Yuk, Lihat Keindahan Sungai Terpanjang di Indonesia!

Indonesia merupakan negara yang kaya akan beragam sungai. Jenis sungai negara kita beragam, ada yang sangat panjang maupun tidak terlalu panjang. Manfaat sungai sangat besar, salah satunya adalah untuk perairan irigasi. Selain itu, sungai juga dimanfaatkan untuk pembangkit listrik hingga menjadi tempat wisata. Banyak lho sungai terpanjang di Indonesia yang memiliki pemandangan indah dan menakjubkan sehingga dijadikan sebagai object wisata. Bahkan, beberapa diantaranya telah dibangun jembatan cantik di atasnya.

7 Sungai Terpanjang di Indonesia yang Mengagumkan

Indonesia memang negara yang kaya akan perairan, baik perairan laut maupun darat. Terdapat beberapa sungai terpanjang di wilayah Indonesia, seperti berikut ini.

1. Sungai Kapuas

sungai terpanjang di indonesia

Oleh: https://pojoksatu.id

Sungai Kapuas adalah sungai terpanjang di Indonesia. Sungai ini berada di Kalimantan Barat. Panjang dari sungai ini mencapai 1.143 kilometer. Sungai ini dimanfaatkan oleh penduduk sebagai sumber mata air yang bersih sehingga digunakan untuk kebutuhan sehai-hari. Mereka memanfaatkan sumber air dari sungai ini untuk memasak, mencuci pakaian, mandi hingga yang lainnya. Sungai Kapuas juga dijadikan sebagai sarana transportasi oleh penduduk setempat. Arusnya yang tidak terlalu deras membuat penduduk bisa memanfaatkannya untuk  menuju ke tempat-tempat lain menggunakan perahu.

Kamu pun bisa menikmati keindahan sungai terpanjang di Indonesia ini dengan menaiki kapal wisata yang biasanya parkir di Taman Alun Kapuas. Kamu akan diajak untuk berkeliling menyusuri keindahan Sungai Kapuas. Rutenya ialah mulai dari Taman Alun Kapuas, Jembatan Kapuas, kemudian kembali lagi ke Taman Alun Kapuas. Tarif yang dibandrol cukup terjangkau, yaitu hanya sekitar Rp. 10.000 hingga Rp. 15.000.

Baca Juga  Inilah 5 Ide Kado Ulang Tahun Unik untuk Anak dan Cara Menentukannya

2. Sungai Mahakam

sungai terpanjang di inodnesia

Oleh: http://kaltim.tribunnews.com

Selain Sungai Kapuas, ada Sungai Mahakam yang menjadi sungai terpanjang kedua di Indonesia. Sungai ini berada di Kalimantan Timur. Sungai Mahakam menjadi sungai terpanjang kedua karena memiliki panjang 920 kilometer. Aliran sungainya melewati beberapa daerah seperti Kabupaten Kutai Barat, Kutai Kartanegara dan Samarinda.

Sungai Mahakam memiliki fungsi yang sangat penting bagi kehidupan masyarakat. Sumber air di sungai ini dimanfaatkan oleh warga untuk:

  • Sebagai pusat sumber perairan irigasi
  • Sebagai prasarana transportasi
  • Untuk budidaya ikan dan tanaman

Di Sungai Mahakam terdapat beberapa burung dan spesies endemik. Beberapa hewan tersebut adalah bornean peacock-pheasant, borneo dusky mannikin, bornean blue-flycatcher, borneo whistler, dan bornean bristlehead. Tak hanya itu, di sungai ini juga terdapat ikan khas yang sangat langka yaitu lumba-lumba air tawar. Warga lokal sering menyebut ikan ini dengan sebutan pesut.

3. Sungai Barito

sungai terpanjang di indonesia

Oleh: https://www.timesindonesia.co.id

Sungai Barito juga menjadi sungai terpanjang ke-3 di Indonesia. Lokasinya ialah di Pulau Kalimantan, Provinsi Kalimantan Selatan. Sungai ini memiliki hulu yang berada di Pegunungan Muller, dan hilirnya di Laut Jawa. Sungai Barito memiliki panjang 909 km dengan lebar sekitar 650-1000 meter.

Sungai ini dimanfaatkan oleh warga sekitar sebagai prasarana transportasi. Selain itu, di sungai ini terdapat pasar apung yang sangat terkenal. Di sana semua pedagang dan pembeli bertransaksi dengan menggunakan kapal atau perahu. Sama seperti pasar pada umumnya, para pedagang menyediakan berbagai macam kebutuhan sehari-hari seperti sayur-sayuran, buah-buahan, ikan, dan lain sebagainya. Ada juga makanan siap saji yang cocok disantap ketika mengunjungi sungai ini. Pasar ini buka antara jam 06.30 sampai 08.00 WITA. Tak hanya warga sekitar saja yang berkunjung ke pasar ini, melainkan banyak wisatawan yang tertarik menikmati keindahan pasar unik ini.

Baca Juga  Sumpah Pemuda [Mengenal Sejarah Hari Nasional]

4. Sungai Batanghari

sungai terpanjang di indonesia

Oleh: https://www.liputan6.com

Sungai terpanjang di urutan nomor 4 ialah Sungai Batanghari. Sungai ini terletak di Pulau Sumatera tepatnya di Provinsi Jambi. Sungai ini memiliki panjang 800 km. Sungai Batanghari merupakan sungai bersejarah karena menjadi saksi bisu masa kejayaan kerajan Sriwijaya. Sungai ini menjadi salah satu tempat wisata menarik di Pulau Sumatera karena pemandangannya yang indah. Selain itu, sungai ini juga sangat cocok dijadikan sebagai river cruise atau pesiar sungai.

Di sungai ini terdapat Jembatan Gentala Arasy yang indah. Hal yang unik dari jembatan ini ialah khusus dilewati oleh pejalan kaki, sehingga sepeda motor ataupun mobil dilarang melewatinya. Di sekitar sungai ini juga terdapat tempat wisata menarik yaitu Bukit Ilalang Teletubbies. Para pengunjung sungai ini menyempatkan naik ke atas bukit tersebut untuk menikmati pemandangan indahnya hamparan air Sungai Batanghari.

5. Sungai Musi

sungai terpanjang di indonesia

Oleh: http://bangka.tribunnews.com

Jika berkunjung ke Palembang, jangan lupa untuk datang ke Sungai Musi yang menjadi ikon kota ini. Sungai Musi juga termasuk sebagai salah satu sungai terpanjang di Indonesia. Di sungai ini, ada Jembatan Ampera yang sangat terkenal. Selain disebut sebagai Sungai Musi, sungai ini juga sering disebut sebagai Sungai Batanghari Sembilan. Itu karena sungai ini memiliki sembilan anak sungai yang terdiri dari Lakitan, Bliti, Kelinggi, Rupit, Leko, Rawas, Lematang, Ogan, dan Komering.

Dengan panjang sungai sekitar 750 km, sungai ini menjadi sungai terpanjang di Indonesia dengan urutan kelima. Sungai ini bermula dari mata air di Kepahiang kemudian berakhir di Daerah Sangsang. Banyak wisatawan dalam kota maupun luar kota yang datang mengunjungi sungai ini kemudian menikmati pemandangan indahnya Kota Palembang dari atas Jembatan Ampera.

Baca Juga  7 Penulis Cerita Anak yang Karyanya Menjadi Fenomenal

6. Sungai Mamberamo

sungai terpanjang di indonesia

Oleh: https://www.goodnewsfromindonesia.id

Di daerah timur Indonesia, ada juga sungai terpanjang yaitu Sungai Mamberamo. Sungai ini berada di Propinsi Papua. Mambe berarti besar dan ramo artinya air. Jika diartikan ialah sungai dengan air yang besar.

Karena terdapat berbagai jenis spesies di Sungai Mamberamo, sungai ini sering dijuluki sebagai Sungai Amazonnya Papua. Beberapa jenis spesies yang bisa ditemukan di sungai ini adalah kupu-kupu hitam, pergam kaisar, katak berhidung panjang dan jenis lainnya. Selain itu, ada juga spesies endemik yaitu tikus pohon kecil, kelelawar kembang baru, walabi kecil dan semak belukar berbunga. Di bagian hilir sungai terdapat banyak sagu-sagu yang tumbuh subur. Tanaman tersebut dimanfaatkan warga sekitar sebagai sumber makanan utama. Di sungai ini juga ada beberapa bahan galian seperti emas, nikel, bauksit dan tembaga.

7. Sungai Bengawan Solo

sungai terpanjang di indonesia

Oleh: https://www.liputan6.com

Sesuai dengan namanya, sungai ini terletak di daerah Solo, Jawa Tengah. Sungai ini sangat terkenal khususnya di wilayah Pulau Jawa. Bahkan, sungai ini menjadi sungai paling panjang di Jawa. Panjang sungai ini adalah 548 km. Hulunya berada di Pegunungan Kidul, dan hilirnya bermuara di Gresik Jawa Timur.

Aliran Sungai Bengawan Solo mencakup wilayan Sukoharjo, Wonogiri, Klaten, Ngawi, Sragen, Pacitan, Blora, Bojonegoro, Magetan, Tuban, Lamongan, lalu berakhir di Gresik. Sungai ini memiliki banyak manfaat untuk warga sekitar. Selain itu, sungai ini juga sangat melegenda karena ada salah satu seniman yang menciptakan lagu dengan judul Bengawan Solo.

Masih banyak jenis sungai lainnya di Indonesia. Manfaat sungai sangat penting demi kelangsungan hidup manusia. Jika berkunjung ke salah satu sungai tersebut, jaga kebersihannya jangan sampai mengotorinya supaya makhluk hidup yang tinggal di sana terjaga kelestariannya.

Leave a Reply