Currently set to Index
Currently set to Follow

Suka Makan Pasta? Apa Saja, Ya Jenis-Jenis Pasta yang Ada di Dunia?

Lidah orang Indonesia memang terbiasa dengan makanan berkarbohidrat tinggi seperti nasi, roti dan jagung. Namun hal ini tidak menutup kemungkinan untuk mencoba menu baru dari manca negara. Salah satu menu manca negara yang cukup populer adalah pasta.

Makanan ini bisa ditemui di restoran-restoran Italia, atau bahkan resto-resto tertentu. Penasaran dengan makanan yang konon sangat lezat ini. Tapi sebelumnya, kalian harus mengetahui dahulu jenis-jenis pasta yang ada di dunia supaya tidak salah pesan.

Jenis-Jenis Pasta Lezat dan Populer

Pasta merupakan makanan yang berasal dari Italia. Pasta merupakan makanan yang berbahan dasar tepung. Itulah mengapa makanan ini cukup bisa diterima oleh lidah orang Indonesia. Pada dasarnya, pasta terbuat dari adonan roti, pastry atau kue yang diolah dengan tambahan telur, garam dan minyak sayur. Dalam penyajiannya, pasta akan dihidangkan dengan siraman saus di atasnya.

Ada puluhan bahkan ratusan bentuk pasta di negara asalnya. Namun, kini kita akan mempelajari beberapa jenis pasta yang cukup populer di Indonesia saja. Diantaranya adalah :

1. Spageti

jenis-jenis pasta
Gambar oleh joshuemd dari Pixabay

Jenis pasta yang satu ini merupakan yang paling terkenal dan populer. Spageti memiliki bentuk yang panjang seperti lidi. Pasta yang satu ini memiliki diameter cukup tebal sehingga dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk memasaknya, yaitu sekitar 10 hingga 12 menit. Spageti sangat cocok untuk dihidangkan dengan saus tomat.

2. Angel Hair

jenis-jenis pasta
Oleh: https://www.thefedupfoodie.com/

Pasta yang satu ini mempunyai bentuk hampir sama dengan spageti. Hanya saja, angel hair memiliki diameter lebih kecil. Seperti namanya, angel hair bisa dikatakan serupa dengan rambut.

3. Bucatini

jenis-jenis pasta
Oleh: https://www.ilgiornaledelcibo.it/

Bucatini juga memiliki bentuk mie panjang seperti spageti dan angel hair. Ukurannya berada di pertengahan. Lebih kecil dari spageti, namun sedikit lebih besar dari angel hair. Di bagian tengah Bucatini terdapat lubang kecil.

4. Fetucini

jenis-jenis pasta
Photo by Archie Binamira from Pexels

Tahukah kalian bentuk tali sepatu yang pipih? Seperti itulah bentuk fetucini. Pasta ini berbentuk pipih panjang seperti kwetiau kalau dalam istilah orang Indonesia. Pasta yang satu ini sangat cocok untuk dimasak dengan saus daging.

5. Lasagna

jenis-jenis pasta
Gambar oleh Igor Lukin dari Pixabay

Lasagna merupakan pasta berbentuk lembaran. Ukurannya cukup tipis dengan panjang sekitar 27 cm dan lebar sekitar 5 cm. Lasagna memiliki tiga jenis warna yaitu merah, kuning dan hijau. Setiap warna memiliki kegunaan masing-masing.

6. Farfalle

jenis-jenis pasta
Photo by Eaters Collective on Unsplash

Pasta yang satu ini bentuknya sangat unik. Farfalle bentuknya mirip dasi kupu-kupu. Farfalle sangat cocok untuk dihidangkan dengan saus pasta ataupun salad.

7. Conchiglie

jenis-jenis pasta
Oleh: https://chefsmandala.com/

Conchiglie berbentuk seperti kulit kerang. Pasta jenis ini masih sering ditemui di restoran Indonesia.

8. Cavatelli

jenis-jenis pasta
Oleh: https://www.italianrecipebook.com/

Jika kalian menemui pasta dengan bentuk bulat memanjang seperti hotdog, itulah yang disebut dengan cavatelli. Bentuknya yang agak tebal sangat sesuai jika diolah dengan saus ekstra pedas.

9. Cavatappi

jenis-jenis pasta
Oleh: https://www.blissfulbasil.com/

Orang Indonesia sering menyebutnya dengan macaroni. Namun, pasta yang satu ini bukan macaroni. Cavatappi memiliki bentuk menyerupai tabung heliks dengan gelombang memanjang. Cavatappi memiliki panjang seperti ruas ibu jari.

10. Casarecce

jenis-jenis pasta
Oleh: https://pastafits.org/

Jenis pasta yang satu ini berbentuk seperti selang air yang dibelah di satu sisinya. Dengan ukuran panjang sekitar 2-3 cm, Casarecce cukup pas ketika diambil dengan sendok.

11. Cappelletti

jenis-jenis pasta
Oleh: https://italiannotes.com/

Pasta Cappaletti berbentuk seperti caping petani. Tidak heran jika orang Italia memanggil pasta ini dengan sebutan Topi Alpine.

12. Campanelle

jenis-jenis pasta
Oleh: http://pastacoloccia.com/

Campanelle memiliki bentuk yang hampir mirip dengan Cappeletti. Hanya saja, bagian pinggi Campanelle tidak rapi dan acak-acakan. Ada juga yang mengatakan bentuknya seperti bunga lonceng.

13. Anelli

jenis-jenis pasta
Oleh: https://pastafits.org/

Anelli adalah bentuk pasta yang menyerupai cincin. Anelli sangat cocok untuk dihidangkan dengan sup dan pasta salad.

14. Alphabet Pasta

jenis-jenis pasta
Gambar oleh bernswaelz dari Pixabay

Seperti namanya, pasta yang satu ini tentu saja bentuknya adalah alphabet. Mulai dari huruf A hingga Z. Banyak anak yang menggemari jenis pasta ini.

15. Fusilli

jenis-jenis pasta
Gambar oleh lauramariakollo2 dari Pixabay

Pasta yang satu ini juga merupakan salah satu bentuk yang paling terkenal di Indonesia. Orang-orang disini, sekali lagi mengenalnya sebagai macaroni. Fusilli memiliki bentuk spiral melintir. Umunya, banyak dipergunakan sebagai campuran sup atau disiram dengan saus daging.

Sudah tahu kan beberapa jenis pasta? Cukup untuk dijadikan pengetahuan supaya ketika nanti berkunjung ke restoran Italia, setidaknya kalian telah mengetahui bentuk dasarnya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply