Jalan-jalan ke Skotlandia, Negara Terindah di Dunia

Jika mendengar kata liburan ke luar negeri, negara mana yang ada di pikiran Teman-Teman? Inggris, Amerika, Jepang, Korea Selatan, Perancis, dan masih banyak lagi negara yang bisa menjadi tujuan wisata. Skotlandia merupakan salah satu negara di Eropa yang memiliki berbagai tempat wisata dan daya tarik berupa keindahan alam, perkotaan, dan lain-lain.

Teman-Teman dapat mengunjungi beberapa destinasi wisata di Skotlandia berikut yang identik dengan keindahan alamnya.

Loch Nesse

skotlandia

Gambar Oleh: https://pixabay.com/

Loch Ness berada di daerah Scottish Highland dan merupakan danau air tawar terbesar kedua yang ada di sana. Terdapat reruntuhan Urquhart Castle di tepi danau dan terdapat pulau kecil, Cherry Island di bagian selatan danau yang menambah keindahan. Terdapat cerita dari masyarakat lokal bahwa ada monster yang tinggal di danau tersebut bernama Nessie.

Suilven Mountain

skotlandia

Gambar Oleh: https://id.pinterest.com/

Masih di Dataran tinggi Skotlandia, terdapat Gunung Suilven di bagian barat Sutherland. Gunung ini merupakan salah satu yang terkenal dari banyaknya pegunungan karena memiliki puncak yang unik dan tidak seperti gunung pada umumnya. Berada di gunung ini Teman-Teman dapat merasakan sensasi seperti sedang berada di film bertema Viking.

Cairngorms National Park

skotlandia

Gambar Oleh: https://peakvisor.com/

Teman-Teman dapat mengunjungi Cairngorms National Park saat jalan-jalan ke Skotlandia. Cairngorms National Park merupakan taman nasional terbesar yang ada di Britania Raya dengan luas 4.500 km2. Tempat ini memiliki pemandangan yang memukau dan indah seperti hamparan warna ungu yang membentang dari bunga lavender. 

Isle of Skye

skotlandia

Gambar Oleh: https://pixabay.com/

Pulau cantik bernama Isle of Skye berada di bagian paling utara di gugusan pulau Inner Hebrides, Skotlandia. Rangkaian pegunungan Collins mendominasi semenanjung pulau ini dengan keindahan alam berupa tebing-tebing batu. Banyak novel yang menggunakan Isle of Skye sebagai lokasi atau latar karena keindahan alamnya.

The Hermitage

skotlandia

Gambar Oleh: https://www.outdooractive.com/

Teman-Teman dapat merasakan sensasi di negeri dongeng dengan berkunjung ke kawasan hutan terbuka yang ada di Dunkeld ini. Terdapat jalan setapak yang akan membawa Teman-Teman menuju Rumbling Bridge di atas Sungai Braan. Pemandangan terbaik akan tersaji ketika musim gugur dengan daun-daun berwarna kekuningan yang mulai berguguran.

Selain menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan, Skotlandia memiliki daya tarik lain berupa bangunannya, seperti di bawah ini.

Kota Edinburgh

skotlandia

Gambar Oleh: https://pixabay.com/

Edinburgh merupakan ibu kota Skotlandia yang memiliki pemandangan ikonik berupa jalanan dan bangunan kuno serta tempat lain.  Teman-Teman dapat wisata sambil belajar dengan berkunjung ke National Museum of Scotland. Terdapat juga Carlton Hill, Edinburgh Castle, dan Rosslyn Chapel yang tidak kalan menakjubkan.

Kota Glasgow

skotlandia

Gambar Oleh: https://pixabay.com/

Selain berkunjung ke Edinburgh, Teman-Teman dapat berkunjung ke kota terbesar di Skotlandia yaitu Glasgow. Terdapat Riverside Museum, Kelvingrove Art Gallery and Museum, dan Mitchell Library untuk tujuan wisata sekaligus belajar. Selain itu terdapat Provand’s Lordship, St. Mungo’s Cathedral, Glasgow Botanic Garden, dan masih banyak lagi.

Melrose Abbey

skotlandia

Gambar Oleh: https://pixabay.com/

Teman-Teman yang mencintai sejarah bisa datang ke Melrose Abbey dengan ukuran yang megah dan eksterior yang mendetail. Tempat ini merupakan kediaman raja dan pahlawan nasional yang legendaris bernama Robert I. Melrose Abbey juga menjadi tempat pemakaman untuk raja-raja Skotlandia.

Aberdeen Maritime Museum

skotlandia

Gambar Oleh: https://www.dayoutwiththekids.co.uk/

Museum ini terletak di jalan bersejarah Ship Row, yang berada di jantung kota dan dekat dengan pelabuhan. Berkunjung ke museum ini Teman-Teman dapat mengetahui hubungan yang panjang antara kota dan Laut Utara. Terdapat koleksi pembuatan kapal, sejarah perikanan dan pelabuhan, serta pameran industri minyak di Laut Utara.

Fort George

skotlandia

Gambar Oleh: https://www.visitscotland.com/

Fort George merupakan benteng besar yang dibagung pada abad ke 18 di dekat Ardersier sebelah timur laut Inverness. Beberapa tempat yang ada di benteng masih digunakan sebagai barak tentara, tetapi sebagian besar tempat lain terbuka untuk pengunjung. Teman-Teman dapat menyaksikan sejarah benteng dan pameran koleksi seperti baju tentara, senjata, dan medali.

Masih belum puas dengan berbagai tempat wisata di Skotlandia di atas? Teman-Teman bisa berkunjung ke destinasi berikut yang tidak kalah menyenangkan.

The Jacobite

skotlandia

Gambar Oleh: https://www.ussfeed.com/

Wisata ini sangat cocok untuk Teman-Teman yang mencintai Harry Potter. Di The Jacobite, Teman-Teman dapat merasakan sensasi menaiki kereta Hogwarts Express seperti yang ada dalam novel dan film Harry Potter. Kereta tersebut memiliki rute dari Pelabuhan William ke Mallaig dan melintas di atas jembatan Hogwarts.

Falkirk Wheel

skotlandia

Gambar Oleh: https://pixabay.com/

Teman-Teman mungkin pernah mendengar Falkirk Wheel atau lift berputar untuk mengangkat kapal yang hanya ada di Skotlandia. Tentu saja pengalaman menaiki kapal di Falkirk Wheel dapat Teman-Teman coba. Pemandangan akan semakin indah di malam hari dengan lampu-lampu yang menyala di atas jalur air.

The Kelpies

skotlandia

Gambar Oleh: https://www.visitscotland.com/

The Kelpies merupakan dua buah patung kepala kuda yang megah dengan tinggi hingga 30 meter. Lokasi dari The Kelpies berada di The Helix: Home of Kelpies di antara Falkirk dan Grangemouth. Patung karya Andy Scott ini menampilkan keindahan yang lebih dengan lampu berbagai warna di malam hari.

Jupiter Artland

skotlandia

Gambar Oleh: https://www.tatler.com/

Jupiter Artland merupakan taman megah yang berisi patung dan galeri seni lengkap dengan pemandangan yang indah. Di tempat ini terdapat hamparan padang rumput dan kolam yang berada di tengah taman untuk menambah keindahan. Patung yang dipajang di taman tersebut merupakan karya dari beberapa seniman seperti James Labrie dan Cornelia Parker.

Wisata Kuliner

skotlandia

Gambar Oleh: https://www.bbc.co.uk/

Berwisata tentu tidak lengkap jika tidak mencicipi makanan khas Skotlandia. Misalnya saja haggis dengan bahan utama jeroan domba dan pendampingnya berupa neeps and tatties. Teman-Teman juga bisa menikmati hidangan penutup seperti cranachan yang berbahan utama oatmeal dan kue khas Skotlandia bernama dundee cake.

Itulah tadi beberapa rekomendasi tempat wisata serta makanan khas Skotlandia. Teman-Teman bisa mengajak keluarga atau teman-teman untuk membuat liburan ke Skotlandia jadi lebih menyenangkan.

Leave a Reply

error: Isi artikel ini dilindungi !!