Bakteri Salmonella, Si Penyebab Penyakit Tifus

Bakteri Salmonella merupakan jenis bakteri yang mengakibatkan bermacam infeksi penyakit seperti keracunan makanan, demam tifoid dan diare. Bakteri jenis ini juga menjadi penyebab suatu infeksi yang bernama Salmonellosis. Selain itu salmonella juga dapat membuat Teman-Teman terkena penyakit tifus, lho! Kita cek faktanya, yuk!

Bahaya Bakteri Salmonella

bakteri salmonella

Gambar oleh WikiImages dari Pixabay

Salah satu penyakit yang sering dialami akibat bakteri salmonella adalah penyakit tifus yang terjadi karena terinfeksi oleh bakteri Salmonella typhi. Penyakit ini sangat mudah sekali menular antar manusia, penularan dapat terjadi lewat makanan dan minuman yang telah terkontaminasi dengan bakteri Salmonella typhi. 

Bakteri Salmonella typhi nantinya akan mengakibatkan peradangan di saluran cerna hingga dapat mengakibatkan rusaknya dinding usus, lalu Teman-Teman akan mengalami diare yang hebat karena sari-sari makanan yang telah masuk ke tubuh tidak terserap dengan baik yang akan berakibat terhadap penurunan berat badan yang drastis sehingga akan lebih terlihat kurus dan lemah. Racun yang terdapat pada bakteri salmonella juga dapat menyebabkan rusaknya jaringan pada otak, organ reproduksi pada wanita dan dapat mengakibatkan keguguran pada wanita hamil. Hewan yang dapat menularkan bakteri ini adalah burung, iguana, ular, dan primata. 

Maka dari itu Teman-Teman harus selalu menjaga kebersihan tangan dan selalu makan makanan yang bersih karena bakteri ini akan mudah menular jika Teman-Teman sekalian tidak menjaga kebersihan tangan dan memakai air yang tercemar bakteri Salmonella typhi. 

Ciri- Ciri Bakteri Salmonella

bakteri salmonella

Gambar oleh: https://higieneambiental.com/sites

Bakteri salmonella memiliki batang gram negatif, tunggal, tidak memiliki kapsul, tidak bisa membentuk spora, aerobik, peritrikus, anaerob, patogen, fakultatif dan dapat mengakibatkan gastroenteritis. Berdasarkan reaksi biokimia yang dihasilkan salmonella diklasifikasikan menjadi tiga jenis spesies yaitu Salmonella enteritidis, Salmonella choleraesuis, Salmonella typhi. 

Kebiasaan Buruk yang Dapat Mengakibatkan Infeksi Bakteri Salmonella dan Berakibat Terkena Penyakit Tifus

bakteri salmonella

Gambar oleh: Parentingupstream dari Pixabay

Pasti Teman-Teman sekalian sudah sering mendengar tentang penyakit tipes, kan? Penyakit tipes adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh salmonella yang akan menimbulkan demam tinggi, sembelit atau diare, dan perut akan terasa nyeri. 

Jika Teman-Teman didiagnosa penyakit tifus, maka kamu harus menjalani perawatan dengan diberikan obat antibiotik. Jangan salah dan sampai lengah bagi Teman-Teman yang sudah pernah terkena penyakit ini bisa saja masih tersimpan bakteri yang bisa mengakibatkan tifus di dalam tubuh Teman-Teman sekalian. 

Teman-Teman bisa dibilang sebagai karier atau pembawa tipes kronis yang nantinya tidak akan memiliki gejala tipes tetapi dapat menyebabkan bakteri ini menular ke orang lain. 

Berikut ini adalah kebiasaan sehari-hari yang buruk yang dapat menyebabkan bakteri salmonella bersarang di dalam tubuh Teman-Teman sekalian :

1.Kurang Menjaga Kebersihan

bakteri salmonella

Gambar Oleh: Gambar oleh Couleur dari Pixabay

Konsumsi makanan laut atau ikan yang berasal dari air yang terkontaminasi kotoran maupun urine orang yang terinfeksi bakteri salmonella bisa membuat Teman-Teman terserang tipes. Jika orang terinfeksi menyentuh makanan dan tidak mencuci tangannya dengan baik setelah buang air kecil mereka bisa menularkan pada orang lain. Kurangnya menjaga kebersihan dapat berakibat kambuh bagi orang yang sudah pernah mengalaminya.

2.Minum Air Yang Tidak Bersih

bakteri salmonella

Gambar oleh: Pezibear dari Pixabay

Tanpa Teman-Teman sadari kotoran dapat masuk mencemari air minum. Jika Teman-Teman suka jajan minuman dingin, apabila es batu yang digunakan tidak matang maka dapat membawa bakteri penyebab tipes.

3.Memakai Toilet Yang Kotor

bakteri salmonella

Gambar oleh: Peter H dari Pixabay

Bakteri Salmonella typhi bisa bertahan di kotoran orang yang pernah terkena penyakit tipes. Jika Teman-Teman memakai toilet yang tercemar dengan kotoran si penderita tipes dan tidak dibersihkan dengan benar maka kamu bisa saja terinfeksi. Maka dari itu Teman-Teman harus selalu berhati-hati. Biasakan untuk mencuci tangan terutama jika Teman-Teman menggunakan toilet umum. Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan setelah buang air.

4.Jajan Sembarangan

bakteri salmonella

Gambar oleh: https://cdn-2.tstatic.net/travel/

Jika Teman-Teman suka jajan diluar, janganlah jajan sembarangan karena resiko Teman-Teman tertular akan semakin besar terutama jika Teman-Teman sudah dalam keadaan kelelahan. Bakteri salmonella akan hidup pada air yang sudah terkontaminasi dengan feses dan dapat menempel pada makanan atau minuman yang biasanya Teman-Teman makan dari jajan sembarangan tersebut. 

Anak kecil akan lebih mudah terkena tipes karena daya tahan tubuhnya belum sekebal orang dewasa Biasanya anak-anak masih belum terlalu paham dalam menjaga kebersihan. 

 

Leave a Reply

error: Isi artikel ini dilindungi !!