11 Hewan yang Hidup di Sungai Amazon

Sungai Amazon adalah sungai terpanjang kedua di dunia setelah Sungai Nil. Sungai ini berada di Amerika Selatan. Aliran air Sungai Amazon begitu deras bahkan bisa dikatakan sistem perairannya paling besar dari seluruh sistem sungai di dunia. Di sungai ini terdapat berbagai macam hewan. Bahkan, begitu banyak hewan menakutkan yang bisa ditemui di sungai ini. Penasaran hewan apa sajakah itu?

1. Anaconda Hijau

Ular Anaconda Hijau menjadi habitat asli di Sungai Amazon. Ular ini memiliki bentuk tubuh yang besar dan panjang. Bahkan, beratnya mampu mencapai 250 kg, dengan panjang 9 meter dan diameter mencapai 30 cm. Siapa pun yang bertemu dengan ular ini pasti akan takut karena ukurannya yang sangat besar. Ular ini sebenarnya bukan tipe ular beracun. Anaconda memangsa mangsanya dengan cara melilitkan tubuhnya hingga si target merasa lemas. Setelah itu, ular ini akan melahapnya.

2. Caiman Hitam

sungai amazon

Oleh : https://commons.wikimedia.org

Selain Anaconda yang menyeramkan, kamu bisa menemukan hewan lain yang tak kalah menyeramkan. Hewan tersebut adalah Caiman Hitam. Hewan ini tergolong jenis buaya, namun ukurannya lebih besar. Panjang tubuhnya mencapai 6 meter. Bentuknya yang raksasa ini membuatnya dijuluki sebagai raja sungai. Hewan ini akan memangsa apapun yang ditemuinya entah kera, manusia, piranha bahkan ular anaconda yang ukurannya juga besar. Kamu tentunya tidak mau bertemu dengan hewan ini bukan?

3. Berang-Berang Besar

sungai amazon

Oleh : http://www.wildernessclassroom.com

Berang-berang jika dilihat sekilas memiliki wajah yang tidak menyeramkan. Tapi jangan tertipu dengan penampilan wajahnya. Hewan ini adalah jenis tipe hewan buas yang tidak segan membunuh dan memakan mangsanya. Bahkan, hewan ini akan memangsa anaconda. Benar-benar mengerikan bukan? Bahkan, pernah ada yang melihat bahwa ada sekelompok hewan berang-berang yang memangsa seekor Caiman.

Baca Juga  Inilah 5 Ide Kado Ulang Tahun Unik untuk Anak dan Cara Menentukannya

4. Arapaima

sungai amazon

Oleh : https://www.tnaqua.org

Arapaima adalah ikan yang sering disebut sebagai ikan Paiche atau Pirarucu. Ukuran tubuhnya begitu besar sehingga sangat menakutkan. Bahkan, ukuran tubuhnya bisa mencapai tinggi 2,7 meter dan berat tubuhnya hingga 90 kg. Ikan ini memiliki gigi yang sangat tajam sehingga bisa digunakan untuk menerkam mangsanya. Ikan yang termasuk jenis karnivora ini merupakan predator yang sangat berbahaya. Selain tinggal di Sungai Amazon, ikan ini juga hidup di dalam danau dan sungai.  Ikan ini tidak takut terhadap keganasan ikan piranha. Untuk bertahan hidup, ikan ini memangsa beberapa jenis ikan kecil dan burung.

5. Ikan Candiru

sungai amazon

Oleh : https://allthatsinteresting.com

Jika dilihat, ikan Candiru memiliki ukuran tubuh yang kecil. Tapi, dibalik bentuknya yang kecil ini, ikan Candiru sangat berbahaya. Bahkan, dibandingkan dengan ikan ini sangat ditakuti oleh penduduk lokal. Sulit untuk melihat kehadiran ikan ini karena transparan sehingga samar-samar jika berada di air. Ikan ini mampu berenang dengan cepat, bergerak dengan cepat dan memiliki gigi yang tajam.

Ikan Candiru terdiri dari 3 spesies, yaitu candiru dengan ukuran sebesar jari, candiru sebesar tusuk gigi dan candiru paus. Untuk jenis Candiru yang memiliki ukuran sebesar jari dan tusuk gigi, ikan tersebut akan mencari makan dengan cara masuk ke dalam tubuh ikan yang lebih besar. Sementara ikan Candiru paus akan memakan bangkai ikan yang sudah mati.

Ikan ini termasuk jenis ikan parasit. Ikan akan masuk ke dalam tubuh ikan lain melalui siripnya. Gigi ikan candiru yang tajam akan melukai sirip ikan lain sehingga mengeluarkan darah. Bahkan, banyak yang menyebut ikan candiru sebagai ikan vampir.

Baca Juga  Sumpah Pemuda [Mengenal Sejarah Hari Nasional]

Ikan Candiru tidak hanya bisa melukai jenis ikan lainnya saja, melainkan juga bisa menyerang manusia. Ikan ini sangat suka dengan air kencing ataupun darah. Jika ada manusia yang berenang telanjang di air, ikan ini bisa masuk ke dalam tubuh manusia.

Dengan ukurannya yang sangat kecil yaitu sekitar 1 hingga 2 inci, ikan ini mampu masuk ke dalam tubuh manusia melalui saluran kencing ataupun lubang anus. Ketika masuk di dalam tubuh manusia, ikan ini akan beraksi dengan menghisap darah si korban. Jika dibiarkan, ikan ini dapat membuat korbannya meninggal. Bahkan, pernah ada seorang pria yang menjalani operasi untuk mengambil ikan kecil ini dari saluran urinnya. Meskipun tidak sebesar hewan-hewan penghuni Sungai Amazon lainnya, ikan Candiru benar-benar menakutkan.

6. Hiu Banteng

sungai amazon

Photo by GEORGE DESIPRIS from Pexels

Ketika mendengar kata hiu, pastinya di pikiran kita adalah hewan yang tinggal di perairan asin. Namun ternyata di perairan tawar Sungai Amazon terdapat ikan hiu. Itu karena hiu ini mampu beradaptasi dengan baik di air tawar. Bahkan, hewan ini mampu berkelana sejauh 4.000 meter dari lautan. Hiu ini memiliki ukuran tubuh yang besar karena ada yang mampu mencapai berat 312 kg dan panjangnya 3.3 meter.

7. Belut Listrik

sungai amazon

Oleh : https://tekno.tempo.co

Sesuai dengan namanya, belut listrik memiliki aliran listrik yang bisa menyengat. Tak main-main, kekuatannya mampu mencapai 600 volt. Kebayang kan bagaimana jadinya jika menyentuh ikan ini. Ikan yang memiliki panjang tubuh 2.5 meter ini tidak membuat manusia meninggal dunia. Akan tetapi, jika terserang sengatan listrik berulang kali bisa berakibat serius untuk jantung. Seseorang bisa saja pingsan, kemudian hanyut di dalam air.

8. Piranha Perut Merah

sungai amazon

Image by zoosnow from Pixabay

Ketika mendengar Sungai Amazon, banyak orang berpikir mengenai hewan terkenal di sungai ini yaitu Piranha. Itu berkat film Amerika yang seringkali mengekspos bagaimana keganasan ikan Piranha ini. Ikan ini tidak menyerang sendirian, namun secara menggerombol. Ikan Piranha akan menyerang korban yang memiliki luka. Kemudian, sekelompok ikan Piranha akan memangsa daging si korban hingga hanya tersisa tulang belulangnya saja. Hii, serem ya!

Baca Juga  Alat Musik Tradisional Indonesia Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

9. Ikan Payara

sungai amazon

Oleh : https://www.turbosquid.com

Ikan payara termasuk hewan yang tinggal di Sungai Amazon. Orang yang bertemu ikan ini pasti akan mengira kalau ikan ini sangat berbahaya. Itu karena ikan ini memiliki gigi yang sangat runcing dan tajam.  Ikan ini merupakan musuh dari ikan predator lain yaitu ikan piranha. Ukuran ikan payara ialah bisa mencapai 1,2 meter. Lalu, ikan ini memiliki 2 gigi dengan panjang mencapai 15 cm. Gigi inilah yang digunakan sebagai senjata utama untuk melumpuhkan korbannya.

10. Ikan Pacu

sungai amazon

Oleh : http://www.animalplanet.com

Sekarang ini, ikan pacu bukan hanya tinggal di Sungai Amazon saja. Namun, hewan ini sudah menyebar hingga ke Eropa. Sebenarnya, ikan ini tidak berbahaya bagi seorang wanita. Namun, tidak bagi pria. Ikan ini termasuk jenis omnivora yang sangat menyukai makanan kacang dan buah. Sayangnya, ikan ini sering mengira kalau alat vital pria menjadi salah satu jenis makanannya.

11. Katak Panah Beracun

sungai amazon

Oleh : http://potretdunia09.blogspot.com

Katak ini bukan sembarang katak seperti yang biasa kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Hewan yang tinggal di Sungai Amazon ini termasuk hewan yang sangat mematikan. Selain tinggal di Sungai Amazon, katak ini bisa ditemukan di hutan hujan tropis Amazon. Tubuh katak ini memiliki warna-warna yang sangat cerah tergantung jenis habitatnya. Sekilas terlihat cantik. Ada yang berwarna merah, biru, kuning emas atau hijau. Namun, dalam katak ini ternyata ada kandungan racun yang sangat besar. Bahkan, racun di dalam tubuhnya mampu digunakan untuk membunuh 10 orang dewasa. Saat dalam keadaan terancam, racun akan keluar dari kulit tubuhnya. Racun ini akan membuat korbannya mengalami pembengkakan, mual, lumpuh, hingga mati.

Leave a Reply