Jenis-jenis Jeruk yang Populer di Indonesia

Buah jeruk sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak? Jeruk memiliki rasa asam, manis, dan segar ketika dimakan. Bahkan, buah jeruk mengandung segudang nutrisi yang baik bagi tubuh. Tak heran, buah ini banyak dijadikan obat herbal alami. 

Buah berciri khas warna oranye ini memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Terlebih, buah ini sangat mudah ditemukan. Jadi, siapa saja bisa mengkonsumsinya tanpa perlu menunggu musim-musim tertentu. Buah jeruk dapat diolah menjadi makanan maupun minuman. Menariknya, jenis jeruk itu bermacam-macam, loh!

Jenis Buah Jeruk Populer di Indonesia 

Jika Teman-Teman termasuk pecinta buah jeruk, rasanya wajib mencoba setiap jenis buah jeruk yang terkenal di Indonesia. Kira-kira apa saja jenisnya ? Yuk, simak di bawah ini.

1. Jeruk Pontianak

jeruk

Gambar Oleh: https://www.lazada.co.id/

Jenis jeruk pertama berasal dari Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Jeruk Pontianak terkenal dengan rasa manisnya yang membuat sebagian orang ketagihan. Jenis ini juga memiliki kandungan air yang cukup banyak. Jeruk Pontianak memiliki warna hijau mengkilat kekuningan. Biasanya tekstur permukaan kulitnya tipis dan sedikit kasar. Hal inilah yang membuatnya mudah dikupas.

2. Jeruk Nipis

jeruk

Gambar Oleh: Gambar oleh Johanna Pakkala dari Pixabay

Jenis jeruk ini memiliki bentuk yang lonjong dan sedikit runcing pada bagian pucuknya. Warna jeruk nipis adalah hijau kekuningan dengan tekstur kulit yang tebal. Umumnya, jeruk nipis digunakan sebagai minuman atau penetral bau amis pada daging atau ikan. Maka dari itu, buah ini jarang dikonsumsi langsung sebagai makanan. Meskipun memiliki rasa yang sangat asam, ternyata jeruk nipis mengandung vitamin C, A, B, dan antioksidan yang baik untuk kesehatan. Air perasannya juga dipercaya mampu menurunkan kadar lemak jahat. Bahkan, juga digunakan sebagai perawatan kulit seperti mengatasi jerawat.

3. Jeruk Medan

jeruk

Gambar Oleh: https://kumparan.com/

Jeruk medan juga termasuk jenis buah jeruk yang terpopuler di Indonesia. Jeruk ini tumbuh di daerah dingin di Berastagi, Sumatera Utara. Jeruk medan memiliki ciri khas yang manis, kandungan air yang banyak, dan bulir yang cenderung besar. Jeruk medan memiliki warna hijau kekuningan, tapi lebih dominan dengan warna oranye atau kuning. Aromanya pun harum dengan kulit yang mengkilap.

4. Jeruk Mandarin

jeruk

Gambar Oleh: Gambar oleh GK von Skoddeheimen dari Pixabay

Jeruk mandarin juga cukup terkenal di Indonesia. Buah ini berasal dari China Tenggara yang akhirnya menyebar ke seluruh Asia. Jeruk mandarin memiliki rasa yang manis dengan ukuran yang lebih kecil dari jenis lainnya. Tekstur kulitnya terkadang tipis dan tebal. Namun, tetap mudah dikupas. Secara keseluruhan, buah jeruk mandarin memang memiliki warna oranye mengkilat.

5. Jeruk Sunkist

jeruk

Gambar Oleh: Gambar oleh LoggaWiggler dari Pixabay

Meskipun berasal dari California, Amerika, buah ini cukup disukai masyarakat Indonesia. Jeruk sunkist memiliki rasa yang manis dan segar. Cita rasa yang segar inilah yang membuat sunkist banyak diambil sarinya untuk diolah menjadi minuman. Selain itu, sunkist memiliki tekstur yang licin dan tebal kulitnya. Oleh sebab itu, membuka jeruk ini perlu menggunakan alat bantu.

6. Jeruk Bali

jeruk

Gambar Oleh: Gambar oleh S. Hermann & F. Richter dari Pixabay

Jeruk bali terkenal dengan ukurannya yang besar, yaitu berdiameter 15 – 25 cm menyerupai bola kecil. Bahkan, beratnya bisa mencapai 1 – 2 kg per buahnya. Jeruk yang memiliki sebutan pamelo ini memiliki kulit yang tebal dan berwarna hijau. Rasanya cenderung manis, kecut, dan agak pahit. Biasanya buah ini sering dijadikan manisan. Selain itu, daging buahnya berwarna putih kemerahan, memiliki biji yang sedikit, dan bulir yang padat. Sayangnya, jenis jeruk ini tidak selalu tersedia di pasaran karena termasuk buah musiman.

7. Jeruk Purut

jeruk

Gambar Oleh: Gambar oleh Suanpa dari Pixabay

Jeruk purut termasuk buah lokal asli dari Indonesia. Jenis buah jeruk ini memiliki aroma yang kuat. Buahnya berukuran kecil dengan warna hijau tua dan tekstur yang keras dan bergelombang. Memiliki rasa yang asam, sehingga lebih sering digunakan sebagai bahan pelengkap makanan, seperti sambal uleg. Tidak hanya itu, daunnya juga memiliki aroma yang wangi dan sering digunakan sebagai pelengkap bumbu masakan.

8. Jeruk Lemon

jeruk

Gambar Oleh: Gambar oleh Richard John dari Pixabay

Lemon memiliki warna kuning muda yang sangat cerah. Buahnya memiliki rasa asam yang aromanya sangat khas. Ukuran buah ini sangat beragam, berbentuk oval, dan memiliki daging buah yang sedikit. Rasanya yang asam sering dimanfaatkan sebagai minuman, seperti campuran teh lemon, squash, hingga jenis minuman lainnya. Lemon juga banyak dimanfaatkan sebagai makanan dan kulitnya dapat digunakan sebagai selai. 

Manfaat Kandungan Jeruk Untuk Tubuh

Buah jeruk terkenal dengan kandungan vitamin c yang sangat baik untuk menjaga imun tubuh. Selain vitamin, jeruk juga mengandung 87 persen air yang dinilai efektif untuk mencegah dehidrasi. Teman-Teman penasaran apalagi khasiat dari buah mungil ini ? Nah, berikut manfaat buah jeruk. 

  1. Jeruk kaya akan vitamin c yang memiliki fungsi penting bagi kulit. Tak heran, banyak yang menggunakan buah jeruk sebagai kandungan perawatan kulit. Selain itu, jeruk mampu mencerahkan kulit dan melindungi sel-sel kulit dari kerusakan.
  2. Buah oranye ini berkhasiat untuk menurunkan kolesterol. Cara mengolah buah jeruk, cukup diperas dan diberikan air hangat. Setelah itu, minum selagi hangat. Ramuan ini dipercaya menurunkan lemak jahat dalam tubuh.
  3. Rutin mengkonsumsi buah jeruk juga mampu mengatasi anemia. Dengan terpenuhinya kebutuhan vitamin c, mampu membuat penyerapan zat besi lebih maksimal. 
  4. Air lemon juga membantu melancarkan pencernaan. Teman-Teman yang memiliki masalah pencernaan, dianjurkan mengkonsumsi segelas air lemon. Sebab, air lemon yang asam mampu melunturkan lemak yang tertinggal dalam tubuh. 

 

Leave a Reply

error: Isi artikel ini dilindungi !!