Penasaran dengan Kehidupan Zaman Dinosaurus? Simak Penjelasan Berikut, Ya!

Penting bagi kamu untuk mempelajari sejarah agar kita bisa belajar dari kejadian masa lalu. Selain itu, sejarah juga membantu kita untuk mendapatkan pengetahuan tentang asal usul berbagai hal di dunia ini.

Zaman sejarah adalah zaman dimana peradaban mulai mengenai sistem tulis menulis, sedangkan zaman prasejarah adalah zaman dimana peradaban yang ada belum mengenal tulisan. Zaman sejarah tentunya lebih familiar bagi kita, namun bagaimana dengan prasejarah? Jika kamu mendatangi museum dan melihat berbagai fosil makhluk hidup pada zaman prasejarah, pastinya kamu akan merasa sangat penasaran, seperti apakah keadaan ketika para fosil tersebut masih hidup di dunia? Seperti misalnya saat kamu melihat fosil-fosil dinosaurus, maka pasti rasanya pikiranmu akan kembali ke zaman prasejarah serta membayangkan bagaimana kehidupan mereka semua.

Fosil-fosil dinosaurus memiliki ukuran yang sangat besar dibandingkan dengan tubuh manusia. Mungkin jika kita masih hidup di zaman dinosaurus, rasanya akan sangat kalang kabut karena takut akan terinjak oleh hewan raksasa tersebut.

Agar lebih mengenal mengenai zaman prasejarah, maka simak informasi berikut ini :

Awal Zaman Prasejarah

Dinosaurus diperkirakan hidup sekitar 600 juta tahun yang lalu. Pada zaman dinosaurus, semua hewan raksasa itu menguasai bumi. Namun sebelum semua hewan tersebut terlahir, bakteri adalah mikroorganisme yang pertama kali hidup di dunia.  Bakteri tersebut hidup di dalam lumpur  dan mulai hidup pada masa 3,5 milyar tahun yang lalu. Setelah jutaan tahun, mulailah makhluk hidup lain ditemukan dan mulai menggunakan energi matahari untuk hidup.

Kemudian setelahnya pada 600 juta tahun lalu mulailah muncul hewan sederhana seperti ubur-ubur dan batu karang. Sangat menarik bukan? Hewan bernama ubur-ubur sudah ada sejak zaman dinosaurus dan masih hidup sampai saat ini. Mulai sejak itu bermunculanlah banyak makhluk hidup lain yang kemudian mengalami seleksi alam dan berevolusi sehingga akhirnya menjadi hewan-hewan seperti dinosaurus. Tapi hampir 99% makhluk hidup prasejarah yang hidup pada zaman dinosaurus sudah punah sehingga hanya bisa kita lihat fosil-fosilnya saja. Selain penasaran mengenai bagaimana hewan-hewan tersebut hidup di masa lalu, kamu pastinya juga akan merasa penasaran hewan dinosaurus seperti apa yang hidup pada masa lalu?

Jenis-Jenis Makhluk Purba Yang Hidup Di Zaman Prasejarah

Dilong

zaman dinosaurus

Gambar Oleh: Gambar oleh Dariusz Sankowski dari Pixabay

Pernahkah Kamu mendengar tentang dinosaurus yang bernama Dilong? Dilong ini sebenarnya merupakan bahasa mandarin yang artinya adalah kaisar naga. Hewan prasejarah yang satu ini memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil jika dibandingkan dengan dinosaurus. Berat badan hewan ini saat berusia dewasa hanyalah 25 kilogram saja. Dilong hidup pada 130 juta tahun yang lalu. Penampakannya mirip seperti Tyrannosaurus atau T-Rex dalam ukuran yang lebih kecil.

Dilophosaurus

zaman dinosaurus

Gambar Oleh: https://jurassicworld-evolution.fandom.com/

Nama Dilophosaurus ini mungkin tidak begitu sering kamu dengar. Dilophosaurus ini termasuk hewan-hewan purba berjenis karnivora yang hidup di periode awal dari kehidupan dinosaurus. Sebenarnya Dilophosaurus ini adalah hewan yang pernah masuk di dalam salah satu film Jurrasic Park. Di film tersebut Dilophosaurus memiliki kemampuan untuk meludahkan racun pada semua musuhnya, namun pada kenyataannya penelitian tidak bisa membuktikan apakah benar seperti itu adanya. 

Mamenchisaurus

zaman dinosaurus

Gambar Oleh: Gambar oleh Dariusz Sankowski dari Pixabay

Mamenchisaurus adalah dinosaurus herbivora atau pemakan tumbuhan. Hewan ini memiliki panjang leher 35 kaki atau setara dengan 10 meter. Leher panjang ini sangat membantu ketika hewan raksasa ini ingin menjangkau dedaunan di pohon yang tinggi.

Oviraptor

zaman dinosaurus

Gambar Oleh: https://www.reddit.com/

Oviraptor adalah dinosaurus yang bertelur. Menurut penelitian, dinosaurus ini sering membawa telurnya kemana saja untuk proses pengeraman. Namun ilmuwan sering salah mengira bahwa kebiasaannya yang sering membawa telur itu merupakan telur curian. Belakangan diketahui bahwa oviraptor ternyata membawa telurnya sendiri untuk proses pengeraman. 

Itulah beberapa nama dinosaurus yang pernah hidup di zaman dinosaurus. Sebenarnya masih ada banyak lagi hewan-hewan tersebut yang hidup pada zaman itu. Seperti misalnya T-Rex yang merupakan karnivora besar yang hidup di zaman dinosaurus. Keadaan pada zaman dinosaurus dipenuhi dengan berbagai makhluk berukuran besar dengan tumbuhan-tumbuhan yang bahkan lebih besar.

 

Leave a Reply

error: Isi artikel ini dilindungi !!