Apa Saja Kegunaan Minyak Bumi? Pelajari, Yuk!

Melihat judul di atas, Teman-Teman di sini sudah pasti tidak asing bukan? Ya, memang bahan tambang yang satu ini telah menjadi sumber daya yang vital bagi masyarakat dunia. Namun selain itu, apakah Teman-Teman tahu masih banyak sekali serba-serbi yang menarik dalam minyak yang dijuluki emas hitam ini? Berikut adalah fakta-faktanya:

 

1. Asal-Usul Minyak Bumi

Tentu kalian sudah sering mendengar  bahwa minyak bumi merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.  Jumlahnya semakin menipis sementara kebutuhan manusia semakin bertambah. Kalian tahu kenapa ketidakseimbangan ini dapat terjadi? Hal ini karena minyak bumi terbentuk dari proses alami penguraian dari organisme-organisme yang telah lama mati. Sementara proses penguraian ini membutuhkan waktu yang sangat lama bahkan hingga jutaan tahun . Jadi, minyak bumi yang Teman-Teman nikmati sekarang bisa saja berasal dari proses yang sudah terjadi dari sejak zaman dinosaurus. 

 

2. Kegunaan Minyak Bumi

  • Bahan Bakar 

minyak bumi

Gambar Oleh: Gambar oleh andreas160578 dari Pixabay

Ya ini merupakan aplikasi utama dalam pengolahan si emas hitam. Mulai dari bahan bakar jenis lama seperti minyak tanah dan solar sampai ke jenis baru seperti Pertalite dan Pertamax, semuanya berasal dari minyak bumi.  Bahkan  tidak hanya melulu pada bahan bakar kendaraan saja, minyak ini juga menjadi bahan utama dalam pembuatan oli pelumas dan ban mobil itu sendiri.

Selain digunakan sebagai sumber tenaga kendaraan, minyak bumi juga ada yang Teman-Teman gunakan dalam aktivitas rumah, khususnya dapur. Paling mudah dapat kita lihat dari penggunaan minyak tanah untuk memasak. Kemudian sampai pada pengembangannya menjadi LPG (Liquid Petroleum Gas) juga tak lepas dari minyak ini.

 

Tahukah Teman-Teman, jika kalian bisa beraktivitas di sekolah dengan lancar karena peran minyak bumi, lho! Contohnya, dalam 1 buah pulpen yang kalian pakai untuk menulis, sebagian komponennya terbuat dari sang emas hitam. Plastik penyusun tabung untuk menampung tinta dan untuk membentuk rangka pulpen, semua itu terbentuk berkat bantuan minyak tersebut. Bahkan sampai tinta yang ada di dalamnya bisa tergores dengan baik juga merupakan hasil dari pengolahannya.

 

Material aspal yang digunakan sebagai bahan utama jalan raya merupakan salah satu produk turunan dari pengolahan minyak bumi.  Bahkan tidak hanya itu, rumah yang Teman-Teman diami saat ini, tanpa kalian sadari juga mengandung unsur minyak bumi. Ada atap dan asbes yang melindungi rumah dari panas dan hujan. Semen yang memperkokoh rumah, serta cat tembok yang Teman-Teman gunakan untuk mempercantik rumah juga terbuat dari minyak tersebut.

Yang disebutkan diatas itu hanya beberapa contoh kecil saja. Belum termasuk bahan-bahan plastik yang ada di rumah Teman-Teman seperti, pipa PVC.

 

Pakaian yang Teman-Teman kenakan juga merupakan hasil olahan minyak bumi. Beberapa jenis serat pakaian seperti nilon, polyester, akrilik, dan spandeks adalah contoh hasil olahan minyak bumi. Serat-serat ini didesain sedemikian rupa hingga membuat Teman-Teman dapat tetap hangat saat suhu dingin. Sementara pada saat musim panas, tubuh tetap merasa sejuk. 

 

Minyak bumi termasuk bahan yang ada dalam setiap produk kecantikan yang Teman-Teman pakai. Contohnya, cat rambut, produk ini dapat melekat kuat di rambut dan tidak mudah luntur karena ada zat minyak di dalamnya. Di samping itu, terdapat juga pada produk-produk make up untuk wajah seperti eye shadow, krim wajah, lipstick, dsb. Minyak fungsinya untuk media pelarut komponen-komponen lainnya sehingga dapat terbentuk produk make-up yang baik. Fungsi lain minyak adalah memberikan efek mengkilap sehingga tampilan wajah orang yang memakainya terlihat semakin menarik.

 

3. Proses Pembuatan Minyak Bumi

Zat yang juga biasa disebut minyak mentah (crude oil) ini adalah senyawa yang sangat kompleks.  Oleh karena itu, agar tiap senyawa dapat digunakan untuk tujuan yang tepat perlu dipisahkan dahulu. Minyak mentah akan dilewatkan pada beberapa tabung yang disebut destilator yang telah diatur dengan suhu yang berbeda-beda. Selanjutnya pada tiap destilator komponen-komponen yang ada dalam minyak mentah akan menguap sesuai dengan titik didihnya. Uap yang terbentuk kemudian akan didinginkan sehingga diperoleh zat minyak murni dalam bentuk cair sesuai dengan jenisnya.

 

Leave a Reply

error: Isi artikel ini dilindungi !!