Apa Saja Jenis Sandi Pramuka? Yuk, Cari Tahu!

Saat ini pramuka menjadi salah satu hal yang diwajibkan bagi para pelajar di sekolah sebagai upaya pembentukan karakter. Salah satu kegiatan dalam pramuka adalah menghafal jenis sandi pramuka. Beberapa jenis sandi tersebut antara lain adalah sandi pramuka kotak, sandi pramuka morse, sandi angka pramuka dan lain sebagainya. Tujuan penggunaan sandi ini adalah sebagai alat komunikasi yang rahasia baik dengan cara tertulis maupun tidak tertulis.

Dalam bahasa sansekerta, sandi berarti rahasia atau menyembunyikan dan hanya orang yang sudah mempelajarinya saja yang bisa menggunakan. Penggunaan sandi ini pada awalnya digunakan oleh para pahlawan terdahulu untuk berkomunikasi tanpa diketahui oleh para musuh. Di masa sekarang sandi dipakai dalam kegiatan militer yang membutuhkan kerahasiaan dan juga para pramuka sebagai media pembelajaran.

Jenis Sandi Pramuka

Bagi kamu yang ingin mempelajari sandi pramuka, berikut ini adalah beberapa jenis sandi pramuka.

1. Sandi Koordinat/ Merah Putih

sandi pramuka

Oleh: https://muslihindkrtuba.wordpress.com

Salah satu jenis sandi pramuka adalah sandi koordinat atau sering disebut sandi merah putih. Penggunaannya adalah dengan meletakkannya dalam tabel, MERAH untuk baris sedangkan PUTIH untuk kolom. Kamu bisa mengisi tabel tersebut dengan huruf dari A hingga z dan di sini kamu dapat membaca dengan titik koordinatnya. Sebagai contoh huruf A ditulis dengan PM yang artinya berada di baris P dan kolom M. Sebagai contohnya kita bisa menggunakan kata PRAMUKA yang nantinya akan dirubah dengan IM, IR, PM, TR, HM, TM, PM.

Baca Juga  25 Nama-Nama Nabi yang Harus Kamu Ketahui

2. Sandi Napoleon

sandi pramuka

Oleh: https://thegorbalsla.com

Jenis sandi pramuka yang lainnya adalah sandi Napoleon yang diambil dari seorang kaisar Perancis yaitu Napoleon Bonaparte. Dalam penggunaan sandi ini, hal yang harus dilakukan adalah dengan terlebih dahulu menghitung jumlah huruf di setiap kalimat. Selanjutnya bagi 3 dengan bagian yang sama banyak. Baris yang pertama harus kamu tulis dari kanan ke kiri sedangkan baris kedua ditulis dari kiri ke kanan. Untuk baris ketiganya kamu harus mengulangi pola yang sama yaitu dari kanan ke kiri dan begitu terus selanjutnya.

3. Sandi Jam

sandi pramuka

OIeh: http://www.materipramuka.online

Sandi jam adalah jenis sandi pramuka yang menggunakan waktu sebagai patokannya. Sebagai contohnya kita bisa menggunakan jam 06.00 untuk huruf A. Bila beda waktu yang kita gunakan untuk setiap 5 menit, maka huruf B memakai jam 06.05 dan seterusnya. Kamu bisa merubah beda waktu yang digunakan sesuai dengan keinginan, misalnya saja 10 menit, 15 menit atau yang lainnya.

4. Sandi Angka/ Nomor

sandi pramuka

Oleh: https://www.idntimes.com

Sandi angka atau nomor ini adalah cara memberikan penomoran di setiap alphabet dengan menggunakan angka. Misalnya saja dengan menggunakan angka 1 sebagai huruf A, angka 2 sebagai huruf B dan seterusnya hingga nanti sampai ke huruf Z. sebagai contohnya bila kamu ingin menulis kata PRAMUKA, maka tulis sandi ini dengan 16 – 18 – 1 – 13 – 21 – 11 – 1.

5. Sandi Siput

sandi pramuka

Oleh: https://pramukaarpasta.wordpress.com

Sandi siput merupakan salah satu jenis sandi pramuka yang bisa dikatakan cukup sulit dibaca. Cara membacanya yaitu dengan cara berputar seperti rumah siput. Pada awal huruf yang ada di dalam sandi ini akan diberi tanda tertentu dan kamu bisa membacanya dengan memperkirakan arah gerakannya.

6. Sandi Semaphore

sandi pramuka

Oleh: https://thegorbalsla.com

Sandi semaphore ini mungkin merupakan salah satu jenis sandi pramuka yang paling dikenal dan banyak dipelajari. Penggunaannya adalah dengan menggunakan bendera yang digerakkan dengan kedua tangan. Sudah ada buku panduan bagaimana menggerakkannya untuk setiap huruf sehingga kamu dapat mempelajarinya dengan mudah. Namun kamu pasti juga butuh waktu untuk menghafal semua huruf agar tidak tertukar posisi gerakannya. Tak jarang sandi ini juga ditampilkan di ajang parade dengan menampilkannya sebagai tarian.

Baca Juga  Ayo, Baca Komik Pitta dan Negeri Ajaib - Coba-Coba Sampo!

7. Sandi AND

Jenis sandi pramuka AND ini adalah dengan menggunakan kata AND dalam setiap katanya. Itu artinya bila kamu ingin menuliskan suatu kata, kamu harus menyelipkan kata AND di dalamnya. Cara membaca sandi ini sangat mudah karena tinggal menghilangkan kata AND nya saja dan menggabungkannya. Sebagai contohnya adalah PANDU ANDA SANDA yang dihapus kata AND nya sehingga dapat dibaca PUASA.

8. Sandi Braille

sandi pramuka

Oleh: https://meenta.net

Jenis sandi pramuka braille ini biasanya digunakan untuk orang tuna netra dan sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Huruf braille dapat dibaca dengan menggunakan sentuhan tangan karena ada 6 titik timbul yang data diraba oleh para tuna netra agar bisa membacanya.

9. Sandi Helen Keller

sandi pramuka

Oleh: https://racanaasadiyahsengkang.blogspot.com

Sandi Helen Keller adalah jenis sandi pramuka yang mirip dengan sandi braille dalam pemanfaatannya. Bedanya adalah sandi ini biasanya digunakan untuk para tuna rungu dan tuna wicara yaitu dengan menggunakan symbol jari.

10. Sandi Morse

sandi pramuka

Oleh: https://thegorbalsla.com

Sandi ini menggunakan titik dan garis untuk membentuk suatu kalimat sesuai dengan ketentuan penggunaannya. Kamu bisa mempelajarinya di buku panduan yang memuat pola titik dan garis untuk setiap huruf. Kamu dapat menggunakan beberapa media dalam melakukan sandi morse ini seperti dengan suara peluit, sinar dari senter, tulisan berupa titik dan garis.

11. Sandi Rumput

sandi pramuka

Oleh: http://kumpulanmaterianakpramuka.blogspot.com

Sandi rumput ini merupakan salah satu turunan dari sandi morse namun bentuknya seperti rumput. Kuncinya adalah menggunakan rumput yang pendek sebagai symbol titik dan rumput yang tinggi sebagai symbol garis.

12. Sandi Kimia

Sandi Pramuka

Oleh: https://tabbayun.com

Sandi kimi ini sebenarnya juga masih berkaitan dengan sandi morse namun simbolnya mirip dengan symbol huruf pada rumus kimia. Ketentuan penggunaannya adalah titik adalah huruf vokal yaitu a, i, u, e, o. sedangkan huruf konsonannya melambangkan strip. Sebagai contohnya adalah -.- / .- / — / .. di dalam sandi kimia ditulis KOH + OH + HH + OO yang nantinya dibaca menjadi kata KAMI.

Baca Juga  Rekomendasi Buku Anak yang Paling Digemari Saat Ini, Seri My Little Pony

Untuk mempelajarinya, kamu harus berusaha mengasah keterampilan membaca sandi pramuka yang ada. Selain itu cara mudah lainnya adalah dengan membuat game sandi pramuka yang bisa kamu lakukan bersama teman-temanmu serta berlatih mengerjakan soal sandi pramuka dan jawabannya.

Manfaat Mempelajari Jenis Sandi Pramuka 

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dalam mempelajari sandi pramuka :

1. Untuk berkomunikasi antar anggota regu

sandi pramuka

Oleh: https://www.maxmanroe.com

Di dalam pramuka, kamu pasti akan dibagi menjadi beberapa regu atau kelompok. Kegunaan sandi ini adalah untuk melakukan komunikasi secara rahasia diantara para anggota regu. Tentu saja tujuannya agar para anggota regu lain tidak mengetahui rahasia di dalam regu kalian.

2. Meningkatkan daya ingat

sandi pramuka

Oleh: http://www.uniqpost.com

Di dalam sandi pramuka kamu mau tidak mau harus menghafal keseluruhan huruf beserta sandinya yang berbeda-beda. Secara tidak langsung ini juga sebagai cara untuk meningkatkan daya ingat setiap anggota pramuka.

3. Meningkatkan kecerdasan

sandi pramuka

Oleh: https://www.scout.id

Dengan banyaknya melatih dan mengasah otak untuk mengingat tentu saja akan membuatmu lebih cerdasdan berfikir saat akan membaca atau menulis sandi.

4. Sarana para pramuka dalam menyelesaikan masalah

sandi pramuka

Oleh: https://www.cnnindonesia.com

Dalam memecahkan suatu sandi, anggota pramuka juga secara tidak langsung sedang dilatih untuk menyelesaikan masalah. Dengan demikian kamu akan lebih mudah dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi setiap harinya.

5. Sebagai permainan dalam kepramukaan

sandi pramuka

Image by Sasin Tipchai from Pixabay

Di dalam pramuka, tidak hanya diajarkan penanaman nilai kepribadian namun juga diselingi dengan permainan yang bermanfaat dan mengasah kemampuan. Salah satu permainan tersebut dapat dilakukan dengan penggunaan sandi ini. Biasanya sandi ini digunakan untuk memberi petunjuk saat kegiatan outbond atau mencari jejak untuk menunjukkan arah perjalanan berikutnya.

Ternyata jenis sandi pramuka dan manfaatnya cukup banyak sehingga kamu sebagai anggota pramuka harus hafal, paham dan mengerti. Semoga informasi diatas dapat memberikan manfaat dan menambah pengetahuanmu.

Leave a Reply