sahabat pena

Saat ini teknologi semakin canggih tentunya memudahkan kehidupan manusia. Komunikasi antara dua orang yang lokasinya berjauhan kini sudah dapat dilakukan dengan mudah dan praktis. Padahal di masa lalu, lahir sebuah hobi yang dilakukan para penggemar sahabat pena.

Sesudah teknologi telepon masuk ke Indonesia, komunikasi jarak jauh sudah lebih praktis. Bahkan, saat ini Anda dapat mengobrol sambil saling tatap wajah secara instan dan langsung. Bahkan belakangan ini, hobi sahabat pena tidak begitu populer karena surat sudah digantikan dengan bertelepon video.

 

Mengenal Sahabat Pena

sahabat pena
Gambar Oleh: freepik – freepik.com

Meski terdengar kuno, persaudaraan sahabat pena sebenarnya mengasyikkan. Ini karena Anda bisa bergaul dengan orang yang berada jauh di luar tempat tinggal, bahkan sampai ke luar negeri.

Hal yang paling mengesankan adalah ketika Anda bisa bertukar cendera mata dengan teman di luar sana. Apalagi jika sampai diundang untuk jalan-jalan ke tempat tinggalnya.

Selain itu, bersahabat pena juga mempunyai berbagai manfaat. Pertama, Anda bisa melebarkan sayap pergaulan tidak sekadar di lingkungan lokal, sekolah, rumah, atau kota sendiri, namun sampai ke luar negeri.

Kedua, jika Anda mempunyai klub sahabat pena dari luar kota, Anda bisa mempelajari budaya dan bahasa di tempat tinggalnya. Hal yang  paling mantap tentu kalau Anda bisa memiliki sahabat pena dari luar negeri. Bahkan bisa belajar bahasa Inggris, Jepang, Korea, atau Jerman gratis dengan sahabat sendiri tentu lebih asyik.

Ini karena bersahabat pena biasanya berasal dari tempat yang jauh dari domisili Anda. Salah satu manfaat lainnya yaitu mendapatkan cerita dan informasi terkait kehidupan di tempat bersahabat pena itu.

Salah satu contoh, ketika bersahabat pena dengan seseorang dari Okinawa, Jepang, Anda akan mendapatkan beberapa informasi tentang Okinawa. Sebelumnya, mendengar kata Jepang, citra kehidupan yang Anda bisa dibayangkan kehidupan di Tokyo yang ramai, sesak, dan sempit.

Namun ternyata, sesudah bersahabat pena dengan seseorang dari Okinawa, akhirnya tahu bahwa Jepang juga memiliki daerah yang tidak seramai, sesak, dan sempit. Bahkan, suasana hidup di Okinawa tidak berbeda dari kehidupan di Indonesia dan negara Asia Tenggara. Alamnya begitu asri, tenang, banyak turis (tentu), serta kuat budaya tradisinya.

 

Cara Memperoleh Sahabat Pena

Walaupun sekarang sahabat pena tidak sepopuler dua dekade lalu, namun masih banyak komunitas yang mengelola daftar sahabat pena. Apa saja yang harus disiapkan? Ikuti beberapa cara mencari sahabat pena di bawah ini.

  1. Alamat Surat Menyurat

    sahabat pena
    Gambar Oleh: daboost – freepik.com

    Pertama, tentunya alamat surat-menyurat. Untuk yang paling praktis, Anda dapat langsung menggunakan alamat surel (e-mail) yang aktif saat ini.

    Dengan membuat surel baru atau menggunakan surel lama tidak masalah, yang penting aktif dan dapat digunakan. Jika Anda ingin ber-snail mail, maka harus menggunakan alamat rumah/domisili saat ini sedetail-detailnya (lengkap dengan RT, RW, kelurahan, kecamatan, sampai kode pos).

  2. Bisa Bersahabat Dengan Orang Asing

    sahabat pena
    Gambar Oleh: jcomp – freepik.com


    Kedua, jika Anda ingin surat sahabat pena bahasa inggris dengan orang asing, tentu siapkan kemampuan bahasa asing yang bersangkutan. Bagi sebagian orang yang hobi bersahabat pena dengan orang asing, setidaknya mampu berbahasa Inggris dengan cukup.

    Tidak perlu jago, asal dapat menulis kalimat bahasa Inggris dengan baik dan dipahami ini sudah cukup. Nanti juga kemampuan bahasa Inggris, Anda akan membaik sendiri selama intens berlatih dan menggunakannya selama berkorespondensi.

    Bahkan ada pula beberapa orang yang terlalu nekat karena ingin bersahabat pena dengan orang yang tidak dapat berbahasa Inggris. Sementara itu, untuk kasus ini, Ansa harus bisa berbahasa orang tersebut. Jika Anda merasa repot, cari saja orang yang memang bisa berbahasa Inggris.

  3. Situs Web

    sahabat pena
    Gambar Oleh: lekhawattana – freepik.com

    Ketiga, carilah situs web yang siap melayani apa itu sahabat pena. Dulu hampir setiap majalah atau tabloid banyak diperuntukkan bagi remaja atau anak-anak memperoleh segmen sahabat pena.

Saat ini, Ansa bisa mendapati daftar sahabat pena di internet, melalui situs-situs web khusus yang mengelolanya. Berikut ini sudah ada beberapa contoh situs Sahabat Pena uang bisa Anda gunakan untuk mempermudah menemukan teman.

 

a. Interpals

Jika Anda mencari di Google dengan kata kunci penpal, sepertinya situs ini akan muncul pada jajaran teratas. Situs web ini merupakan salah satu situs web yang memang sudah senior mengelola sahabat pena.

Jadi Amda cukup daftar dengan e-mail, kemudian buat profil, Kemudian mulailah mencari sahabat pena yang diinginkan. Selain itu, saat ini sahabat pena juga memiliki layanan language exchange, yang menyediakan kesempatan buat penggunanya. Hal ini berguna untuk mencari penutur bahasa tertentu dan belajar bahasa asing langsung dengan native speaker ‘penutur asli’.

b. Penpalworld

Ini juga merupakan salah satu dari situs yang lumayan sepuh di dunia sahabat pena. Pertama kali muncul pada awal 2000-an jika tidak salah. Dahulu penampilan situsnya sangat sederhana, namun saat ini sudah cukup bagus.

c. Kawasaki International Weekly Penpal Newsletter

Situs yang satu ini terlihat berbeda dari situs yang sebelumnya. Pertama, Anda bisa langsung mendaftar di situs ini, bukan berarti mengelola sahabat pena pada situs itu sendiri. Anda hanya bisa mendaftar, namun tidak bisa login ke dalam situs ini. Hal ini karena situs hanya tempat pendaftaran newsletter.

Jadi, ketika Anda mulai mendaftar dengan memasukkan nama dan alamat e-mail, setiap bulan akan memperoleh e-mail dari situs ini yang berisi daftar alamat email orang-orang ingin bersahabat pena. Nantinya Anda tinggal memilih orang yang cocok dengan mendaftar situs tersebut.

Apabila terdengar merepotkan atau membingungkan, sebenarnya sangat mudah. Situs ini merupakan situs yang lumayan senior dan masih mempertahankan sistem newsletter sejak zaman dulu. Anda sendiri bisa lebih lama menggunakan situs ini untuk mencari teman dari Jepang.

Sementara itu yang kedua, situs ini memang khusus menyediakan sahabat-sahabat pena dari Jepang, atau orang luar negeri ingin berkorespondensi dengan orang Jepang asli alias native speaker. Walaupun kebanyakan akan senang jika Anda dapat berbahasa Jepang, hampir semua bisa juga berbahasa Inggris.

d. Polyglot Club

Situs satu ini yaitu fitur dari situs web yang dikelola komunitas Polyglot Club. Dimana sebuah klub untuk orang-orang yang ingin belajar bahasa dari native speaker. Layanan maksud sahabat pena dari Polyglot Club memang diperuntukkan bagi orang yang ingin sekali mencoba berkorespondensi langsung dengan penutur asli suatu bahasa.

Jadi, jika Anda berminat untuk mempelajari bahasa selain Inggris, misalnya Prancis, Jerman, Hungaria, Spanyol, Rusia, Yunani, dan lainnya maka bisa mencoba situs ini. Namun, pastikan bahwa setidaknya Anda memiliki kemampuan dasar dalam berbahasa asing tersebut.

Itu saja beberapa informasi terkait sahabat pena. Semoga apa yang telah tersampaikan bisa memberikan banyak manfaat untuk para sahabat pena yang ingin sekali memilikinya.

error: Isi artikel ini dilindungi !!