10 Suaka Margasatwa yang Ada di Indonesia. Kira-Kira Melindungi Hewan Apa Saja, Ya?

Indonesia merupakan salah satu negara dengan keragaman flora dan fauna yang luar biasa melimpah. Karena itulah, banyak ditemui area konservasi seperti suaka margasatwa di negara Asia Tenggara ini.

Suaka margasatwa adalah sebuah tempat yang secara khusus dipergunakan untuk melindungi hewan atau satwa tertentu. Tempat ini menjadi habitat asli untuk melestarikan keberadaan hewan tersebut dan melindunginya dari kepunahan. 

Suaka Margasatwa Terbaik di Indonesia

Suaka margasatwa adalah sebuah kawasan yang ditetapkan sebagai cagar alam yang dilindungi karena beberapa hewan yang ada di dalamnya. Kawasan ini akan menjaga keberadaan hewan atau satwa agar terjaga dari kepunahan karena perburuan liar.

Berikut ini adalah beberapa suaka margasatwa terbaik yang ada di Indonesia yaitu :

1. Taman Nasional Ujung Kulon

suaka margasatwa

Gambar Oleh: https://beritagar.id/

Wilayah perlindungan satwa yang satu ini sangat populer di Indonesia ataupun di seluruh dunia. Pasalnya, hanya di sinilah kalian bisa melihat badak bercula satu. Lokasinya berada di kabupaten Pandeglang Banten.

Di sini, juga ada hewan lain seperti macan tutul, luwak, anjing hutan, banteng, kijang, rusa, babi hutan, lutung, kera ekor panjang, dan bajing. Satwa-satwa ini memang merupakan satwa asli hutan di kawasan Ujung Kulon.

 

Baca Juga  Lihat Kecantikan Taman Nasional Maluku, Yuk!

2. Pulau Komodo dan Pulau Rinca

suaka margasatwa

Gambar Oleh: https://medium.com/

Siapa yang tak kenal dengan Pulau Komodo? Pulau yang namanya sudah sangat terkenal hingga ke manca negara ini merupakan kawasan konservasi komodo satu-satunya di dunia.

Kadal raksasa yang konon merupakan hewan purba terakhir yang masih hidup ini tidak akan ditemui di belahan dunia lain selain Pulau Komodo. Karena itulah, pulau ini benar-benar dilindungi.

 

3. Taman Nasional Gunung Leuser

suaka margasatwa

Gambar Oleh: https://dolandolen.com/

Berada di Aceh dan Sumatera Utara, Taman Nasional Gunung Leuser adalah suaka margasatwa yang mendapatkan perhatian khusus dari Indonesia dan dunia. Kawasan ini dianggap sebagai bagian yang penting dalam keragaman satwa dunia.

Di tempat ini, kalian akan menemukan spesies langka yang ditangkar secara alami seperti harimau, kera, badak dan gajah. Beberapa ekor macan tutul dan spesies burung endemik juga hidup dengan liar di hutan gunung ini.

 

4. Taman Nasional Tanjung Puting

suaka margasatwa

Gambar Oleh: https://www.kompasiana.com/

Taman Nasional Tanjung Puting terletak di provinsi Kalimantan Tengah, tepatnya di bagian semenanjung barat daya. Suaka ini menjadi tempat penangkaran dan perlindungan bagi orang utan yang keberadaannya semakin memprihatinkan.

 

Baca Juga  Seru! Princess Academy - Food Vlogger

5. Taman Nasional Way Kambas

suaka margasatwa

Gambar Oleh: https://www.backpackerlampung.com/

Hampir semua orang mengenal taman nasional populer yang satu ini. Ya, suaka margasatwa yang terletak di Lampung Timur ini memang tempatnya gajah Sumatera. Di taman nasional ini, gajah-gajah ditangkar dan dikembangbiakkan untuk meningkatkan populasinya yang semakin menipis.

Selain gajah, di sini juga dapat ditemui satwa lain seperti harimau Sumatera, badak Sumatera dan rusa. Semua satwa-satwa ini dijaga dan dilindungi supaya habitatnya di bumi tetap terjaga. 

 

6. Taman Nasional Wasur

suaka margasatwa

Gambar Oleh: https://rimbakita.com/

Suaka hewan selajutnya berada di Merauke, Papua. Suaka margasatwa ini ditetapkan sebagai kawasan perlindungan untuk burung cenderawasih, kasuari, kesturi raja, ikan, kepiting, udang, buaya air tawar dan buaya air asin.

Di taman nasional ini, kalian juga akan menemukan kanguru yakni hewan khas Australia. Memang, kawasan ini cukup berdekatan dengan Australia sehingga memiliki tipikal satwa yang mirip negara tersebut.

 

7. Suaka Margasatwa Buton Utara

suaka margasatwa

Gambar Oleh: https://www.ekuatorial.com/

Berlokasi di Pulau Buton Sulawesi Tenggara, suaka satwa yang satu ini melindungi hewan endemik Indonesia yaitu anoa. Selain itu, di sini juga ditemui hewan lain seperti kus kus, monyet buton, meleo senkawor dan rusa.

Anoa adalah hewan asli Indonesia yang tidak akan ditemui di daerah lain di Indonesia atau di dunia. Populasi hewan endemik ini mulai berkurang dan terus menurun menuju kepunahan.

 

8. Suaka Margasatwa Meru Betiri

suaka margasatwa

Gambar Oleh: https://www.beepdo.com/

Suaka margasatwa Meru Betiri terletak di kawasan Taman Nasional Meru Betiri Jember, Jawa Timur. Luas suakanya mencapai 50.000 Ha. Di sini terdapat hewan langka seperti Harimau Jawa, penyu hijau, penyu sisik dan penyu belimbing.

 

Baca Juga  Cerita Dongeng Anak Terpopuler Sepanjang Massa

9. Suaka Margasatwa Baluran

suaka margasatwa

Gambar Oleh: http://www.indosurvival.com/

Masih di kawasan Jawa Timur, suaka satwa Baluran berlokasi di kecamatan Banyuputih Situbondo. Tempat ini melindungi hewan-hewan seperti merak hijau, rangkong, kucing bakau, kangkareng putih dan macan tutul Jawa.

 

10. Suaka Margasatwa Pulau Baun

suaka margasatwa

Gambar Oleh: http://aruislands.blogspot.com/

Terletak di Pulau Baun Maluku Tenggara, suaka margasatwa ini diresmikan sebagai kawasan konservasi pada tahun 1974. Tempat ini khusus melindungi burung cenderawasih.

Itulah 10 suaka margasatwa yang paling populer di Indonesia. Hanya di kawasan suaka inilah kita bisa menjumpai hewan-hewan yang populasinya semakin menurun. Semoga keberadaan satwa-satwa ini dapat dipertahankan agar keragaman flora tetap terjaga dan anak cucu kita masih bisa melihatnya.

Leave a Reply

error: Content is protected !!