Makna di Balik Sekapur Sirih

Pernahkah kamu mendengar istilah sekapur sirih? Jika kamu sering menghadiri acara tentunya istilah tersebut sudah tidak asing lagi bukan. Pasalnya istilah tersebut seringkali digunakan sebagai sambutan dalam sebuah acara. Akan tetapi apa sih yang dimaksud dengan sekapur sirih? Untuk mengetahui arti serta makna yang dikandungnya. Pastikan agar kamu memperhatikan penjelasan berikut ini. 

Mengenal Arti Kata Sekapur Sirih 

Istilah sekapur sirih hadir dengan dua arti berbeda. Hal ini seperti yang telah dijelaskan pada penggunaan padanan kata dalam Bahasa Indonesia. Untuk arti pertama dikenal sebagai sirih lengkap dan disertai dengan ramuan tradisionalnya. Dalam hal ini termasuk bahan kapur di bagian dalamnya. Sedangkan di Bali, kapur dikenal dengan sebutan pamor. Sementara itu, untuk arti istilah sekapur sirih yang kedua adalah pengantar. Baik itu pengantar yang ada dalam buku bacaan dan jenis buku lainnya. Kemudian juga diartikan sebagai pengantar atau sambutan dalam suatu acara tertentu. 

Asal Usul Kata Serta Penggunaan Istilah Sekapur Sirih

sekapur sirih

Gambar Oleh: https://batam.tribunnews.com/

Jika dilihat dari arti kata sekapur sirih, baik itu arti pertama atau bahkan kedua. Terlihat jelas bahwa keduanya telah memiliki hubungan atau saling terikat. Apalagi jika dikaitkan dengan Adat Melayu. Karena patut untuk kamu ketahui, bahwa istilah sekapur sirih berasal dari Bahasa Melayu. Tidak heran jika kemudian penggunaannya pun dikaitkan dengan adat kebudayaan dari Melayu.

Dalam hal ini masyarakat Melayu seringkali menggunakan sirih sebagai alat untuk menyambut tamu. Selain itu, penggunaannya pun ditujukan untuk memberikan penghormatan pada tamu dalam acara tertentu. Sirih sendiri biasanya diletakkan pada wadah khusus yang telah dilengkapi dengan sarana pendukung lainnya.  

Sementara itu, dalam sebuah acara formal sirih tersebut akan disediakan secara bersamaan. Maksudnya adalah bersamaan dengan ucapan atau kata pengantar yang diberikan oleh pembawa acara atau bahkan sesepuh. Karena itulah, istilah Sekapur Sirih seringkali digunakan untuk menyebutkan sambutan atau pun kata pengantar. 

Nama Tarian Sekapur Sirih 

sekapur sirih

Gambar Oleh: https://jambi.kemenkumham.go.id/

Selain dikenal sebagai istilah untuk menyebutkan kata pengantar atau sambutan. Sekapur sirih juga dikenal sebagai nama dari sebuah tarian tradisional. Tarian tersebut berasal dari kawasan Jambi dan seringkali ditampilkan pada awal acara atau pembukaan. 

Makna Tarian Sekapur Sirih 

sekapur sirih

Gambar Oleh: http://www.negerikuindonesia.com/

Tarian sekapur sirih seringkali ditampilkan pada awal pembukaan acara tertentu. Tarian yang satu ini memang dikenal sebagai tarian yang digunakan untuk menyambut tamu agung. Dengan kata lain, penggunaan nama pada tarian ini tidak jauh berbeda dengan makna istilah yang dimilikinya. 

Pada awalnya tarian sekapur sirih hanya dikenal oleh masyarakat Jambi saja. Namun karena keunikan yang dimilikinya. Kini tarian tersebut pun telah menyebar luas hingga mencapai Riau dan bahkan Malaysia. 

Dalam tarian sekapur sirih terdapat beberapa gerakan khusus yang ditampilkannya. Gerakan tersebut memiliki makna yang mendalam. Makna itu hadir dalam bentuk rasa syukur serta sukacita yang ditunjukkan masyarakat dalam menyambut datangnya para tamu. 

Pertunjukkan Tari Sekapur Sirih

sekapur sirih

Gambar Oleh: https://pariwisataindonesia.id/

Untuk pertunjukkan tari sekapur sirih umumnya hal tersebut akan dilakukan sekelompok orang penari. Penari tersebut terdiri dari para perempuan dengan gerakan yang luwes dan tampilan elegan. Akan tetapi ada pula penampilan tarian tersebut yang dilakukan oleh penari laki-laki dan perempuan. Hal ini umumnya dilakukan dengan jumlah kombinasi antara 3 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Tarian ini juga diiringi musik tradisional dengan lirik yang mengandung makna mendalam. 

Demikianlah penjelasan singkat mengenai makna di balik kata sekapur sirih beserta tarian yang dimilikinya. 

 

Leave a Reply

error: Isi artikel ini dilindungi !!