Inilah 12 Taman Bermain Paling Kreatif

Taman bermain merupakan salah satu tempat yang digemari oleh anak-anak. Di tempat tersebut biasanya tersedia berbagai wahana yang ditujukan untuk bermain anak-anak. Biasanya wahana yang tersedia adalah perosotan, ayunan, jungkat-jungkit, dan masih banyak wahana lainnya. Para orang tua bisa menghabiskan liburan akhir pekan mereka untuk mengajak anak-anak mereka bermain di taman ini. Bahkan, terkadang para orang tua tersebut ikut bermain didalamnya sembari bersenang-senang dan mengawasi anak-anak mereka agar terhindar dari bahaya.

playground

Taman bermain biasanya didirikan ditengah-tengah bangunan perumahan atau ditengah kota. Mengajak anak Anda untuk bermain ditempat ini bisa menjadi salah satu alternatif yang baik karena selain menghemat anggaran, Anda juga bisa membiarkan anak Anda bertemu dengan anak-anak lainnya dan membangun jiwa sosialisasi mereka. Karena di zaman yang canggih ini kebanyakan orang tua modern merasa enggan membawa anak mereka bermain di luar ruangan dan lebih memilih menyodorkan permainan yang ada di ponsel. Padahal hal tersebut tidaklah baik bagi perkembangan anak.

Nah, berikut ini ada 12 taman bermain yang paling kreatif di dunia. Ingin tahu dimana saja taman tersebut berada? Yuk, langsung saja ikuti informasi selengkapnya!

12 Taman Bermain Paling Kreatif di Dunia

Sebuah taman bermain merupakan pilihan tepat untuk mengajak anak Anda bermain secara outdoor. Hal ini mampu menciptakan nuansa berbeda yang akan membuat anak menemukan pengalaman-pengalaman baru yang tak terlupakan. Manfaat mengajak anak bermain di taman yakni mampu mengasah motorik anak. Jika anak aktif bergerak, maka otaknya pun mampu berkembang dengan pesat. Selain itu, bermain di taman juga akan membantu perkembangan otak kanan yang berhubungan dengan imajinasi dan non-akademik lainnya. Perkembangan bahasa sang anak juga turut meningkat karena mereka akan bertemu dengan anak-anak lain yang seumuran. Mereka akan berkumpul dan saling berkomunikasi.

Berbagai pihak swasta dan pemerintah pun berusaha menciptakan fasilitas taman yang indah dan nyaman untuk tempat bermain bagi anak-anak. Masyarakat sudah semakin menyadari bahwa tempat hiburan ini wajib dibangun demi perkembangan anak ke arah yang positif. Tak hanya di Indonesia, di berbagai negara di dunia pun juga memiliki taman bermain yang unik dan tentunya kreatif. Apa dan dimana saja taman bermain tersebut?

1. Taman Bermain di Spanyol

Ada sebuah taman untuk bermain anak-anak yang unik di negara matador. Taman tersebut berupa taman bermain modern yang tepatnya ada di wilayah Boadilla del Monte, sekitar 30 menit dari kota Madrid. Taman tersebut merupakan ide dari salah seorang arsitek Spanyol bernama Eduardo Navadijos dan Csaba Tarsoly. Mereka sendiri menginginkan sebuat tempat yang sejuk dan sepoi-sepoi untuk bermain anak-anak.

2. Taman Blue Whale di Swedia

Taman Blue Whale di Swedia

monstrum.dk

Taman bermain unik dan kreatif selanjutnya ada di negara Swedia, yakni Taman Blue Whale. Di wilayah Gothenburg terdapat sebuah museum sejarah yang memiliki banyak koleksi paus biru. Mereka menggunakan paus biru dalam museum tersebut sebagai inspirasi, sehingga terciptalah sebuah taman dengan bangunan seekor paus biru. Anak-anak bisa memanjat wahana ini dan masuk ke dalam ‘perut’ sang paus atau bersembunyi dibalik rerumputan yang ada di sekitar paus biru.

3. Taman One World di Jerman

The-Britzer-Garten

gruen-berlin.de

Salah satu negara maju di Eropa ini juga memiliki sebuah taman di dalam sebuah kebun dengan luas 90 hektar yang disebut The Britzer Garten. Kebun yang super luas ini terdapat taman yang bisa dijadikan tempat bermain anak-anak. Wahana permainan didalamnya termasuk labirin, ada pula peta dunia besar ‘One World’ yang mana anak-anak bisa bermain atau berjalan-jalan diatasnya.

4. Taman Brumbleby di Denmark

Sebuah daerah di Denmark bernama Brumbleby dulunya merupakan daerah pedesaan. Namun, sekarang ini sudah menjadi bagian dari Copenhagen. Keunikan dari taman ini adalah wahana yang dibangun memiliki desain yang sama dengan rumah-rumah yang ada di Brumbleby. Miniatur wahana ini dibuat dengan bentuk yang tidak biasa, yakni meliuk-liuk dan dilengkapi beberapa perlengkapan lainnya agar bisa menjadi tempat bermain menyenangkan bagi anak-anak.

5. Taman Tower di Denmark

Satu lagi taman bermain kreatif ada di Denmark. Tempat yang disebut dengan Taman Tower ini memiliki beberapa wahana yang sengaja dibuat mirip dengan 5 Tower terkenal di Copenhagen, yaitu Town Hall Tower, Our Saviour’s Church, Round Tower, Marble Church, dan Exchange Tower. Tempat ini juga dilengkapi dengan perosotan, tangga, dan jembatan buatan yang dipadukan dengan wahana-wahana tersebut.

6. Dragon’s Garden di Prancis

Kawasan Parc de la Villette yang berada di jantung Prancis, yakni Paris memiliki sepuluh koleksi taman yang memiliki tema dan arsitektur yang berbeda-beda. Salah satu taman dengan keunikannya tersendiri adalah Dragon’s Garden. Taman ini memiliki wahana yang dibangun menyerupai naga dengan interior dan terbuat dari baja. Wahana ini dilengkapi beberapa perosotan dengan tinggi mencapai 80 kaki.

7. Taman Parque Gulliver di Spanyol

Satu lagi taman penuh dengan kekreatifan yang telah dibangun di Spanyol. Taman ini bernama Parque Gulliver. Ciri khas dari taman ini adalah bangunan dengan bentuk Gulliver berbaring dengan ukuran yang sangat besar. Gulliver ini berbaring diatas pasir di Valencia. Ukuran dari figur yang tengah berbaring ini sangatlah sesuai untuk anak-anak yang mana mereka tampak seperti liliput. Hal ini sepadan dengan bayangan dari penciptanya, Jonathan Swift.

8. Teardrop Park di Amerika Serikat

Negara adidaya seperti Amerika Serikat tentunya juga memiliki taman bermain yang unik dan kreatif yaitu Teardrop Park yang terletak di Manhattan. Taman ini merupakan permata kota New York. Meskipun taman ini tampak sederhana, tetapi letaknya cukup sulit ditemukan diantara bangunan perumahan di Battery City Park. Taman ini memiliki keunikan dengan bebatuan yang dapat dipanjat, jalur rahasia, serta perosotan panjang yang berbeda dari perosotan di taman bermain lain.

9. Taman Nishi Rokugo di Jepang

Beralih ke negara yang ada di Asia. Jepang memiliki taman bernama Nishi Rokugo yang berarti ban. Ya, sesuai dengan namanya, taman ini mempunyai keunikan berupa ban karet sebanyak 3000 buah yang dibuat mirip dengan figur robot, naga, dan monster. Selain itu, wahana yang tersedia didalamnya seperti jembatan buatan, perosotan, dan ayunan.

https://id.wikipedia.org/wiki/Taman_bermain

10. Taman Giant Spider And The Mushrooms di Denmark

Lagi-lagi di Denmark. Negara ini mempunyai taman unik lainnya yang dinamakan Giant Spider And The Mushrooms. Sesuai dengan namanya, ciri khas dari taman ini adalah dengan dibangunnya figur laba-laba besar yang bisa dinaiki oleh anak-anak layaknya rumah pohon. Di bawahnya pun terdapat rangkaian tali yang dimaksudkan sebagai jaring laba-laba. Selain itu, ada juga bangunan berbentuk jamur besar yang dilengkapi dengan perosotan.

11. Taman Rasmus Klump Land di Denmark

Sepertinya Denmark adalah negara yang memiliki sejuta taman unik dan kreatif. Kali ini adalah taman yang bernama Rasmus Klump Land. Taman yang ada di Copenhagen ini bertemakan kisah dari Rasmus Klump, yakni serial komik dari Denmark. Berdasarkan kisah Rasmus tersebut, dibuatlah taman dengan berbagai bangunan yang mirip seperti komiknya, yakni kapal yang hampir tenggelam dilengkapi dengan beberapa perosotan. Anda pun bisa turut menjadi bagian dari petualangan ini.

12. Fantasy Playground di Belanda

Belanda juga memiliki taman unik bernama Fantasy Playground. Taman bermain ini terletak di dalam taman Landal Miggelenberg Hoenderloo yang merupakan sebuah tempat dengan bungalow, perkemahan, dan tempat peristirahatan. Bangunannya pun sangat unik karena berbentuk seperti rumah-rumah kecil dari kayu dan dilengkapi beberapa wahana lainnya.

Demikianlah 12 tamanbermain kreatif yang tersebar di dunia. Taman-taman ini selain unik, tentunya menjadi tempat bermain yang menyenangkan bagi anak-anak. Jadi, tidak ada salahnya untuk membawa anak Anda bermain di taman yang ada di sekitar rumah.

Baca Juga Artikel Lainnya.

Leave a Reply