Kenalan dengan Kucing Maine Coon, Kucing Rumahan Raksasa

Dari semua ras kucing domestik, ada satu jenis kucing yang memiliki penampakan cukup menonjol. Itulah kucing Maine Coon. Kucing yang satu ini berukuran sangat besar yaitu mencapai berat hingga 15 kilogram. Tak salah jika kemudian disebut dengan kucing raksasa.

Maine Coon adalah jenis kucing peliharaan yang menarik. Karakternya lembut, manis dan menyenangkan. Kucing ini juga penuh kasih, setia dan menyayangi pemiliknya. Penasaran dengan kucing rumahan super jumbo ini? Yuk, simak info lengkapnya bersama-sama!

Sejarah Kucing Maine Coon

Maine Coon atau yang sering dikenal dengan nama kucing bulu panjang Amerika diketahui berasal dari Maine Amerika Serikat. Kucing ini disebut-sebut sebagai ras kucing tertua dan alami di dunia. Banyak pendapat yang mengutarakan bagaimana sejarah kucing ini dimulai.

Ras kucing Maine Coon dipercaya berasal dari jenis anggora Turki dan kucing hutan Norwegia. Kucing anggora Turki diyakini datang ke Amerika dengan dibawa oleh pedagang Inggris, sedangkan kucing hutan Norwegia dibawa oleh bangsa Viking.

Namun, beberapa orang percaya sebuah mitos yang menyatakan bahwa ras ini dihasilkan dari persilangan antara kucing setengah liar dan rakun. Hal ini disebabkan oleh bentuk ekornya yang menyerupai ekor rakun. Nama Coon pun diambil dari kata rakun (racoon).

Pendapat lain menyatakan bahwa ras Maine Coon pada mulanya berasal dari 6 ekor kucing peliharaan ratu Perancis bernama Maria Antoinette. Kucing-kucing tersebut dikirim ke Wiscasset Maine saat terjadi revolusi Perancis, hingga akhirnya berkembang biak hingga sekarang ini.

Sifat dan Karakteristik Kucing Maine Coon

Kucing Maine coon adalah kucing yang unik. Banyak keluarga yang ingin memeliharanya karena karakternya yang menyenangkan. 

Berikut ini adalah karakteristik Maine Coon, yaitu :

1. Ukuran Tubuh

kucing maine coon

Gambar Oleh: Gambar oleh Basil Smith dari Pixabay

Kucing ini memiliki tubuh yang terbilang besar. Bobot kucing jantan dewasa berkisar antara 6 – 9 kg, sedangkan betina dewasa berkisar antara 4 – 6 kg. Tinggi badan kucing ini bisa mencapai 1 meter dengan pertumbuhan yang tidak terlalu cepat.

Maine Coon memiliki otot yang kuat dan besar. Kepalanya berukuran sedang, dahinya agak sedikit melengkung, dan tulang pipi yang menonjol. Mata kucing ini berbentuk oval dan berukuran besar.  

Hidungnya lebar dengan ujung sedikit meruncing. Semua bagian tubuh kucing ini nampak kuat dan kokoh. Leher, kaki, tangan, ekor dan bagian-bagian lainnya nampak besar dan berotot.

Secara keseluruhan, kucing besar ini memiliki penampilan yang kompak dan proporsional. Panjang badan, panjang kaki serta tangan, besar kepala dan besar badannya nampak pas satu sama lain.

 

Baca Juga  Sarapan Pagi Penting untuk Tubuh, Lho! Ayo Simak Penjelasannya!

2. Karakter Bulu

kucing maine coon

Gambar Oleh: Gambar oleh Beate Felten-Leidel dari Pixabay

Kucing Maine Coon mempunyai karakter bulu yang lembut, halus, lebat dan tahan air. Panjang bulunya sekitar 7 cm di beberapa permukaan tubuh. Pada bagian leher, terdapat surai seperti bulu seekor singa.

Bulu rambut pada telinga berukuran agak panjang, sedangkan bulu ekornya agak mengembang. Bulu panjang terdapat pada bagian paha dan punggung. Bulu pendeknya terdapat pada bagian kaki, kepala dan bahu.

Kucing Maine Coon mempunyai beberapa pilihan warna yang cukup beragam yaitu :

  • Motif garis-garis seperti macan atau disebut tabby makarel dengan ragam warna krem, biru, merah, coklat atau perak
  • Warna solid seperti hitam, biru, merah dan putih
  • Motif tempurung kura-kura dengan corak warna biru atau hitam

 

Baca Juga  Kisah Sukses Joey Alexander, Mengharumkan Indonesia di Kancah Dunia Musik Internasional

3. Sifat 

kucing maine ccon

Gambar Oleh: Gambar oleh CStern dari Pixabay

Bagi pecinta kucing, pasti pernah mendengar istilah Gentle Giant. Ya, istilah ini memang mengacu pada kucing Maine Coon karena meskipun ukurannya raksasa, sifat kucing ini sangat lembut dan ramah.

Maine Coon meski terkesan lembut dan penyayang namun tetap memiliki sifat siaga dan waspada terhadap orang asing. Mereka cukup mandiri, tidak terlalu suka diatur dan jarang sekali terlalu menempel pada pemiliknya.

Kucing ini merupakan hewan yang memiliki toleransi tinggi. Mereka tidak masalah dipelihara bersama hewan peliharaan lain seperti kucing jenis lain atau bahkan anjing. Maine Coon bisa bermain bersama dan bahkan menjaga peliharaan lain milik tuannya.

Itulah beberapa keunikan dari kucing Maine Coon yang mempesona ini. Meski jenis kucing ini belum terlalu populer di Indonesia, namun tidak menutup kemungkinan akan banyak dipelihara. Maine Coon adalah kucing raksasa yang setia dan penyayang kepada pemiliknya.

Leave a Reply

error: Isi artikel ini dilindungi !!