Kenapa Bulu Burung Merak Sangat Indah? Yuk, Cari Tahu Rahasianya!

Burung merak merupakan salah satu satwa dengan keunikan yang tidak dimiliki oleh hewan lain. Burung ini memiliki bulu-bulu cantik yang beraneka warna dan bisa berubah-ubah sesuai sudut pandang. Karena keindahannya, burung berbulu cantik ini menjadi incaran para kolektor hewan unik untuk dimiliki.

Kini, keberadaannya mulai berkurang. Sedikit sekali burung merak yang hidup dengan liar di habitat aslinya. Kebanyakan, mereka telah berada di suaka marga satwa atau cagar alam setempat.

Rahasia Tersembunyi Dibalik Keindahan Warna Bulu Burung Merak

burung merak
Photo by Vivek Doshi on Unsplash

Warna yang ada di tubuh makhluk hidup baik warna kulit, warna mata, warna bulu dan warna lainnya dipengaruhi oleh protein melanin. Protein ini terikat pada protein keratin untuk kemudian membentuk pigmen warna. Namun, hal seperti ini tidak diketemukan pada bulu burung merak.

Bulu burung merak tidak memiliki pigmen warna. Bulu ini bahkan hampir tidak berwarna apa-apa. Hal mengejutkan ini berdasarkan atas penelitian panjang yang telah dilakukan oleh para ilmuwan. Ilmuwan melakukan penelitian pada beberapa helai bulu burung Merak. Mereka menelitinya di bahwa mikroskop dengan melakukan pembesaran hingga 500 kali.

Dalam penelitian tersebut, didapatkan hasil bahwa bulu burung Merak tidak mengandung pigmen warna apapun. Namun, bulu ini terdiri dari kumpulan dari bulu-bulu halus yang disebut dengan bulu iridescent. Bulu iridescent ini membentuk sebuah rajutan yang sangat rapi, rumit dan unik.

Bulu iridescent ini secara ajaib memiliki kemampuan untuk memantulkan warna. Cahaya matahari yang mengenai bulu-bulu iridescent ini dipantulkan dalam bentuk gelombang panjang. Gelombang ini kemudian tertangkap oleh mata manusia atau hewan lain yang melihatnya dan berubah menjadi sekumpulan warna-warni yang cantik.

Sebagai analoginya, pernahkah kalian melihat warna-warni yang dihasilkan oleh gelembung sabun? Yup, semacam itulah warna yang dihasilkan oleh bulu burung Merak ini. Hal ini menjawab mengapa warna bulu burung merak bisa berubah-ubah tergantung dari sudut pandang orang yang melihatnya. Pantulan warna dari depan bisa berbeda ketika dilihat dari samping.

Fungsi Bulu Indah Burung Merak

Keindahan warna-warni burung merak berbeda dengan burung berwarna lainnya seperti burung cendrawasih atau lovebird. Keindahan ini bukan hanya hiasan atau ornament semata. Warna-warni pada burung merak memiliki struktur yang unik. Pantulan warnanya membentuk sebuah pola yang terlihat seperti mata.

Berikut ini adalah beberapa fungsi dari bulu burung merak itu sendiri. Diantaranya adalah :

1. Sebagai Identitas

burung merak
Photo by Magda Ehlers from Pexels

Bulu burung merak adalah sebuah ciri khas yang hanya dimiliki burung itu sendiri. Kalian pasti tidak akan menemukan burung lain yang memiliki keunikan bulu seperti burung merak. Ada tiga jenis burung merak dengan warna bulu yang paling menarik yaitu :

  • Burung merak biru atau merak India
  • Burung merak hijau
  • Burung merak Kongo, yang memiliki bulu berwarna perpaduan biru gelap, hijau gelap dan ungu mengkilap.

2. Melindungi Diri dari Musuh

burung merak
Gambar oleh Michael Drummond dari Pixabay

Bentuk bulatan yang menyerupai mata ternyata merupakan salah satu mekanisme pertahanan yang dilakukan oleh unggas ini. Ketika burung merak merasa waspada karena berada dalam bahaya, mereka akan secara otomatis mengembangkan bulu ekornya dengan lebar-lebar. Bulu burung merak bisa mengembang hingga 60 persen dari total panjangnya.

Hal ini bertujuan untuk membuat musuh melihat bulatan mata pada ekornya. Musuh akan mengira bahwa dia sedang berhadapan dengan puluhan burung merak lainnya. Secara tidak langsung, hal ini akan membuat nyali para pengganggu menjadi ciut.

3. Menarik Perhatian Burung Merak Betina

burung merak
Photo by Alex Holyoake on Unsplash

Pada musim kawin, burung merak jantan akan berusaha menarik perhatian merak betina dengan cara melebarkan ekornya. Mereka saling berlomba-lomba menunjukkan kebolehannya dalam menampilkan warna. burung merak jantan akan mengibas-ngibaskan ekornya seolah-olah sedang menari.

4. Mencerminkan Sistem Kekebalan Tubuh

burung merak

burung merak jantan yang dipilih oleh merak betina adalah mereka yang memiliki ornamen warna paling menarik dan paling berani. Hal ini dikarenakan merak jantan dengan bulu lebih menonjol merupakan pasangan yang cocok untuk kawin.

Tingkat kesuksesan kawinnya lebih besar dibandingkan dengan merak yang ornamen warnanya kurang indah. Kualitas warna dihasilkan dari kondisi genetik dan kesehatan yang baik. Oleh sebab itu, bisa disimpulkan bahwa ornamen warna mencerminkan kondisi fisik burung merak.

Burung merak sudah sangat jarang ditemui. Burung ini bahkan bisa digolongkan menjadi burung yang langka. Oleh sebab itu, burung merak yang masih ada saat ini harus dijaga dengan baik-baik. Pastikan mereka hidup dengan layak dan terawat.

Leave a Reply