
Oleh: www.alodokter.com

Kesehatan tulang dan sendi merupakan kebutuhan paling penting dalam hidup. Ada sakit sedikit saja pada tulang atau sendi bisa berpengaruh besar pada kemampuan bergerak. Penyakit yang biasa menyerang tulang, terutama saat usia lanjut adalah osteoporosis. Untuk mencegahnya, konsumsilah bunga kenikir secara rutin.

Tingginya antioksidan dan kalsium pada bunga ini terbukti sangat baik bagi kesehatan tulang, mulai dari membentuk sampai mencegah pengeroposan pada tulang.

Menghambat Sel Kanker

bunga kenikir
Oleh: www.tokopedia.com

Kanker adalah kondisi ketika sel abnormal berkembang secara tidak terkendali dalam tubuh. Penyakit ini biasanya baru disadari gejalanya ketika sudah ke stadium lanjut. Akibatnya, banyak orang tak tertolong karena ketidaktahuan adanya penyakit tersebut dalam tubuh.

Beberapa kajian ilmiah menyebutkan bahwa bunga kenikir mengandung antioksidan tinggi yang mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu, ada juga sifat antiradang untuk mencegah kerusakan pada sel normal.

Demikian beberapa manfaat bunga kenikir untuk kesehatan. Secara umum, mengonsumsi bunga ini tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya, karena merupakan bahan alami. Kendati demikian, kalian perlu mengonsumsinya dalam jumlah yang wajar. Selain itu, pastikan pula mencucinya bersih dan memasaknya dngan benar.Yuk, mulai makan bunga kenikir secara rutin agar menjadi jalan pembuka bagi kesehatan kalian!    

Leave a Reply