nama bunga

10 Nama Bunga yang Paling Mudah untuk Dirawat

Bunga merupakan bagian dari tumbuhan maupun tanaman yang menyimbolkan ‘keindahan’. Mengapa indah? Karena biasanya bunga memiliki aneka ragam bentuk dengan warna-warna memikat. Terdapat berbagai jenis nama bunga yang tersebar di seluruh dunia. Bahkan bunga seringkali dijadikan sebagai kerajinan dan suatu karya seni. Tak jarang pula orang memanfaatkannya untuk dekorasi suatu ruangan maupun acara tertentu. Contoh yang paling umum adalah pernikahan. Pesta pernikahan rasanya kurang sempurna bila tidak dihiasi bunga.

Bunga yang elok dipandang mata juga membuat banyak orang tertarik untuk menanamnya sendiri di rumah. Hal ini dilakukan supaya rumah terlihat lebih cantik dan elegan. Namun beberapa jenis nama bunga ada yang membutuhkan perawatan ‘khusus’ agar tidak cepat mati. Nah, bunga tipe seperti ini justru membuat Anda repot, bukan? Terutama bila tidak punya cukup waktu luang. Oleh karena itu, pilih saja jenis bunga yang mudah dipelihara.

Rekomendasi Nama Bunga yang Mudah Diurus

Mau tahu rekomendasi nama bunga apa saja yang mudah dirawat dan diurus tanpa ribet? Ini dia ulasannya untuk Anda :

1. Bunga Kembang Sepatu

kembang sepatu

Bunga yang satu ini sangat mudah dijumpai di negara-negara tropis, seperti Indonesia. Ciri-ciri tanamannya yakni ketinggian bisa mencapai 5 meter. Sedangkan daunnya lebar berbentuk bulat dan meruncing di pinggirannya. Anda bisa merasakan tekstur yang sedikit kasar pada daun. Lalu untuk bunganya sendiri juga lumayan besar dengan lima mahkota melebar. Wujudnya serupa dengan terompet.

Nama bunga ini ialah Kembang Sepatu. Bunga ini sering dijadikan sebagai pajangan di pekarangan rumah karena memiliki warna mahkota mencolok nan cantik. Mulai dari merah, oranye, kuning, putih dan pink. Untuk perawatannya sendiri sangatlah simpel. Anda hanya perlu menyiraminya dengan teratur dan memotong sebagian daun agar tampak lebih rapi. Bila ingin mengembang biakkannya, cukup lakukan stek atau cangkok.

Baca Juga  Alat Musik Tiup Yang Pernah Kamu Lihat Tapi Tidak Tahu Namanya

2. Bunga Melati

melati

Selanjutnya ada bunga dari tanaman perdu yang disebut sebagai bunga nasional Indonesia. Nama bunga ini yaitu Melati. Bunga yang wanginya semerbak ini kerap dijadikan aroma tambahan dalam kemasan teh, sehingga menjadi Jasmine Tea. Selain itu, banyak pula pihak yang memanfaatkannya sebagai parfum atau pengharum ruangan. Sedangkan ciri khas Melati adalah bentuknya yang mungil dan berwarna putih.

Bunga Melati dapat tumbuh dimanapun dengan subur, bahkan terkadang menyebar kemana-mana. Oleh karena itu, jika Anda ingin menjadikannya hiasan di rumah, perawatan hanya perlu dipangkas pada beberapa bagian yang kurang rapi dan penyiraman setiap hari. Jika perlu, tambahkan pupuk kompos secara berkala.

3. Bunga Asoka

asoka

Berikutnya Bunga Asoka atau yang juga disebut dengan nama Bunga Soka. Bunga ini mudah ditemui di berbagai tempat, mulai dari halaman rumah hingga pinggir jalan. Karakteristiknya adalah ukuran bunga yang kecil-kecil dengan jumlah mahkota 4-5 helai dan bergerombol membentuk satu buket. Dalam satu tanamannya sendiri bisa tumbuh lebih dari satu buket.

Bunga Soka memiliki daya tahan yang cukup tinggi, karena tidak begitu terpengaruh dengan panas maupun hujan. Anda pun tidak harus memberi perhatian secara khusus. Cukup siram saja beberapa kali seperlunya. Tidak harus setiap hari. Warna Bunga Asoka yang paling umum ditemui di Indonesia adalah merah, meskipun ada juga yang berwarna oranye. Terdapat nektar manis di dalamnya, jadi tak heran bila banyak serangga yang mengerubungi.

4. Bunga Kamboja

bunga kamboja

Nama bunga yang perawatannya juga terbilang gampang adalah Kamboja. Bunga ini tumbuh dari tanaman Plumeria. Memiliki wangi yang khas, bunga ini terkadang menjadi simbol mistis karena banyak tumbuh di area pemakaman. Meskipun begitu, tanaman ini juga umum dijumpai di Bali dan memiliki makna yang mendalam bagi umat Hindu. Warnanya sangat menawan, yaitu dasar putih dengan bagian tengah kuning. Ada pula yang berwarna ungu dan merah.

Baca Juga  11 Hewan Langka yang Ada di Indonesia. Yakin Sudah Tahu?

Bila Anda berminat untuk memperbanyak bunga ini, bisa ditanam lagi dengan cara stek. Kemudian perawatan hanya perlu penyiraman seperlunya dan pemangkasan beberapa bagian. Anda pun dapat menemukan orang yang menanamnya dengan teknik bonsai. Wujud bunga Kamboja bonsai sangat cocok jika ditaruh di dalam rumah.

5. Bunga Bougenville

bougenville

Bougenville merupakan salah satu jenis bunga yang umum ditanam di pekarangan rumah. Bentuknya yang menggerombol dengan warna-warna cerah membuat rumah Anda akan tampak lebih ‘hidup’. Tekstur mahkotanya pun sangat ringan, mirip dengan kertas. Sementara warnanya ada yang putih, jingga, pink, merah menyala, ungu, kuning bahkan perpaduan.

Tanaman bunga ini bisa tumbuh dengan tinggi, bisa lebih dari satu meter. Anda hanya perlu memangkasnya sedikit agar mendapatkan bentuk yang memikat. Penyiraman juga tidak perlu banyak-banyak. Sebaiknya tanamlah Bougenville pada tempat yang terkena cukup sinar matahari, supaya tidak mudah layu.

6. Bunga Alamanda

alamanda

Bunga Alamanda juga bisa Anda jadikan sebagai pilihan untuk tanaman hias dengan pemeliharaan yang mudah. Ciri khas dari bunga ini adalah bentuknya hampir mirip dengan Bunga Kembang Sepatu, namun warnanya kuning cerah. Bagian daunnya pun cukup berbeda, yaitu lebih ramping dan agak mengkilap. Terkadang orang memanfaatkannya sebagai pagar tanaman hidup, karena mampu tumbuh dengan rimbun.

Bicara masalah perawatan pun tidak ada yang istimewa. Masih sama dengan bunga-bunga lainnya, yaitu hanya disiram dan dipangkas saja secukupnya. Sementara daya tahan tanaman Alamanda sangatlah baik, meskipun ditempatkan pada daerah dengan cuaca ekstrem.

7. Bunga Kemuning

kemuning

Oleh : greeners.co

Bunga Kemuning memiliki kemiripan dengan Bunga Melati dari segi ukuran dan warnanya. Hal yang membedakan adalah dari bentuk. Jika Bunga Melati terdiri dari mahkota yang berlapis, Bunga Kemuning hanya tumbuh dengan mahkota tunggal dan agak melengkung. Pada bagian tengahnya tampak putik berwarna kuning. Jenis bunganya sendiri cukup beragam, mulai dari Kemuning Jepang yang paling harum, Kemuning Cina dan Kemuning Mikro. Perawatannya juga termasuk dalam golongan ‘mudah’.

Baca Juga  Sumpah Pemuda [Mengenal Sejarah Hari Nasional]

8. Bunga Lily

lily

Bunga Lily dikenal sebagai Bunga Bakung dengan warna putih yang sangat anggun. Lily juga sering dijadikan sebagai tanaman hias bahkan bunga potong. Mahkota bunganya cukup lebar dan berlapis. Sedangkan bentuk daunnya memanjang. Kadang bunga ini pun dimanfaatkan untuk mengisi momen-momen tertentu.

Ketahanan Bunga Lily luar biasa, karena bisa tumbuh dengan baik dimanapun, meskipun di tempat-tempat yang kurang cahaya. Dengan demikian, proses perawatannya juga tidak membutuhkan perlakuan khusus. Pastikan saja bunga ini menyerap cukup air agar tidak layu.

9. Bunga Amarilis

amarilis

Pernah mendengar tentang Bunga Amarilis? Bunga ini memiliki karakter yang hampir sama dengan bunga Lily, karena masih kerabat dekat. Namun warnanya tidak putih, melainkan jingga kemerahan dan bagian tengah putih. Ketahanan bunga ini terhadap lingkungan juga baik, sebab tetap bisa hidup meskipun berada di tempat yang tak bercahaya selama beberapa hari. Beberapa jenis Bunga Amarilis yang bisa Anda temui di pasaran adalah Ringgo, Sovereign, Snowflake dan masih banyak lagi.

10. Bunga Kenanga

kenanga

Oleh : agrowindo.com

Sebagian besar orang pasti pernah mendengar nama Bunga Kenanga. Tapi tahukah seperti apa wujudnya? Kenanga merupakan bunga yang cukup unik, sebab memiliki mahkota yang memanjang dan melengkung. Tumbuhnya pun secara tunggal dan berwarna kuning. Harumnya bunga kenanga dapat dijadikan sebagai terapi untuk membuat rileks saraf-saraf pada tubuh. Proses perawatannya juga tidak rumit, karena bunga ini dapat tumbuh dengan cepat. Anda tidak perlu sering menyiram atau memupuknya.

Silahkan pilih jenis nama bunga yang paling disukai untuk dijadikan sebagai hiasan maupun pajangan di rumah. Bunga-bunga di atas sangatlah cocok bagi Anda yang memiliki rutinitas padat setiap harinya. Apalagi perawatannya sangat mudah dan simpel, sehingga Anda tidak perlu sering memeriksanya.

 

Leave a Reply