Ikan Salmon Ternyata Banyak Manfaatnya, Lho! Cari Tahu, Yuk!

Salah satu jenis ikan yang banyak dikonsumsi adalah ikan salmon karena memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. Ikan ini memiliki tekstur lembut dan berwarna kemerahan dengan kandungan omega-3 dan protein. Teman-Teman dapat mengkonsumsi ikan ini dengan jumlah yang cukup untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

Manfaat Ikan Salmon

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa Teman-Teman dapatkan dengan mengkonsumsi salmon.

1. Baik untuk kesehatan dan fungsi otak

ikan salmon

Gambar Oleh: https://pixabay.com/

Asam lemak omega-3 dan antioksidan pada salmon akan memberikan pengaruh baik untuk kesehatan dan fungsi otak. Nutrisi pada salmon baik untuk daya ingat, konsentrasi, dan mencegah pikun pada lansia. Asam lemak omega-3 juga baik untuk tumbuh dan kembang otak janin, bayi, serta anak-anak.

2. Baik untuk kesehatan tulang

ikan salmon

Gambar Oleh: https://pixabay.com/

Nutrisi pada salmon seperti vitamin D, protein, kalsium, dan selenium dapat mendukung kesehatan dan kekuatan tulang. Dengan tulang yang sehat maka Teman-Teman akan terhindar dari penyakit tulang seperti osteoporosis. Beraktivitas juga menjadi lancar dengan tulang yang sehat.

3. Baik untuk kesehatan jantung

ikan salmon

Gambar Oleh: https://pixabay.com/

Selain baik untuk kesehatan otak, omega-3 pada salmon juga baik untuk kesehatan jantung. Omega-3 dapat membantu mengurangi peradangan dan mencegah plak menumpuk di dinding pembuluh darah jantung. Selain itu omega-3 dapat menurunkan kadar trigliserida dan mengontrol tekanan darah.

4. Baik untuk mengendalikan berat badan

ikan salmon

Gambar Oleh: https://pixabay.com/

Protein yang tinggi pada salmon dapat memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga nafsu makan akan terkontrol. Tidak hanya untuk program diet, konsumsi daging salmon juga dapat menjaga berat badan. Omega-3 akan membantu penurunan berat badan dan mengurangi lemak berlebih pada perut.

5. Baik untuk kesehatan mata

ikan salmon

Gambar Oleh: https://pixabay.com/

Sepertinya omega-3 pada ikan salmon memang memiliki banyak manfaat termasuk menjaga kesehatan mata. Konsumsi ikan salmon dapat mencegah kelelahan dan kering pada mata. Selain itu dapat juga mencegah degenerasi makula dimana kemampuan penglihatan mata berkurang di bagian tengah mata karena saraf yang rusak.

6. Baik untuk kesehatan kulit

ikan salmon

Gambar Oleh: https://pixabay.com/

Omega-3 yang ada pada salmon dapat mencegah peradangan dan juga melembabkan kulit. Daging salmon juga mengandung vitamin D yang memiliki fungsi untuk mencegah efek buruk sinar UV dan mencegah serta mengatasi jerawat. Astaxanthin di dalam ikan ini juga baik untuk merangsang produksi kolagen pada kulit.

 

Baca Juga  Apa Penyebab Sakitnya Manusia? Yuk, Cari Tahu!

Cara Memasak Ikan Salmon

Teman-Teman dapat memasak salmon dengan cara berikut untuk mendapatkan rasa dan manfaat yang maksimal.

1. Rebus

ikan salmon

Gambar Oleh: https://pixabay.com/

Teman-Teman dapat merebus potongan salmon dengan air atau air kaldu hingga tenggelam sepenuhnya selama 10 menit. Gunakan api kecil dan jumlah air yang tepat agar teksturnya lembut dan tidak hancur. Agar olahan lebih nikmat dan bergizi lengkapi dengan beberapa sayur seperti kentang dan asparagus.

2. Kukus

ikan salmon

Gambar Oleh: https://pixabay.com/

Teman-Teman bisa mengolah salmon menjadi menu yang lebih lezat seperti pepes dengan cara mengukusnya. Perhatikan jumlah air yang tidak boleh terlalu banyak karena dapat membuat uap berlebih dan membuat daging hancur. Tambahkan juga bumbu rempah secukupnya untuk menambah citarasa.

3. Panggang

ikan salmon

Gambar Oleh: https://pixabay.com/

Cara mengolah ikan salmon dengan dipanggang termasuk sehat dengan tidak menambahkan tambahan lemak. Hanya saja Teman-Teman akan memerlukan waktu yang lebih lama untuk memanggang salmon sekitar 20 hingga 30 menit dengan oven. Untuk menambahkan rasa yang lebih lezat Teman-Teman bisa menambahkan minyak zaitun dan perasan jeruk nipis.

4. Bakar

ikan salmon

Gambar Oleh: https://pixabay.com/

Daging salmon yang lunak akan lebih cepat matang dan tidak hancur dengan metode masak dibakar. Bakar salmon selama 10 hingga 15 menit untuk mendapatkan rasa yang lezat dan tekstur yang tepat. Teman-Teman bisa menambahkan perasan jeruk nipis atau lemon untuk mendapatkan rasa yang lebih juicy.

5. Kalengan

ikan salmon

Gambar Oleh: https://pixabay.com/

Teman-Teman juga dapat memperoleh berbagai manfaat salmon dari produk kemasan kaleng. Salmon kemasan kaleng memiliki nutrisi yang baik dan akan terjaga selama kemasan tidak rusak dan tidak terkontaminasi. Untuk mendapatkan rasa yang lebih beragam Teman-Teman bisa menambahkan sayur dan bumbu lain.

Tips Memilih Ikan Salmon

Tidak hanya tepat mengolahnya saja, memilih salmon juga menjadi hal penting agar mendapatkan kandungan ikan salmon yang maksimal.

1.Warna

ikan salmon

Gambar Oleh: https://pixabay.com/

Warna salmon yang segar adalah oranye atau jingga cerah dengan garis-garis putih. Warna jingga pada ikan yang baik adalah merata dan tidak pucat. Jadi jika ada salmon dengan warna gelap di bagian atas sebaiknya Teman-Teman tidak membelinya.

2. Aroma dan tekstur

ikan salmon

Gambar Oleh: https://pixabay.com/

Tidak seperti ikan lain, salmon memiliki bau yang segar dan tidak terlalu amis. Jadi jika Teman-Teman mencium bau amis yang menyengat dapat diartikan ikan tersebut sudah tidak segar. Tekstur ikan akan lunak dan tidak hancur ketika ditekan bukannya keras.

3. Insang dan kulit

ikan salmon

Gambar Oleh: https://pixabay.com/

Kulit pada ikan salmon segar akan lembab dan berkilau. Selain itu insangnya akan memiliki warna merah segar dan tidak pucat.

Untuk mendapatkan berbagai manfaat baik dari ikan salmon Teman-Teman dapat mengolahnya dengan cara di atas. Perhatikan pula porsi dan waktu mengkonsumsi salmon agar tidak berlebihan.

Leave a Reply

error: Isi artikel ini dilindungi !!